Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis Smartphone dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan
Abstract
Abstract
Learning media has a crucial role in improving student learning outcomes, particularly in the subject of Al-Qur’an Hadith. The development of media in the learning process serves as an effort to foster students’ motivation and interest in learning, which ultimately leads to better academic performance. This emphasises the need of conducting learning activities using a variety of media—anywhere, anytime, and under any conditions. The creation of smartphone-based learning materials for Al-Qur'an Hadith is regarded as an excellent technique for making learning more interesting and meaningful. This study addresses three main issues: “What is the current condition of smartphone-based learning media for Al-Qur’an Hadith at Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan?”. “How can the development of smartphone-based learning media for Al-Qur’an Hadith enhance students’ interest in learning?” and “what is the validity and effectiveness of the developed smartphone-based learning media in increasing students’ learning interest at MTs YPKS Padangsidimpuan?”.
The aim of this study is to define, analyse, and create smartphone-based learning media for Al-Qur'an Hadith to increase student learning interest at MTs YPKS Padangsidimpuan. This is a field research study using a research and development (R&D) approach to create a practical instructional product. Data were gathered using interviews, questionnaires, observations, and documentation.
The findings show that the development of smartphone-based learning media for Al-Qur'an Hadith occurred in five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Based on these stages, the findings revealed a considerable rise in students' interest in learning via smartphone-based media, indicating that the developed product is viable and appropriate for educational application.
Abstrak
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi Al-Qur’an Hadits. Pengembangan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya menumbuhkan motivasi minat belajar yang pada akhirnya hasil belajar siswa semakin meningkat. Hal ini menjadikan tanpa alasan untuk melaksanakan pembelajaran dengan berbaigai media dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun. Pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis smartphone dalam meningkatkan minat belajar siswa, merupakan langkah efektif yang dapat dilakukan agar pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Dalam penelitian ini, masalah utama yang dibahas adalah bagaimana kondisi objektif media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasi Smartphone di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan, bagaimana pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis Smatrphone dalam meningkatkan minat belajar siswa serta, bagaimana validitas, dan efektifitas pengembangan media pembelajaran al-Qur’an Hadits berbasis Smartphone dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, serta mengembangkan terkait media pembalajaran Al-Qur’an Hadits berbasis smarthphone dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).Penelitian ini mengacu pada konsep metode penelitian dan pengembangan (research and development) atau yang sering dikenal dengan istilah penelitian R&D yaitu untuk menghasilkan produk. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis smartphone dalam meningkatkan minat belajar belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan, terdapat lima tahapan yaitu : Analisis, Desain, pengembangan, Implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan tahapan tersebut, menghasilkan peningkatan minat belajar siswa dalam penggunaan media berbasis smartphone, sehingga produk yang dihasilkan layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rieneka Cipta, 2001.
Addri Efferi, Materi dan Pembelajaran Al quran Hadist MTS-MA, STAIN Kudus:Kudus, 2009.
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta:PrenadaMedia Group, 2016.
Albi Anggito dan Johan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Suka Bumi: CV. Jejak,2018.
Aprida Pane & Muhammad Darwis Dasopang, Belajar dan Pembelajaran Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3.2 Tahun 2017.
Ar Rasikh, Pembelajaran Alquran Hadist di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus pada MIN Model Sasela dan Madrasah Ibtidaiyah at Tahzib
Jurnal Penelitian Kesilaman, Vol: 15 (1) 2019.
Budiyono Saputro, Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA (Academia Publication,2021.
Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Kurikulun 2013, Yogyakarta: Prenada Karya,2014.
Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Jakarta: PT. Sygma Examedia Arkaleema, 2009.
Dewi Sadiah, Metode Penelitian Dakwah, Bandung: PT Remaja Rosda karya,2015.
Euis Kurniawati, Permainan Tradisional, Jakarta: Prenamedia Group, 2019.
Faturrahman, dkk., Pengantar Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
Herlina, Minat Belajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Heru Kurniawan, Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian,Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Hujair Sanaky AH, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Safiria InsaniaPress, 2003.
Husniatus Salamah Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ITC,Surabaya; Kencana, 2015.
Khanifatul, Pembelajaran Inovatif Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Marno dan M. Idris, Strategi Dna Metode Pengajaran: Menciptakan Ketrampilan
Mengajar Yang Efektif Dan Edukatif, Jakarta: AR-Ruzz Media, 2009), cetIV, Trianto Ibnu Badar, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, Jakarta: Prenada media, 2014.
Muhammad Fathurrohman Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta:Teras, 2012.
Niken, Dani Hariyono, Pembelajaran Multimedia Disekolah (Pedoman Pembelajaran Inspratif, Kontruktif, Dan Prospektif, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2010.
Suwartono, Dasar-dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.
Syafril dan Zelhendri Zen, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Depok: Kencana, 2017
Syarif Hidayat dan Asroi, Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasidalam Praktik Pendidikan di Indonesia, Tangerang: Pustaka Mandiri,2013.
Yusup Hadi Miarso, Menemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta:PrenadaKarya, 2004.
DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v11i1.16832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ridoan Harun Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.