THE EFFECT OF RECIPROCAL TEACHING STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT GRADE IX OF SMP N 5

NUR INAYAH HASIBUAN INAYAH HASIBUAN (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini adalah tentang pengaruh strategi pengajaran resiprokal pada pemahaman membaca siswa dalam teks naratif di kelas IX SMP N 5 Panyabungan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar siswa masih mendapat nilai rendah sekitar 70 dalam mata pelajaran bahasa Inggris terutama pemahaman membaca dan siswa kurang minat membaca dan tidak memahami teks dengan baik serta mereka juga membuang waktu untuk mendapatkan makna dalam kamus; akhirnya sebagian besar siswa gagal dalam pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh yang signifikan dari strategi pengajaran resiprokal terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks naratif di kelas IX SMP N 5 Panyabungan. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 5 Panyabungan. Total populasi adalah delapan kelas. Kemudian, sampel dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama (dua puluh dua siswa) sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas kedua (sembilan belas siswa) sebagai kelas kontrol. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes untuk mengukur Pemahaman Membaca Siswa. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan uji-t. Analisis data post-test menunjukkan bahwa skor siswa di kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada skor siswa di kelas kontrol pada tingkat signifikansi 5% dengan tingkat kebebasan (n1 + n2 - 2) = 39. Nilai rata-rata didapat di kelas eksperimen adalah 73,09, skor tertinggi adalah 92 dan skor terkecil adalah 40. Sementara, nilai rata-rata yang didapat di kelas kontrol adalah 63,78, skor tertinggi adalah 88 dan skor terkecil adalah 40. tcountdari observasi adalah ­­­2.75 Sedangkan ttableadalah 1.682. Oleh karena itu, hipotesis diterima. Jadi, ada pengaruh yang signifikan dari Strategi Mengajar Timbal Balik pada Pemahaman Membaca Siswa dalam Teks Naratif di Kelas IX SMP N 5 Panyabungan.

Full Text:

PDF

References


Adams, W. Royce, Reading Skills A Guide for Better Reading, London: Cambridge University, 1998.

Abdurrahman Mulyono. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Ahmad Nizar. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Ali, Abdul Yusuf. The Meaning of the Holy Quran in the English Language. Al- Alami Publications: Beurit, 2001.

Anas Sujono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2005.

Brown, Douglas. Language Assessment Principle and Classroom Practices. Pearson Longman: Priyanuada Abeywickrama.

___________. Language Assessment. USA: Longman, 2004.

Burhan Bungin,. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Prenada Media, 2005.

Camp, Sue C. Marilyn L. Satterwhite. Collage and English Communication. New York: Mc Green- Hill, 2003.

Creswell, John W. Research Design. USA: Sage Publication, 2002.

Derewianka, Beverly. Exploring How Texts Work. Australia, Primary English Teaching Association, 1946.

Friend M. and W. Bursuck. Including Students with special needs: A practical guide for classroom teachers. Boston: Allyn and Bacon, 2006.

Gay L. R. and Peter Airasian.Educational Research Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Prentice – Hill, Inc, 1992.

___________. Educational Research. USA: Merril, 2000.

Hornby, AS. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. USA: Macmillan, 1991.

__________.Oxford Advanced Learners Dictionary. New York: Oxford University Press, 2000.

J. Haris, Albert. How to Increase Reading Ability. New York: David Mckay Company, 1969.

Lewin K, Edu. Teaching Reading and Viewing Strategies and Activities for Years, 1-9, Melbourne Street South Brisbane: Queensland Studies Authority, 2008.

Malley, Michel O and Lorraine Valdes Pierce. Authentic Assessments for English Language Learners. USA: Wesley Publishing, 1996.

McWhorter, Kathleen T. Efficient and Flexible Reading. USA: Harper Collins Publisher, 1992.

Nunan, David. Practical English Language Teaching. New York: McGraw Hill, 2003

Pardiyono. Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi OFFSET, 2007.

________. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

Patel, M.F. & Praveen M. Jain. English Language Teaching (Methods, Tools, & Technique. Jaipur: Sunrise Publishers & Distributers.

Otong Djuharie Setiawan, Genre Dilengkapi 700 Soal Uji Pemahaman. Bandung: CV. YramaWidya, 2007.

Siahaan, Sanggam & Kisno Shinoda. Generic Text Structure. Pematang Siantar: Graha Ilmu, 2008.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2005

Trehearne, Miriam P. and Roz Doctorow. Reading Comprehension: Strategies That Work. Newark: DE International Reading Association, 2000.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Wainwright, Golden. Speed Reading Better Recalling. Jakarta: Gramedia, 2007.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v3i2.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats