Parameter Transformasi Kurikulum Dayah Salafiyah di Aceh
Abstract
Full Text:
PDF [INDONESIA]References
A’la, A. (2006). Pembaharuan Pesantren. Pustaka Pesantren.
Anas, A. I. (2012). Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pesantren. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 29–44. https://doi.org/10.21154/CENDEKIA.V10I1.400
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Azungah, T. (2018). Qualitative Research: Deductive and Inductive Approaches to Data Analysis. Qualitative Research Journal, 18(4), 383–400. https://doi.org/10.1108/QRJ-D-18-00035
Bickford, J. H. (2017). The Curriculum Development of Experienced Teachers who are Inexperienced with History-Based Pedagogy. Journal of Social Studies Education Research, 8(1), 146–192. https://dergipark.org.tr/en/pub/jsser/316361
Cooper, R., Chenail, R. J., & Fleming, S. (2012). A Grounded Theory of Inductive Qualitative Research Education: Results of a Meta-Data-Analysis. The Qualitative Report, 17, 1–26. http://www.nova.edu/ssss/QR/QR17/cooper52.pdf
Cresswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. (1993). Ensiklopedi Islam. Departemen Agama RI.
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Pustaka LP3ES.
Fadjar, A. M. (1999). Reorientasi Pendidikan Islam. Fajar Dunia.
Fanani, A. Z., & El-Fajri, E. (2003). Menggagas Pesantren Masa Depan Geliot Suara Santri untuk Indonesia Baru. Qirtas.
Hadi, A. (2017). The Internalization of Local Wisdom Value in Dayah Educational Institution. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(2), 189–200. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v5i2.128
Hamalik, O. (2001). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Sinar Baru Algesindo.
Idris, S., Tabrani ZA, & Sulaiman, F. (2018). Critical Education Paradigm in the Perspective of Islamic Education. Advanced Science Letters, 24(11), 8226–8230. https://doi.org/10.1166/asl.2018.12529
Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Paramadina.
Mastuhu, M. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. INIS.
Masykur, A. (2010). Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren. Barnea Pustaka.
Moleong, L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muchson, M. (2002). Gus Dur vs Amien Rais: Dakwah Kultural-Struktural. Laela Thinkers.
Muhaimin, M. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Rajawali Pers.
Muliawan, J. U. (2005). Pendidikan Islam Integratif. Pustaka Pelajar.
Nasution, H. (1996). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution. Mizan.
Oviyanti, F. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Noer Fikri.
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Fokusmedia.
Rosi, F. (2018). Pembaharuan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren. Widya Balina, 3(5), 105–125. http://www.journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/13
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Al-Fabeta.
Saifuddin, A. (2015). Eksistensi Kurikulum Pesasntren dan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 207–234. https://doi.org/10.15642/JPAI.2015.3.1.207-234
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Sayyi, A. (2017). Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Azyumardi Azra. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 20. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1285
Suprayetno, S. (2002). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren” dalam Pranata Islam di Indonesia: Pergulatan Sosial, Poliitk, Hukum dan Pendidikan. Ciputat Press.
Ta’rifin, A., & Abidin, Y. (2005). Demokratisasi dan Paradigma Baru: Kapita Selekta Pendidikan Umum dan Islam. STAIN Pekalongan Press.
Tabrani ZA. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (antara Tradisional dan Modern). Al-Jenderami Press.
Tabrani ZA. (2014a). Islamic Studies dalam Pendekatan Multidisipliner (Suatu Kajian Gradual Menuju Paradigma Global). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(2), 211–234.
Tabrani ZA. (2014b). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250–270. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.75
Usman, N., AR, M., & Marzuki, M. (2016). The Influence of Leadership in Improving Personnel Performance at Traditional Islamic Boarding School (Dayah). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(2), 205–216. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v4i2.98
Usman, N., AR, M., Murziqin, R., & Tabrani ZA. (2018). The Principal’s Managerial Competence in Improving School Performance in Pidie Jaya Regency. Advanced Science Letters, 24(11), 8297–8300. https://doi.org/10.1166/asl.2018.12545
Usman, N., AR, M., Syahril, Irani, U., & Tabrani ZA. (2019). The implementation of learning management at the institution of modern dayah in aceh besar district. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 012157. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012157
Walidin, W., Idris, S., & Tabrani ZA. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.4218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id
View My Stats