Supp. File(s): common.other
Pengaruh Fatherless Terhadap Academic Resilience Anak Sekolah Dasar
Abstract
This study was motivated by the fact that fathers did not fulfill their roles optimally for their children due to the physical or psychological absence of the father, which is known as fatherless. Fatherless can have a negative impact on children. One of them is the impact on children's education which is closely related to academic resilience. This study aims to determine the effect of fatherless on the academic resilience of elementary school children. This study was conducted through a quantitative approach with a descriptive method. Data collection was carried out by distributing questionnaires and interviews. The questionnaires were distributed to high-grade children, namely grades IV, V and VI, and interviews were conducted with teachers. The number of child participants involved was 94 children with 9 teachers from three elementary schools in Bandung City. The results of this study prove that there is an influence between fatherless and the academic resilience of elementary school children at SDN 069 Cipamokolan Derwati, SDN 263 Rancaloa and SDN 122 Cijawura, meaning that children's perceptions of their father's absence contribute 14.4%. The implication given from this study is that the presence of a father figure is a valuable moment for children, so education is needed to provide as much information as possible about the role of the father.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari tidak maksimalnya ayah menjalankan perannya untuk anak akibat dari ketidakhadiran ayah secara fisik atau psikologis yang disebut sebagai fatherless. Fatherless dapat memberikan dampak yang buruk bagi anak. Salah satunya berdampak pada pendidikan anak yang erat kaitannya dengan academic resilience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fatherless terhadap academic resilience anak sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Kuesioner dibagikan kepada anak kelas tinggi yakni kelas IV, V dan VI serta wawancara dilakukan kepada guru. Jumlah partisipan anak yang terlibat sebanyak 94 anak dengan 9 guru dari tiga sekolah dasar di Kota Bandung. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh antara fatherless terhadap academic resilience anak sekolah dasar SDN 069 Cipamokolan Derwati, SDN 263 Rancaloa dan SDN 122 Cijawura, artinya persepsi anak akan ketidakhadiran ayah berkontribusi sebesar 14.4%. Implikasi yang diberikan dari penelitian ini adalah kehadiran figur ayah menjadi momen berharga bagi anak, sehingga diperlukan edukasi untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya akan peran ayah.
Supplement Files
Keywords : fatherless; academic resilience; anak sekolah dasar
Aini, P. N. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Resiliensi Akademik pada Remaja SMP NEGERI di Kecamatan Ngrambe. Quanta, 6 (2), 11–19. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Amalia, D. R., Mushodiq, M. A., Mahmudah, M., Azizah, I. N., & Hidayatullah, R. (2022). Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Masa Pandemi pada Keluarga Wanita Karir (Perspektif Gender, Pendidikan dan Psikologi). Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 17 (2), 237–254. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.5468.
BkkbN. (2017). Peran Ayah dalam Pengasuhan. Jakarta: Direktorat Bina Keluarga dan Balita. https://archive.org/details/bukuperanayahdalampeng asuhan/page/n21/mode/2up.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7 (11), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787.
Chotijah, A. (2023). Resiliensi Remaja Korban Broken Home yang Memperoleh Dukungan Teman Sebaya di Kabupatan Cilacap. UIN Raden Mas Said Surakarta.
Fajarrini, A., & Umam, A. N. (2023). Dampak Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Pandangan Islam. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 20-28. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/abata/article/view/1425.
Finley, G. E., & Schwartz, S. J. (2004). The Father Involvement and Nurturant Fathering Scales: Retrospective Measures for Adolescent and Adult Children. Educational and Psychological Measurement, 64 (1), 143–164. https://doi.org/10.1177/0013164403258453.
Fitroh, S. F. (2014). Dampak Fatherless terhadap Prestasi Belajar. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1 (2), 74–146.
Hadianti, S. W., Nurwati, R. N., & Darwis, R. S. (2017). Resiliensi Remaja Berprestasi dengan Latar Belakang Orang Tua Bercerai Studi Kasus pada Anak–Siswi Berprestasi dengan Latar Belakang Orang Tua Bercerai di SMA NEGERI 1 Margahayu. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2),129–389.
Hart, J. (2002). The Importance of Fathers in Children’s Asset Development. http://fairfield.osn.edu/parent/parentparthjune20.htm/.
Herlambang, Y. T. (2021). Urgensi Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15.
Kusumawardhani, I. S., Safitri, J., & Zwagery, R. V. (2018). Hubungan antara Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dengan Grit pada Peserta Didik Kelas Sembilan SMPN 1 Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 1 (2), 70–76.
Marsh, H. W., & Martin, A. J. (2003). Academic Resilience and the Four Cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment. Australian Association for Research in Education, 5 (3), 248–253.
Mubarok, M. D. Y. (2023). Implementasi Keluarga Sakinah Berkemajuan Terhadap Fenomena Fatherless. HAKAM: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Islam, 7(1), ISSN 2580-8052, Universitas Nurul Jadid.
Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless terhadap Karakter Anak dalam Perspektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1), 108–116. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2031.
Nafisah, N. (2022). Pengaruh Keberfungsian Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Putri, A. (2023). Pengaruh Regulalasi Emosi dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa di MAS Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Program Magister Psikologi Program Pascasarjana Universitas Medan Area Medan.
Reivich, K., & Shatté, A. (2003). The Resilience Factor: 7 Keys tp Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. New York: Broadway Books. https://searchworks.stanford.edu/view/10015427
Rojas, F. L. F. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students: A Case Study (Factores que Afectan la Resiliencia Académica en Estudiantes de Bachillerato). GIST Education And Learning Research Journal, 11, 63-78.
Rostika, D., & Halimah, L. (2016). Minat Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Shape (Stories, Humour, Activities, Presentation Style and Examples). In of The International Seminar On Philosophy Of Education (p. 33).
Sundari, A. R., & Herdajani, F. (2013). Dampak Fatherlesness terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 53 (9), 1689–1699.
Syarif, I., & Taek, P. D. Y. H. (2020). Dampak Keharmonisan Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak SDN 113 Pana. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 2 (1), 30–38. https://doi.org/10.35905/almaarief. v2i1.1540.
Syifa, A. (2022). Pengaruh Resiliensi Akademik dan Kebersyukuran terhadap Grit Mahasiswa pada Perkuliahan Online Statistika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8 (3), 823. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.851.
Tewar, C. D. L. (2019). Dinamika Penerimaan Diri pada Perempuan Dewasa Awal Fatherless yang Ditinggalkan Ayah Sejak Usia Dini. Universitas Sanata Dharma.
Utarini, A. (2023). Resiliensi pada Anak Fatherless karena Dampak Covid-19 di Sanggar Bhineka Kabupaten Sukoharjo. In Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta. UIN Raden Mas Said Surakarta.
Valerama, A., & Dariyo, A. (2023). Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dan Resiliensi pada Anak di Desa Tamansari. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 14 (1), 79–90. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v14i1.18509.
Zulfikar, Z. (2022). The Urgency of Students' Academic Resilience at School. MARAWA: Jurnal Masyarakat Religius dan Berwawasan, 1(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.