Penerapan pojok baca sebagai implementasi gerakan literasi sekolah di SMPN 3 Sungai Raya

Pelagia Blandina Simprosa (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Sahidi Sahidi (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Kurniawan Kurniawan (Universitas Tanjungpura, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pojok baca dan strategi pemanfaatan pojok baca sebagai implementasi Gerakan Literasi Sekolah d SMPN 3 Sungai Raya. Sasaran yang digunakan untuk penelitian terdiri dari kepala sekolah, pelaksana program GLS dan siswa di kelas yang memiliki pojok baca. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi terhadap peserta didik pojok baca dimanfaatkan siswa di kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan 4 orang narasumber yaang terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan petugas perpustakaan serta 2 orang pesserta didik. Pihak sekolah berupaya untuk menanamkan budaya literasi terhadap peserta didik dengan membuat kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai dengan memanfaatkan pojok baca yang ada di kelas. Guru dan pihak sekolah membiasakan para siswa untuk mengunjungi pojok baca dan memanfaatkan berbagai koleksi yang tersedia. Pojok baca dapat memberikan suasana yang berbeda di kelas,disaat jam istirahat siswa dapat memanfaatkan pojok baca untuk menemukan informasi ataupun hanya untuk berdiskusi terkait pelajaran. Selain itu keterlibatan guru untuk mengajak siswa mamanfaatkan pojok baca menjadi faktor penting untuk menumbuhkan  literasi peserta didik. Hasil penelitian memaparkan dalam penerapan pojok baca dimulai dengan tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran pada setiap tahapan memiliki kegiataan yang dapat menarik minat literasi serta dalam strategi pemanfaatan pojok baca berisi kegiatan pengenalan pojok baca, kegiataan menyenangkan, membebaskan pengguna dan membiasakan pemanfaatan pojok baca. Beragam kegiatan yang dilakukan sekolah berguna untuk menarik minat serta mengembangkan budaya literasai peserta didik untuk mendukung program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).


Keywords


Gerakan Literasi Sekolah ; Literasi ; Pojok Baca

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Indeks budaya literasi mahasiswa pendidikan agama islam (pai) universitas muhammadiyah surakarta tahun akademik 2017. 150–167. https://doi.org/10.23917/suhuf.v29i2.5642

Alfian, N. H., Puspita, S. R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, V(2), 187–206. https://doi.org/10.24235/edueksos.v5i2.1167

Aswat, H., G, N., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–79. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhdapa Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhamidyyah AN-NAJAH JATINOM KLATENIN. 6, 60–69.

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Ecodunamika.

Indriani, A. P., Hermadianti, A., & Oktobriani, B. T. (2022). Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(1), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589

Juminingsih. (2019). Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar Negeri Trangsan 02 Gatak Kabupaten Sukoharjo Dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Belajar Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 29(1), 56–64. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8255

Kirana, C. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Bagi Siswa Kelas IV Melalui Media Amplop Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p92-97

Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2–5. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9751

Nirmala, Sri, D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(April), 393–402. https://doi.org/http://.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851

Sadli, M., & Sadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Disekolah Dasar. Jurnal Pendidika Dan Pembelajaran Dasar, 151–164.

Santoso, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMAN 2 Gadingrejo.

Simatupang, Y. S., Rahmad, M., Sahal, M., & Dewi, A. S. (2023). Aktulisasi Dukungan Literasi Sekolah SMK Labor Pekanbaru Menyiapkan Generasi Unggul Wawasan Akademik Teknologi. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 426–438. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.716

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v6i2.12311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pelagia Blandina Simprosa, Sahidi Sahidi, Kurniawan Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.