Optimalisasi Agen Pemasaran Untuk Produk Wakaf Tunai Pada Asuransi Wakaf Syariah
Abstract
Abstrak
Kemiskinan dapat dilihat dari tingginya tingkat pengangguran karena pemerintah belum mampu mengatasinya. Gerakan wakaf tunai dapat mengatasinya akan tetapi belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Agen asuransi wakaf syariah mempermudah menyampaikan kepada masyarakat tetapi banyak perusahaan belum banyak menggunakan aplikasi agen digital pada produk wakaf tunai yang menjadikan ketertarikan untuk mengangkat permasalahan pada wakaf asuransi syariah serta bagaimana penerapannya dalam meningkatkan nasabah asuransi wakaf syariah. Penulis telah memilih jenis penelitian studi literatur mengumpulkan data dengan membaca, mencatat, dan mengelola bahan penelitian Pengembangan wakaf tunai untuk mendorong perbaikan ekonomi di masa depan. Sistem agen asuransi wakaf syariah ini yang diterapkan identik dengan 2 akad muamalah dalam islam yaitu wakalah bil ujrah dan Samsara. Persaingan yang semakin ketat di industri asuransi syariah menjadi faktor yang mendorong agen untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan serta menunjukan prospek bahwa solusi yang diusulkan adalah solusi yang tepat, efektif, efisien dan menguntungkan prospek (dan keluarga atau bisnisnya).
Kata Kunci : Optimalisasi, Wakaf Tunai, Asuransi
Abstract
Poverty can be seen from the high unemployment rate because the government has not been able to overcome it. The cash waqf movement can overcome this, but it is not widely known by Indonesian people. Islamic waqf insurance agents make it easier to communicate to the public, but many companies have not used digital agent applications for cash waqf products which has made interest in raising issues about Islamic waqf insurance and how it is implemented in increasing Islamic waqf insurance customers. The author has chosen a type of literature study research to collect data by reading, recording, and managing research materials for the development of cash waqf to drive economic improvement in the future. The sharia waqf insurance agent system that is implemented is identical to the 2 muamalah contracts in Islam, namely wakalah bil ujrah and Samsara. The increasingly fierce competition in the sharia insurance industry is a factor that drives agents to get more customers and shows prospects that the proposed solution is the right, effective, efficient and profitable solution for prospects (and their families or business)
Keywords : Optimization, Cash Waqf, InsuranceKeywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiana, L. A. (2021). Strategi Meningkatkan Eksistensi Produk Pemanfaatan Wakaf Pada Asuransi Syariah. Syar’Insurance: Jurnal Asuransi Syariah, 7(2), 1–9.
Aslami, N. (2022). Peran Agen Dalam Menentukan Perencanaan Pemasaran dan Meningkatkan Minat Nasabah terhadap Produk Asuransi Syariah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(1), 25–33.
Faolina, D. (2019). Tinjauan Yuridis Wakaf Wasiat Polis Asuransi Jiwa Syariah Dalam Prespektif Hukum Islam. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 13(2), 58.
Faujiah, A. (2020). Manajemen Wakaf Dalam Perusahaan Asuransi Syariah. LAN TABUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 60–73.
Fauzan, M. (2020). Peranan agen dalam meningkatkan nasabah asuransi syariah di pt asuransi jiwa syariah bumiputera kantor pemasaran asuransi pematangsiantar. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2).
Fikih Bisnis Syariah Kontemporer—Fauzi Muhammad, S.Ag., M.Ag, Drs. Baharuddin Ahmad, M.H.I. - Google Buku. (n.d.). Retrieved June 16, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Te4sEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA101&dq=Kajian+Fikih+Muamalah+Kontemporer&ots=cEZYtFv6-7&sig=hW-8eo_STWOMzrY0SUHsCrSyZwE&redir_esc=y#v=onepage&q=Kajian%20Fikih%20Muamalah%20Kontemporer&f=false
Harahab, Y. (n.d.). ADAPTABILITAS PENORMAAN FIKIH WAKAF KE DALAM LEGISLASI NASIONAL. Mimbar Hukum-Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 32(1), 1–18.
Harrieti, N., & Abubakar, L. (2020). Pembaruan Regulasi Sektor Jasa Keuangan Dalam Pembentukan Bank Wakaf Di Indonesia. Jurnal Bina Mulia Hukum, 5(1), 1–14.
Hidayati, A. A. S. (2021). Mekanisme Fitur Wakaf pada Produk Asuransi Jiwa Syariah PT Allianz Life Indonesia. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 8(2), 259–280.
Jairin, J. (2020). Kajian System Kinerja Keuangan (Operating Financial System) pada Asuransi Syari’ah dan Asuransi Konvensional Ditinjau dari Perspektif Hukum Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 171–189.
Malik, Z. A., Senjiati, I. H., Zibran, I. M., & Azzahra, S. (2020). Analisis Fatwa (Mui) No: 106/dsn-mui/x/2016 Terhadap Implementasi Wakaf Asuransi Di Lembaga Prudential Indonesia. Tahkim (Jurnal Peradaban Dan Hukum Islam), 3(1), 89–102.
Musyahidah, S., Asizah, N., & Rahmawati, R. (2020). Etika Agen Asuransi Allianz Syariah Dalam Memasarkan Produk Asuransi Jiwa Pada PT. Asuransi Allianz Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 27–35.
Putra, I., & Sukihana, I. A. (2020). Kedudukan agen asuransi di era digital dalam menawarkan produk asuransi. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 8(3), 350–367.
Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37.
Rusydiana, A. S., Hidayat, Y., Widiastuti, T., & Rahayu, S. S. (2021). Cash Waqf for Developing Islamic Economy: Case Study in Indonesia. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 5(1), 43–59.
ZAIRANI, A. P. (2022). PERANAN AGEN DALAM MENINGKATKAN NASABAH ASURANSI SYARIAH PADA PT. ASURANSI JASINDO SYARIAH KANTOR PEMASARAN MEDAN [PhD Thesis].
DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i1.8236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani
Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.
jisfimcontact@gmail.com
jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129