Pandangan Pendakwah Artis Terhadap Landasan Al-Qur’an tentang Hijrah: Analisis Komentar atas Adi Hidayat, Hanan Attaki dan Oki Setianadewi

Nurul Camalia Mahfud (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Rifqatul Husna (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pandangan tiga pendakwah artis populer, yaitu Adi Hidayat, Hanan Attaki, dan Oki Setianadewi, terhadap konsep hijrah berdasarkan landasan Al-Qur’an. Hijrah yang dalam Al-Qur’an diartikan sebagai perpindahan fisik maupun spiritual menuju ketaatan kepada Allah yang telah menjadi tema sentral dalam cerama ketiga pendawah ini. Melalui analisis komentar dan interpretasi mereka, penelitian ini megeksplorasi bagaimana hijrah disampaikan kepada khalayak Muslim modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan tujuan menggambarkan pandangan tiga pendawah artis, yaitu Adi Hidayat, Hanan Attaki, dan Oki Setianadewi terhadap konsep hijrah berdasarkan Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiganya mempengaruhi persepsi masyarakat tentang hijrah melalui pendekatan yang berbeda, yang berakar pada pemahaman Al-Qur’an namun disesuaikan dengan audiens masing-masing. Adi Hidayat sering menekankan aspek intelektual dan teologis hijrah dengan pendekatan berbasis tafsir. Hanan Attaki mengemas hijrah dalam transformasi spiritual yang relevan dengan kehidupan anak muda, menekankan pentingnya perubahan hati. Sementara itu, Oki Setianadewi lebih menekankan asek sosial dan emosional hijrah, khususnya bagi wanita muslim. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai bagaimana pendakwah artis memainkan peran penting dalam membentuk trend hijrah dikalangan Muslim Indonesia, dan relevansi pesan mereka dengan kondisi sosial budaya kontemporer.

Keywords


Hijrah, Pendakwah Artis, Analisis Komentar

Full Text:

PDF

References


Agustin, Y., Nurcahyo, W., & Novida, I. (2023). Keberagamaan Hijrah: Kebutuhan Ekonomi, Sosial Kultural, Dan Eksistensi Di Kalangan Selebritas. Maarif, 17(2), 140–154. https://doi.org/10.47651/mrf.v17i2.199

Ainah, N. A. N., & Syamsuni, S. (2023). Perempuan Dalam Diskursus Islam Banjar Kontemporer: Reposisi Dan Peran Baru Perempuan Lewat Majelis Taklim. Muadalah, 11(1), 73–86. https://doi.org/10.18592/muadalah.v11i1.9332

Amna, A. (2019). Hijrah Artis Sebagai Komodifikasi Agama. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 331–350. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1531

Aprilia, C. A., Wahyuni, S. I., & Sari, W. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Generasi Z Sebagai Media Pembelajaran Era Post Pandemi. Peshum, 2(3), 530–536. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i3.1797

Dewi, L. S., & Setiawan, W. B. (2023). Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Di Era Digital Marketing Menuju 5.0 Dengan Memanfaatkan Platform Media Sosial Pada Umkm Di Desa Sukasukur Kecamatan Cisayong. Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 2(4), 36–44. https://doi.org/10.58290/jupemas.v2i4.190

Elia, F., & Neka, S. W. (2024). Efektifitas Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Pengetahuan Agama Islam Di Kalangan Mahasiswa. Consilium Education and Counseling Journal, 4(2), 433. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4689

Fairus, M. K. (2021). Konsep Hijrah Dalam Al-Qur’an (Perspektif Semantik Toshihiko Izutsu) [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fajriani, S. W. (2019). Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), 76. https://doi.org/10.24198/jsg.v3i2.21643

Fajrussalam, H., Dwiyanti, I., Salsabila, N. F., Aprillionita, R., & Auliakhasanah, S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Dakwah Islam Dalam Kemajuan Perkembangan Teknologi. As-Sabiqun, 4(1), 102–114. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1686

Farchan, Y., & Rosharlianti, Z. (2021). The Trend of Hijrah: New Construction of Urban Millennial Muslim Identity in Indonesia. The Sociology of Islam, 4(2), 182–205. https://doi.org/10.15642/jsi.2021.4.2.182-205

Hakim, L. (2024). Dinamika Hijrah Di Indonesia: Dari Transformasi Spiritual Menuju Gerakan Sosial. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (Jsai), 5(1), 13–33. https://doi.org/10.22373/jsai.v5i1.3993

Hani, D. (2024). The Effectiveness of Da’wah on Social Media on Oki Setiana Dewi’s Youtube Account. Kawakib: Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 16–20.

Hasanah, U., & Aisa, A. (2021). Konsep Hijrah Kaum Millenial (Kajian Media dan Dakwah). Al-MUNZIR, 14(2), 137–152.

Ilhamuddin, M. F., Rifqi, A. R., Setianingrum, V. M., & Najlah, N. N. (2022). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Humas Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Transformasi Dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89–93. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p89-93

Intan, T. (2021). Mitos Kecantikan Dan Fenomena Hijrah Dalam Novel Metropop Belok Kiri Langsing Karya Achi TM. Satwika Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 118–130. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15614

Irmansyah, I. (2020). Pemuda Hijrah: Antara Pietization Dengan Lifestyle Pada Komunitas Hijrah Yuk Ngaji Yogyakarta. Madania Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 46. https://doi.org/10.24014/jiik.v10i1.10825

Kamilah, A. H., & Muslikhah, F. P. (2023). Penggunaan instagram sebagai strategi dakwah ustadzah oki setiana dewi dalam membentuk akhlakul karimah followers 2. Jurnal Sahid Da’watii, 02(02), 29–38.

Mauludin, H. (2019). Strategi Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Mensosialisasikan Gerakan Pemuda Hijrah (Shift) Melalui Sosial Media Instagram. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Musa, M. (2019). Tren Hijrah Dan Isu Radikalisme Dalam Meningkatkan Kualitas Masyarakat Islam. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 245–264. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.991

Muthohirin, N. (2021). Da’wa in Social Media: The Views of Ustad Hanan Attaki and Felix Siauw to The Hijrah Phenomenon. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 17(2), Layouting. https://doi.org/10.18196/afkaruna.v17i2.12671

Ningsih, B. S., Hasanah, I., & Na’im, M. D. A. (2022). Kajian Tafsir Lisan Tentang Kata Shift Pemuda “ Hijrah ” Menurut Uztadz Teuku Hanan Attaki. AL-MANAR: Jurnal Kajian Al-Quran Dan Hadits, 8(1), 1–26.

Richtig, I., & Maulana, I. (2022). Fragmentasi Ke Konvergensi: Asatiz Selebriti Dalam Bingkai Gerakan Dakwah Barisan Bangun Negeri. Dialog, 45(2), 258–272. https://doi.org/10.47655/dialog.v45i2.673

Riscilia, S. A., Islam, U., Sunan, N., Muharromah, S. D., Islam, U., Sunan, N., Deva, S., Febri, I., Amru, K., Islam, U., & Sunan, N. (2024). Magzā Surah Al-Naba’ [78] Perspektif Adi Hidayat: Analisis Tafsir Audiovisual Di Youtube Safira. Madinah : Jurnal Studi Islam, 11(1), 58–76.

Romadoniyati, E. Y., Sadili, I., & Syakhlani, M. M. (2021). Analisis Semiotik Ferdinan De Saussure Retorika Dakwah Oki Setiana Dewi Pada Program Acara Islam Itu Indah di TRANSTV. JCS: Journal of Communication Studies, 1(2), 155–164.

Royyani, I. (2020). Makna Hijrah Perspektif Qur’an Dan Hadis (Telaah atas Pro-Kontra Seputar Hijrah di Media) Izza Royyani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia. JurnalAL FITHRAH, 10 KACA Ju(2), 117–132.

Sekarsari, P. R., & Puspitasari, C. (2020). Penerapan Tenun Tapestri Sebagai Elemen Dekoratif Pada Produk Muslim Fashion. Jurnal Desain Idea Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 19(2), 42. https://doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i2.7941

Supadmi, N. W. (2024). Fenomena Hijrah Mahasiswi Universitas Mataram Dalam Perspektif Konstruksi Sosial Peter L Barger dan Thomas Luckmann. 14(2), 96–109. http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v14i2.32223

Syams, S. (2019). Pemaknaan Hadis Oleh Hanan Attaki Dalam Dakwahnya Di Youtube. Jurnal Living Hadis, 4(2), 209. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2019.1850




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v11i1.16776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurul Camalia Mahfud, Rifqatul Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.