METODE MENDIDIK ANAK TANPA KEKERASAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Lis Yulianti Syafrida Siregar* -  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

As entrusted by Allah, children are the responsibility of parents who must be educated in Islam in order to be the savior of parents in life in this world and in the hereafter. However, in practice, not all parents understand how to educate their children properly. Parents' mistakes in choosing the method of educating children can have a negative impact on the psychological development and personality of the child. Islam provides guidance to educate children through several methods, namely the Al-quran dialogue method, the Al-quran narrative method, exemplary methods, practice and deed methods, ibrah and mau'izzah methods, as well as targhib and tarhib methods. Finally, the choice of method used is left up to the ability of parents to apply it and pay attention to the child's condition. The choice of one method or the use of a combination of methods is a parent's discretion which does not need to be doubted on its effectiveness because the source of this method is the Al-Quran and the hadith of the Prophet Muhammad.

Keywords: Method, Educate Children, Islam

Abstrak

Sebagai titipan Allah, anak merupakan tanggung jawab orang tua yang harus didik secara Islam agar dapat menjadi penyelamat orang tua dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Namun dalam praktiknya tidak semua orang tua memahami bagaimana cara mendidik anak yang baik. Kesalahan orang tua memilih metode mendidik anak dapat berdampak buruk terhadap tumbuh kembang kejiwaan dan kepribadian anak. Islam memberi tuntunan mendidik anak melalui beberapa metode, yaitu metode dialog Al-qur’an, metode kisah Al-qur’an, metode keteladanan, metode praktik dan perbuatan, metode ibrah dan mau’izzah, serta metode targhib dan tarhib.Akhirnya, pemilihan metode yang digunakan diserahkan kepada kemampuan orang tua menerapkannya serta memperhatikan kondisi anak.Pemilihan satu metode ataupun penggunaan kombinasi metode merupakan diskresi orang tua yang tidak perlu diragukan lagi efektivitasnya karena metode tersebut sumbernya adalah Al-quran dan hadist Rasulullah SAW.

Keywords : Metode, Mendidik Anak, Islam

  1. Abuddin, Nata. Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat. Vol. 1. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2012.
  2. Anisa, D., & Ikawati, E. (2020). Ujaran Kebencian Di Media Sosial Berbasis Gender: Tinjauan Sosiologi Hukum. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 4(2), 137-146.
  3. Bali, Markus Masan. “Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa.” Humaniora 4, no. 2 (2013): 800–810.
  4. Chasanah, Udzlifatul. “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Living Hadis 2 (2017): 83–115.
  5. Erzad, Azizah Maulina. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 2 (2018): 414–431.
  6. Gade, Fithriani. “Ibu Sebagai Madrasah Dalam Pendidikan Anak.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13, no. 1 (2012).
  7. Ghuddah, Abd Al Fattah Abu. Al Rasul al Mu’allim Saw Wa Asalibuhu Fi al Ta’lim. Translated by Sumedi and R. Umi Baroroh. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
  8. Hamang, Nasri, and Adnan Achiruddin Saleh. Bimbingan Klasikal Islami: Cara Keren Mendidik Anak Tanpa Kekerasan. Penerbit Aksara Timur, 2019.
  9. Hartini, N. “Metodologi Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam.” Ta’lim, 2011, 39–40.
  10. Khumaidi, Muhammad Wisnu, Muhammad Ari Wibowo, and Masfiatul Asriyah. “Mendidik Anak Supernormal Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” An Naba 2, no. 1 (2019): 21–34.
  11. Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.” Cendekia 5, no. 1 (2019): 291595.
  12. Nurjanah, Nurjanah. “Kekerasa Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 1, no. 2, July (2018): 27–45.
  13. Ristianah, Niken. “Tarbiyah Al-Aulad Fi al-Islam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 23–34.
  14. Siregar, Fitri Rayani. “Metode Mendidik Anak Dalam Pandangan Islam.” In Forum Paedagogik, 8:107–121, 2016.
  15. Siregar, Lis Yulianti Syafrida. “Kekerasan Dalam Pendidikan.” Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains 1, no. 01 (2013).
  16. Taubah, Mufatihatut. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3, no. 1 (2015): 109–136.
  17. Taufiq, Muhammad. Qur’an in Word (version 3.0), n.d.
  18. ———. Quran in Word (version 3.0), n.d.
  19. Ulwan, Abdullah Nasih. Tarbiyah Al-Aulad Fi al-Islam. Dar al-Salam, 1994.
  20. W.J.S Poerwadarminta, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Vol. 14. Balai Pustaka: Jakarta, 2016.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Gender dan Anak
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter