Potret Kenakalan Remaja dan Solusinya Menurut Islam (Studi Kasus Pada Remaja yang Suka Minum-Minuman Keras)

Arifin Hidayat Hidayat (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


         Minuman keras merupakan minuman yang mengandung zat adiktif (alkohol) dan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, mempengaruhi perilaku, cara berpikir sehingga orang menjadi tidak normal. Konsumsi minuman keras di Indonesia meningkat seiring perkembangan informasi dan kemudahan tranfortasi. Kemudahan akses untuk mendapatkan minuman keras juga menjadi faktor peningkatan konsumsi minuman keras. Kalangan yang mengkonsi minuman keras meliputi lintar generasi mulai dari remaja sampai orang dewasa, hal ini memberikan dampak negatif bagi diri pelaku dan juga kepada keluarga, hal tesebut harus menjadi pusat perhatian masyarakat sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah tentang kenakalan remaja yang hobbi minum-minuman keras di Kecamatan Batang Toru. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Remaja yang mengkonsumsi minuman keras di desa Batu hula masih belum meluas. Hasil penelitian menunjukkan sikap dari remaja mengkonsumsi miras kurang baik karena minuman keras sebagai pelampiasan masalah yang dihadapi. Data yang diperoleh remaja yang mengkonsumsi minuman keras lebih dari 10 kali dalam 1 bulan. Selanjutnya data yang diambil oleh peneliti adalah remaja yang mengkonsumsi minuman keras tidak sampai ke perilaku kejahatan, namun lebih ke mengkonsumsinya minuman keras itu sendiri. Solusi Islam bagi remaja yang mengkonsumsi minuman keras terdapat tiga solusi yaitu: peratama, menenanam nilai-nilai Islam yang terkandung dalam al-Qur’an dan al-Hadis. Kedua, Peran orangtua. Ketiga, Nilai fitrah yang dibawa manusia sejak lahir agar tetap istiqomah pada jalan kebenaran.


Keywords


Kenakalan, Remaja, Minuman Keras, Islam

Full Text:

PDF

References


Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 1997 tentang pengawasan dan pengendalian Minuman Beralkohol.

Ayuningtyas, Dumilah. Kebijakan Kesehatan Prinsip dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers. 2014

Miradj, Safri. Dampak Minuman Keras Terhadap Perilaku Generasi Muda (Gamsungi Kecamatan Ibu Selatan Kabupaten Halmahera Barat), Jurnal Al-Wardah Vol. 14 No. 1 Tahun 2020.

Surya, Gusti Dinata, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Remaja Mengkonsumsi Minuman Keras, Jurnal Sociologique, Edisi Perdana, Agustus, 2013

Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya. 2006

Lusita Patria Rori, Peggy. Pengaruh Penggunaan Minuman Keras Pada Kehidupan Remaja Di Desa Kali Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa, Jurnal Holistik, Tahun VIII No. 16 / Juli - Desember 2015.

Kartono, Kartini. Patologi Sosial 2; Kenakalan Remaja, Jakarta: Rajawali Pers. 2005

Taufikin, Hukum Islam Tentang Minuman Keras,. Yudisia, Vol. 6, No. 2, Desember 2015

Bungin, Burhan, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Wali Pers, 2012

Sri Wahyuningsih, Metode Penelitian Studi Kasus, Madura, UTM Press, 2013

Hasil Wawancara dengan Ahmad Wahid, Selasa 16 Maret 2023, pukul 13. 35 Wib

Hasil Wawancara dengan Ranto Daud, Selasa 16 Maret 2023, pukul 13. 50 Wib

Observasi, Selasa 16 Maret 2023, pukul 16 00 Wib

Hasil wawancara dengan Siddik RitongaSelasa 16 Maret 2023, pukul 16. 30 Wib




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v5i1.8206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats