Peran Rumah Tahfidz Qur’an dalam Membina Akhlak Anak

Darwin Harahap (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Fuzi Indriani (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peran Rumah Tahfidz Qur’an dalam membina akhlak anak di Desa Sidomulyo Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rumah Tahfidz Qur’an memiliki visi dan misi menjadikan generasi penghafal Al-Qur’an dan berakhlak Al-Qur’an, namun dalam  kegiatan pembelajaran lebih cenderung kepada pembinaan tahfidz daripada pembinaan akhlak sehingga ditemukan anak penghafal Al-Qur’an yang masih berakhlak buruk seperti anak yang masih berkata kasar dan kotor, berkelahi dan berujung tidak saling berbicara serta menghina temannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisa data berupa mengumpulkan data, penyajian data dan kesimpulan dari hasil catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Rumah Tahfidz Qur’an yang paling dominan adalah sebagai fasilitator yang melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana dalam proses pelaksanaan pembinaan tahfidz dan pembinaan akhlak dengan menyediakan tenaga pengajar, bangunan Rumah Tahfidz Qur’an, papan tulis, meja belajar, Al-Qur’an dan buku-buku yang berisi tentang pengetahuan Agama Islam. Faktor pendukungnya yaitu kapasitas ruangan yang cukup memadai dan mendapat dukungan dari masyarakat berbentuk sumbangan material. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu pembinaan yang hanya 3 jam setiap hari senin sampai dengan sabtu ditambah mondok sehari semalam setiap sekali dalam seminggu serta tidak adanya ruangan khusus Bimbingan Konseling untuk menangani akhlak buruk anak. Permasalahan ini perlu adanya pembimbing yang menjadi fasilitator untuk lebih menyeimbangkan antara pembinaan tahfidz dan pembinaan akhlak pada anak.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Cindy dan Elan, Sima Mulyadi, (2021), “Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya”, Jurnal Paud Agapedia, Volume 5, No. 1 (https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/download/39692/16570), diakses 18 Februari 2023 pukul 13.35 WIB.

Jannah, Miftakhul, (2018), “Studi Komparasi Akhlak terhadap Sesama Manusia Antara Siswa Fullday School dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta”, Jurnal At-Thariqah, Volume 3, No. 2 (https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah), diakses 12 Mei 2023 pukul 19.50 WIB.

Mahmud, Akillah, (2017), “Akhlak terhadap Diri Sendiri”, Jurnal Wawasan Keislaman, Volume 11, No. 2 (https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/4540), diakses 24 Januari 2023 pukul 13.30 WIB.

Manan, Syaepul, (2017), “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 15, No. 1 (http://jurnal.upi.edu/file/05_PEMBINAAN_AKHLAK_MULIA_-_Manan2.pdf), diakses 24 Januari 2023 pukul 12.30 WIB.

Munandar, Arif, (2022), “Metode Guru dalam Membina Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah”, Journal of Education Research, Volume 1, No 1 (https://media.neliti.com/media/publications/556423-metode-guru-dalam-membina-akhlak-siswa-d-2c6df452.pdf), diakses 15 Oktober 2023 pukul 16.00 WIB.

Nata, Abuddin, (2013), Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Novitasari, Rima, (2022), “Peranan Rumah Qur’an Abu Aiman dalam Pembinaan Akhlak Anak dan Remaja di Lingkungan Karang Taliwang”, Skripsi, (Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram), 2022 (http://etheses.uinmataram.ac.id/3079/1/Rima%20Novitasari_180101140_.pdf), diakses 18 Februari 2023 pukul 14.00 WIB.

Sari, Buana dan Santi Eka Ambaryani, (2021), Pembinaan Akhlak Pada Remaja, Jakarta: Guepedia.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v5i2.9572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats