Operant conditioning dan dampaknya terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan (analisis di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh)
Abstract
Di era informasi yang semakin berkembang, perpustakaan memiliki peran sentral sebagai pusat pengetahuan yang tidak hanya menyediakan koleksi buku, tetapi juga sebagai sumber informasi yang dapat diakses oleh semua pihak. Pemanfaatan sumber-sumber informasi yang sudah dikemas menjadi bahan Pustaka (koleksi) sangat fluktuatif. Kondisi ini mungkin terjadi karena kurangnya stimulus dan respon dari pihak perpustakaan maupun pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teori operant conditioning oleh pustakawan di MTsN 4 Banda Aceh dan dampaknya terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan oleh siswa/i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus yang diberikan oleh pustakawan seperti penobatan duta baca, gerakan literasi sekolah, pojok kuis yang disertai pemberian hadiah, menghasilkan respon dari pemustaka yaitu antusiasme siswa/i dalam meningkatkan frekuensi kunjungan dan pemanfaatan layanan di perpustakaan.. Pemustaka yang diberikan reward menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif dalam menggunakan layanan perpustakaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam strategi pengembangan yang efektif untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya perpustakaan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v7i1.15366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Najwa Ramadhana Isza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:






AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733
Visitor Stats

