Implementasi Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah

Hamidah Hamidah* -  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Mendidik karakter peserta didik merupakan tanggung jawab bersama. Mesti ada kerjasama yang erat antara para pelaku pendidikan di lingkungan keluarga (orangtua), sekolah (kepala sekolah, guru, pembimbing, organisasi kemasyarakatan), dan pemerintah. Semua pihak memikul tanggung jawab melaksanakan pendidikan karakter. Khusus di sekolah, maka peran kepala sekolah, para guru, pembimbing dan karyawan sangatlah penting, karena perannya memposisikan sebagai: 1) Konservator (pemeliharaan), 2), Inovator (pengembangan), 3) Transmit (penerus), 4) Transformator (penerjemaah), 5), Organisator (penyelenggara) untuk membantu peserta didik agar menjadi atau memiliki sifat peduli, berpendirian dan bertanggung jawab.

Abstract

Educating the character of students is a shared responsibility. There must be close collaboration between education actors in the family environment (parents), schools (principals, teachers, mentors, community organizations), and the government. All parties bear the responsibility of carrying out character education. Especially in schools, the role of the principal, teachers, supervisors and employees is very urgent, because their roles are positioned as: 1) Conservator (maintenance), 2), Innovator (development), 3) Transmit (successor), 4) Transformer (interpreter) ), 5), the organizer (organizer) to help students to become or have a caring, opinionated and responsible character.

 

Keywords : Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah

  1. A, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Revisi. Jakarta: PT Grasindo.
  2. Amasari. 2012. Pengembangan Karakter Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
  3. DEPAG RI. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: DEPAG RI.
  4. Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter : Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabetha.
  5. Hariyanto; Muchlis Samani. 2012. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Saminanto. 2012. Mengembangkan RPP PAIKEM, EEK & Berkarakter. Semarang: Rasail Media.
  7. Sani, Ridwan Abdullah. 2011. Pendidikan Karakter Di Pesantren. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.
  8. Syafaruddin, dkk. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Gender dan Anak
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter