Bimbingan Kelompok Sebagai Solusi dalam Mencegah Kekerasan Seksual (Studi Pada Santriwati Kelas XII Madrasah Aliyah Al-Falah Padang)

ahmad putra (UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia)

Abstract


This study aims to find out the extent of understanding of female students in finding solutions to the threat of sexual violence that recently often occurs in educational institutions, especially in Islamic boarding schools. So with that, group guidance services are considered effective in revealing the understanding of female students with the aim of being able to protect themselves from threats that can come anytime and anywhere. This research is a fieldresearch using a qualitative approach. The subjects in this field research were 15 female students of class XII Madrasah Aliyah Padang. Collecting data through observation, and interviews (interviews). As for data analysis, that is by using descriptive qualitative which is data that has been obtained and then compiled and classified so that it can answer the questions above. The results obtained from the practice of this group guidance service are first, some female students have received news and information related to cases of sexual harassment that are rife in several Islamic boarding schools, second, some female students have made efforts to fend off sexual violence by participating in activities which are considered to be able to provide protection and a sense of security for personal safety, including participating in silat eskul and other activities.


Keywords


Group Guidance, Sexual Violence

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Rieneka Cipta, 1998).

Amanda Putri K, Prisilia Riski, Feri Sahputra, dan Marsha N Habib, “Mencegah dan Melindungi: Menangani Kekerasan Seksual terhadap Anak dengan Bukti”, Jurnal Peradilan Indonesia, Vol. 4, Januari-Juli (2016).

A, Azharuddin “Implementasi Pasal 67 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat”, Legalite: Jurnal Perundang Undangan dan Hukum Pidana Islam, Vol. 6 No. 1, (2021).

Andani, Merry, Yusmansyah, dan Shinta Mayasari, “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa,” ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), Vol. 6, No. 2 Mei (2018).

Asmara, Tejo, “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management”, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 4 No. 1 Juni (2021).

Barida Muya dan Dian Ari Widyastuti, “Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok”, Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, November (2020).

Bahri Samsul dan Mansari, “Model Pengawasan Anak dalam Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan Pesantren”, Legalite: Jurnal Perundang Undangan dan Hukum Pidana Islam, Vol. 6 No. 2, (2021).

Elfira, Ninil, “Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok”, Jurnal Ilmiah Konseling, Vol. 2 No. 1 Januari (2013).

Erlangga, Erwin, “Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa”, Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol 4 No. 1 (2018).

Kharida, Syahrizal, dan Mohd Din, “Penegakan Hukum terhadap Pelaku Tindak Pidana Pelecehan Seksual pada Anak dalam Sistem Peradilan Jinayah”, Law Jurnal Unsyiah, Vol. 1 (2017).

Ligina Neng Lani dan Ali Mardhiyah, “Peran Orang tua dalam Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Sekolah Dasar di Kota Bandung”, Vol. 9 No. 2, Juli (2018).

Mirawati, “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok dan Kekompakan Kelompok dalam Memantapkan Perencanaan Karis Siswa SMA Agung Medan”, Kognisi Jurnal, Vol. 3 No. 1 Agustus (2018).

Neherta, Meri, Modul Intervensi Pencegahan Kekerasan Seksual terhadap Anak, (Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2017).

Noor, Juliansyah, Metode Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).

Prayitno, Layanan Bimbingan dan Kelompok, (Jakarta: 1995).

Pranowo Taufik Agung, dan Amalia Prihastanti, “Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa”, Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, Vol. 2 No. 2 (2020).

Prayitno, Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (L6) (L7), (Padang: Universitas Negeri Padang, 2004).

Romadon, Saiful, “MANAJEMEN Risiko Reputasi Pondok Pesantren terhadap Pemberitaan Pelecehan Seksual (Studi Kasus pada Yayasan Madani Boarding School Cibiru Kota Bandung”, Jurnal Akrab Juara, Vol. 7 No. 1 Februari (2022).

Rahmansyah Riza Awaludin, Nurani Nabillah, dan Anisa Siti Nurjanah, “Tindakan Hukum terhadap Anak sebagai Korban Pelecehan Seksual yang dilakukn Herry Wirawan”, Jurnal Indonesia Sosial Sains, Vol. 3, No. 6, Juni (2022).

Sartika Mulia dan Hengki Yandri, “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Konformitas Teman Sebaya”, Indonesian Journal of Counseling & Development, Vol. 01 No. 01 Juli (2019).

Serikandi, Baiq, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 Pujut”, Jurnal Paedagogy, Vol. 7 No. 2 April (2020).

Suhardita, Kadek, “Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa”, Edisi Khusus, No. 1 Agustus (2011).

Suarning, Ayu Putu,“Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Hewan dan Tumbuhan Siswa Kelas II SD Negeri 1 Banjarangkan Pada Tahun Pelajaran 2018/2019,” Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, Vol. 8, No. 1 (2021).

Ulandari Yola dan Dosi Juliawati, “Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa”, Indonesian Journal Counseling & Development, Vol. 01 No. 01 Juli (2019).

W.S, Winkel, dan MM. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan, (Jakarta: Gramedia, 2004).

W.S, Novi, dan Novi Wahyu Hidayati, “Investigasi Pelaksanaan Bimbingan Kelompok tentang Etika Pergaulan Siswa di Era Digital”, Jinotep, Vol. 7 No. 2 (2020).

Wahid, Abdurrahman, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i2.5984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats