Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga terhadap Permasalahan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Debi Cahya Damayanti* -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Silpi Musa’adah -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Sima Mulyadi -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Purwati Purwati -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Tindakan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak hanya berdampak pada kondisi korban salah satu pihak dari kedua orang tuanya, tetapi juga memberikan efek yang sangat mendalam bagi anak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mendeskripsikan bagaimana dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga terhadap permasalahan perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan, dimana penulis terlebih dahulu mengumpulkan data, mengolah data kemudian dirumuskan ke dalam sebuah tulisan. Hasil penelitian dampak KDRT terhadap perkembangan sosial anak menjadi pemurung, pendiam dan terlihat kurang ekspresif sehingga ia menarik diri dari lingkungannya, melakukan tindak kekerasan pada orang lain, pelaku kekerasan terhadap teman, gangguan perilaku yang menyebabkan anak memiliki risiko tumbuh dengan perilaku yang tidak wajar, hilangnya hubungan social dan sering terlihat menyendiri. Adapun dampak KDRT pada aspek emosional yaitu murung atau depresi, mudah menangis, sering gugup, takut yang berlebihan, cemas dan cepat marah.

Keywords : KDRT, Sosial, Emosional

  1. Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/230614535.pdf

    Endang Hadiati, Sumardi, S. M. (2021). Pola Asuh Otoriter Dalam Perkembangan. Jurnal Pendidikan, 5(2), 68–79. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1326/790

    Hidayati, A. (2017). Merangsang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473

    Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

    Kurniasari, A. (2019). Dampak kekerasan pada kepribadian anak. Sosio Informa, 5(01), 15–24.

    Mega Oktavia Simamora, Melani Octaviani Malau, Naomi Juliana Simanjuntak, Putri Jelita Hutasoit, & Damayanti Nababan. (2022). Dampak Kekerasan Rumah Tangga Terhadap Gangguan Kedewasaan Anak. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 122–131. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.783

    Mulyadi, Konstantinus Dua, & Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

    Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–126. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i2.4919

    Purwati. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 34–51. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15951

    Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

    Shaumia, R., & Eka, R. (2022). Dinamika Perkembangan Anak ditinjau dari Dampak Kekerasan dalam Rumah Tangga ( KDRT ). Jurnal Flourishing, 2(9), 616–624. https://doi.org/10.17977/10.17977/


Open Access Copyright (c) 2023 Jurnal Kajian Gender dan Anak
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter