Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah Mudi Mesra Kabupaten Bireuen
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF [INDONESIA]References
Afna, M. (2016). Manajemen Pendidikan Dayah Bercirikan Program Extrakurikulum Agraris. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 32–47.
Azra, A. (2018). Jaringan Ulama: Timur Tengah dan kepulauan nusantara abad xvii & xviii : akar pembaruan Islam Indonesia (Depok). Prenadamedia Group. //opac.fah.uinjkt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=85
Bafadal, I. (1992). Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Bumi Aksara.
Bogdan, R., & Biklen. (1992). Qualitative Research or Education. Allyn and Bacon.
Gibson, J. L. (2001). Organization: Behavior,Structure and Process. Richard D. Irwins.
Hamdan, H. (2017). Dayah Dalam Perspektif Perubahan Sosial. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.32505/hikmah.v8i1.402
Handriawan, D. (2017). Rethinking Spirit Pendidikan Islam (Belajar dari Lembaga Pendidikan Sufi; Ribat, Khanqah danZawiyah). Edukasia Islamika, 43–61. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/769
Hasjmi, A. (1989). Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia. Al-Maarif.
Hurgronje, S. (1990). Aceh di Mata Kolonialis. Yayasan Sokoguru.
Ibrahim, M. (2014). Dayah, Masjid, Meunasah Sebagai Lembaga Pendidikan dan Lembaga Dakwah di Aceh. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/albayan.v20i30.121
Jaya, F. (2009). Manajemen Pembelajaran. IAIN Press.
Kementerian Agama. (2004). Profil Pondok Pesantren Mu’adalah. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren.
Marhamah, M. (2018). Pendidikan Dayah dan Perkembangannya Di Aceh. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 71–92. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/117
Marno, & Suprianto, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Refika Aditama.
Mashuri, M. (2013). Dinamika Sistem Pendidikan Islam Di Dayah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.477
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukhtar, R., & Samsu. (2003). Sekolah Berprestasi. Nimas Multima.
Mukti, A. (2016). Pardigma Pendidikan Islam dalam Teori dan Praktek sejarah Periode Klasik hingga Modren. Perdana Publishing.
Muslich, M. (2007). KTSP: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Bumi Aksara.
Napitupulu, D. S. (2018). Dinamika Madrasah Sebelum Indonesia Merdeka. ITTIHAD, 2(2), Article 2. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/46
Purwadhi, P. (2019). Curriculum Management in the 21st Century Learning. SOSIOHUMANIKA, 12(2), 143–156. https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v12i2.1238
Qurnati, T. (2007). Budaya dan Keterampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar. Ar- Raniry Press.
Rizal, M., & Iqbal, M. (2018). Dayah and Meunasah: Abu Teupin Raya is the reformer of Islamic Education in Aceh. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 185–207. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.71.185-207
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran. Alfabeta.
Solihin, I. (2018). Madrasah Dan Pertumbuhan Keilmuan Dunia Islam: Sebuah Kajian Sosio-Historis. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 97–106. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1080
Sudarsyah, A., & Nurdin, D. (2009). Manajemen Pendidikan. Alfabeta.
Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Ciputat Press.
Syafaruddin, Napitupulu, D. S., & Harahap, A. S. (2020). Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Dan Peningkatan Mutu Di SMA Al-Ulum Kota Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 227–238. https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.673
Syafaruddin, S., & Nurmawati, N. (2011). Pengelolaan pendidikan:mengembangkan keterampilan manajemen pendidikan menuju sekolah efektif (A. Daulay, Ed.). Perdana. http://repository.uinsu.ac.id/1329/
Verheul, A. (1980). De Meunasah in Pase, dalam T.B.G. LXVIII, 1927, Dimuat dalam buku Meunasah Pase, terj. Aboe Bakar. PDIA.
Wahyuni, S. (2020). Manajemen OPDM (Organisasi Pelajar Dayah Al-Muslimun) Dalam Mengembangkan Bakat TTQ (Tahfiz Tasmi’ Alquran) (Studi Kasus di Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon). Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 64–74. https://doi.org/10.47887/amd.v1i1.2
Zamakhsyari, Z., Suhendri, S., & Lubis, D. E. (2019). Penerapan Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Dharmawangsa Medan. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 51–64.
DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v6i2.3020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id
View My Stats