PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIA STANDARD (QRIS)

Idris Saleh (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ahmad Wardana (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Lenni Mariyati (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu alat untuk pembayaran melalui aplikasi elektronik berbasis mobile banking. QRIS ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat dan dapat diawasi oleh regulator satu pintu karena telah berstandar dalam melakukan pembayaran. Masyarakat Kota belum banyak menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital atau transaksi non tunai, padahal UMKM telah banyak menyediakan pembayaran melalui QRIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Quick  Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital yang terdiri dari pengertian persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, proses terbentuknya persepsi, sistem pembayaran, sistem pembayaran digital dan pengertian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Kota Padangsidimpuan yang terdiri dari 20 informan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang digunakan adalah primer dan skunder. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat di Kota Padangsidimpuan menyatakan bahwa masyarakat mengetahui sistem pembayaran QRIS karena informasi mengenai sistem QRIS mudah didapatkan, mudah dipelajari dan dipahami, hal tersebut membuat informan berminat untuk menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran pada masa sekarang, selain itu banyaknya aplikasi pembayaran yang terhubung dengan QRIS juga membuat minat pengguna semakin meningkat karena merasa lebih mudah. Persepsi masyarakat terhadap penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital sejauh ini sangat baik karena banyak yang sudah mengetahui tentang QRIS dan sudah banyak juga yang sudah menggunakannya, dengan adanya QRIS dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi untuk sehari-hari.

Keywords


Persepsi; QRIS; Pembayaran Digital

Full Text:

PDF

References


Aksenta, Almasari, Irmawati Irmawati, Achmad Ridwan, Nur Hayati, Sepriano Sepriano, Herlinah Herlinah, Ayupitha Tiara Silalah, et al. Literasi Digital : Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Dz, Abdus Salam. “Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi Dan Tantangan.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 10, no. 1 (June 2, 2018): 63–80. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2813.

Echdar, Saban. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis. Cet.1. Bogor: Ghalia Indonesia, 2017.

Endaryati, Eni. “MANAJEMEN DAN PENGOLAHAN TRANSAKSI KEUANGAN USAHA KECIL.” Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, February 28, 2023, 1–110.

Gufran, Muhammad Irsiad, Muhammad Natsir, and Tajuddin Tajuddin. “Determinan Tingkat Penggunaan Quick Response Indonesian Standard Di Kota Kendari.” Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis 19, no. 2 (October 26, 2023): 89–94. https://doi.org/10.26714/vameb.v19i2.13274.

Imran, Imran, Nasran Nasran, Kaharudding Nawing, and Roy Kuliyawan. “Pemahaman Young Citizen Terhadap Nilai Kearifan Lokal Desa Salumpaga Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli Di Era Globalisasi.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 4 (September 20, 2023): 7219–26. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4451.

KOMINFO. “Kementerian Komunikasi Dan Informatika,” n.d. https://www.kominfo.go.id/.

Listiyono, Hersatoto, Eko Nur Wahyudi, and Dwi Agus Diartono. “Dinamika Implementasi QRIS : Meninjau Peluang Dan Tantangan Bagi UMKM Indonesia” 8, no. 2 (2024): 120-26.

Mahyuni, Luh Putu, and I Wayan Arta Setiawan. “Bagaimana QRIS Menarik Minat UMKM? Sebuah Model Untuk Memahani Intensi UMKM Menggunakan QRIS.” Forum Ekonomi 23, no. 4 (2021): 735–47. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10158.

Moleong, Lexy J. Metodeologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Permadi, Yudistira Andi, and Angestika Wilandari. “Preferences of Using Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Among Students as a Means of Digital Payment.” Journal of Enterprise and Development 03, no. 01 (n.d.): hlm. 1-2.

Prasetyo, Donny, and Irwansyah. “MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 1, no. 1 (2019): 163–75. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253.

Rahman, Ahmad Fahri Syaifuddin Kurnia, and Supriyanto Supriyanto. “ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI METODE PEMBAYARAN PADA MASA PANDEMI.” Indonesian Scientific Journal of Islamic Finance 1, no. 1 (December 12, 2022): 1–21. https://doi.org/10.21093/inasjif.v1i1.4739.

Seputri, Wirda, Andri Soemitra, and Nur Ahmadi Bi Rahmani. “Pengaruh Technolgy Acceptance Model Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Cashless Society.” MES Management Journal 2, no. 1 (2023): 116–26. https://doi.org/10.56709/mesman.v2i1.57.

Setiawan, Wayan Arta, and Luh Putu Mahyuni. “QRIS DI MATA UMKM : EKSPLORASI PERSEPSI DAN INTENSI.” Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9, no. 10 (2020): 46–921.

Sriekaningsih, Ana. QRIS Dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020.

Subar, Katherine. “Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Merchant Di Wilayah Surakarta.” Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran 5, no. 2 (2021): 43–57.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v9i1.10485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Idris Saleh, Ahmad Wardana, Lenni Mariyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats