Peran perpustakaan sekolah dalam mendukung moderasi beragama: upaya peningkatan toleransi melalui literasi

Sahidi Sahidi (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Musrifah Musrifah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Sri Wahyuni (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perpustakaan sekolah dalam mendukung moderasi beragama sebagai bagian dari upaya meningkatkan toleransi di kalangan siswa. Selain itu, penelitian ini memberikan gambaran mengenai strategi literasi yang dapat memperkuat kohesi sosial di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus pada program, kebijakan, dan kegiatan literasi yang dilaksanakan di perpustakaan sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur yang mencakup proses identifikasi, seleksi, dan analisis isi literatur terkait tema perpustakaan, literasi, dan moderasi beragama. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) melalui tahapan: a) reduksi data, b) kategorisasi, c) interpretasi, dan d) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah memiliki potensi besar dalam menumbuhkan sikap toleran melalui literasi yang inklusif. Hal ini dilakukan melalui penyediaan koleksi yang beragam dan mencerminkan nilai-nilai keberagaman, pelaksanaan program literasi informasi dan literasi digital, kegiatan diskusi dan bedah buku bertema moderasi beragama, serta aktivitas mendongeng yang mengangkat nilai-nilai moderasi. Kesimpulannya, perpustakaan sekolah berperan strategis dalam membentuk karakter siswa yang inklusif dan saling menghormati melalui penyediaan literatur yang relevan, program kelas literasi, bedah buku, serta kegiatan mendongeng yang menanamkan nilai-nilai moderasi, keberagaman, dan toleransi.


Keywords


moderasi beragama; literasi Inklusif, toleransi; perpustakaan sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v7i1.14948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sahidi Sahidi, Musrifah Musrifah, Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.