Pengelolaan arsip di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur

Putri Nur Nabihatul Ghofilah (Universitas Padjadjaran, Indonesia)
Sukaesih Sukaesih (Universitas Padjadjaran, Indonesia)
Kusnandar Kusnandar (Universitas Padjadjaran, Indonesia)
Lusi Romaddyniah (Universitas Padjajaran, Indonesia)

Abstract


Keberadaan arsip menjadi tolak ukur bagi suatu instansi guna mencapai keberhasilannya dalam melaksanakan kegiatan administrasi, baik itu dimulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan dan juga merupakan bukti atau alat pertanggungjawaban moral bagi generasi di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan arsip di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur, kendala yang dihadapi dalam pengelolaan arsip, dan solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pengelolaan arsip di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur dilakukan melalui penciptaan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, penyusutan arsip dan pemusnahan arsip serta penemuan kembali arsip. Proses pengelolaan arsip di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur tergolong sudah cukup baik. Namun terdapat beberapa kendala seperti Depo Arsip yang belum memenuhi representatif, terbatasnya sarana dan prasarana, masih rendahnya kesadaran aparatur pengelolaan arsip di Lingkungan Pemerintah Daerah, jumlah arsiparis yang masih sedikit, dan kurangnya anggaran. Dalam mengatasi kendala yang terjadi, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur pun bekerjasama dengan provinsi Jawa Barat perihal rencana bantuan sarana dan prasarana, namun hingga saat ini perencanaan tersebut belum ada kejelasan lebih lanjut.


Keywords


Pengelolaan Arsip; Arsip; Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur

Full Text:

PDF

References


A, Ria. 2017. “Jenis-Jenis Arsip.” https://basipda.bekasikab.go.id/. (diakses 10 April 2022).

Almahdi, Galuh Faruk Sophi, and Pahlevi Triesninda. 2020. “Pengelolaan Sistem Kearsipan Elektronik Sebagai Determinan Produktivitas Kerja Pegawai Di Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (2): 295–304.

Amalia, Ririn. 2013. “Manajemen Kearsipan Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 1 (3): 1–9.

Apriyani, Eka, Dinda Safira, and Rhoni Rodin. 2020. “Pengelolaan Arsip Statis Di Dinas Kearsipan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.” Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 2 (1).

Basya, Muhammad Rifat, and Durinda Puspasari. 2021. “Analisis Pengelolaan Arsip Di Kantor Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9 (2): 439–53.

Fathurrahman, Muslih. 2018. “Pentingnya Arsip Sebagai Sumber Informasi.” Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 3 (2): 215–25.

Halimah, Mifta Nur, and Mecca Arfa. 2019. “Preservasi Pengetahuan Pustakawan Naskah Di Reksa Pustaka Mangkunegaran Surakarta.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 8 (4): 127–39.

Hendriyani, Mungky. 2021. “Pemberkasan Arsip Dinamis Aktif Di Sub Bagian Persuratan Dan Arsip Aktif Pada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).” KOMPLEKSITAS : Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis 20 (1): 11–17.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Alhadharah 17 (33): 81-95.

Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education 11(2): 173-179.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v4i2.5197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Nur Nabihatul Ghofilah, Sukaesih Sukaesih, Kusnandar Kusnandar, Lusi Romaddyniah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.