Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi

Riem Malini Pane (Universitas Islam Negeri Syekh Ali hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Putri Saima Rizki (UIN SYAHADA Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

This research aims to overcome the difficulties of students completing final assignments using a cognitive behavior therapy approach. The analysis applied is based on literature data that has been collected. Data is presented in narrative descriptive form. The results of this research are that counselors try to divert negative thoughts into positive thoughts, giving birth to objectivity and a sense of optimism. Apart from changes in thoughts, this therapy also continues with changes in behavior as a concrete step in overcoming problems. These two actions are carried out simultaneously so that students have positive habits in both cognitive and behavioral aspects. Cognitive and behavioral therapy is carried out with two interventions, namely cognitive intervention and behavioral intervention with four sessions, namely assessment sessions, cognitive therapy sessions, behavioral therapy sessions and cognitive therapy and behavioral therapy evaluation sessions.

Keywords: Cognitive, Behavior, Therapy, Difficulty, Thesis

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan mahasiswa yang menyelesaikan tugas kahir dengan pendekatan cognitive behavior therapy. Analisis yang diterapkan berdasarkan data-data literatur yang telah dikumpulkan. Data disajikan dalam bentuk deskriptif naratif. Adapun hasil penelitian ini adalah konselor berupaya untuk mengalihkan pikiran negatif menjadi pikiran positif, melahirkan obyektifitas dan rasa optimisme. Selain perubahan pada pikiran, terapi ini juga dilanjutkan dengan perubahan pada perilaku sebagai langkah konkrit dalam mengatasi masalah-masalah. Kedua tindakan ini dilakukan secara simultan sehingga mahasiswa memiliki kebiasaan positif baik dalam aspek kognitif maupun perilaku. Terapi kognitif dan perilaku dilakukan dengan dua intervensi, yaitu intervensi kognitif dan intervensi perilaku dengan empat sesi, yaitu sesi pengkajian, sesi terapi kognitif, sesi terapi perilaku dan sesi evaluasi terapi kognitif dan terapi perilaku.

Kata Kunci: Cognitive, Behavior, Therapy, Kesulitan, Skripsi


Keywords


Cognitive, Behavior, Therapy, Difficulty, Thesis

Full Text:

PDF

References


Al-Zarnuji, B, Ta’lim Muta’allim ’ala Thariqi Ta’allum (Sudan: al-Dar al-Sudaniyah li al-Kutub, 2004)

Beck, A. T., ‘Thinking and Depression: II. Theory and Therapy’, Archives of General Psychiatry, 10.(6) (1964), 561–571 <https://doi.org/10.1001/archpsyc.1964.01720240015003>

Bush, J.W., ‘Cognitive Behavioral Therapy: The Basics’, 2003 <http://cognitivetherapy.com/basics.html>

Corey, G., ‘Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy’, Belmont: BrooksCole, (9th ed.)., 2012

Eco Gen, ‘Faktor-Faktor Penyebab Lamanya Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang’, Volume 1.Nomor 1 (2018), 184–96

Kasandra Oemarjoedi, Pendekatan Cognitive Behavior Dalam Psikoterapi, Jakarta: Krativ Media, 2003

M. I. Zain dkk, ‘Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Prodi PGSD Universitas Mataram’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol 4.Nomor 1, Februari (2021), 73–85

Machmud, Muslim, Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian (Malang: Penerbit Selaras, 2016)

Matson, J. L., & Ollendick, T. H., Enhancing Children’s Social Skills: Assessment and Training (London: Pergamon Press, 1988)

Mulyasa, Manajemen Pendidkan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Pratiwi, Desi Eka, Roosyanti, Anna, ‘Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya’, LPPM-Universitas Negeri Jakarta- Jurnal Pendidikan Dasar, 2019, 101–14

Rahmat & Amal, ‘Hambatan Mahasiswa Dalam Mengerjakan Tugas Akhir(Skripsi) Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNIMED’, Jurnal Antropologi Sumatera, Vol. 18.No. 2, Edisi Desember 2020 (2020), 107–16 <https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jas/article/view/32034>

Stallard, Paul, ‘Cognitive Behaviour Therapy with Children and Young People: A Selective Review of Key Issues’, Journal of Behavioral and Cognitive Psychotherapy, 30, 2002, 297–309 <https://psycnet.apa.org/record/2002-18060-005>

Sulasteri dkk, ‘Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi’, Jurnal Idaarah, Vol. III.No. 1 (2019), 96–113 <https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/9389>

Syahdrajat, T., Panduan Menulis Tugas Akhir Kedokteran Dan Kesehatan (Jakarta: Kencana, 2015) <https://books.google.co.id/books?id=shVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false>




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v5i2.9569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats