ANALISIS NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA JENJANG PENDIDIKAN TSANAWIYAH DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

RAYENDRIANI FAHMEI LUBIS (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di jenjang pendidikan Madrasah Tsyanawiah yang ada di kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Inggris di MTs se-kota Padangsidimpuan, untuk mengetahui sumber belajar yang digunakan mengandung nilai-nilai keislaman atau tidak dan untuk mengetahui guru menggunakan sumber belajar sesuai kurikulum nasional atau ada usaha mengelaborasi sesuai nilai-nilai keislaman atau tidak.  Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitian ini, yaitu guru bahasa Inggris di Madrasah Tsyanawiah se-kota Padangsidimpuan. Observasi, wawancara dan dokumen menjadi instrumen penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris di dalam kelas mulai dari proses pembukaan pembelajaran sampai dengan proses menutup pembelajaran terdapat nilai keislaman dalam bentuk nilai Ilahiah di MTsN 1 Padangsidimpuan, MTsN Ujung Gurap, MTsS Panca Dharma dan MTsS YPKS. Sedangkan nilai keislaman dalam bentuk nilai Insaniah sudah diaplikasikan di MTsS Panca Dharma. Sumber belajar yang digunakan di MTs se-kota Padangsidimpuan berupa buku paket yang berasal dari dana BOS. Dari sumber belajar yang digunakan di dalam kelas, nilai-nilai keislaman berupa nilai Ilahiah dan nilai Insaniah terdapat pada buku paket yang digunakan di MTsN 1 Padangsidimpuan, MTsN Ujung Gurap dan MTsS Panca Dharma. Dari kelima MTs yang diteliti, guru bahasa Inggris menggunakan sumber belajar berupa buku paket yang sesuai dengan Kurikulum Nasional, tetapi guru bahasa Inggris belum mengintegrasikan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai-nilai keislaman. Yang menjadi alasan mereka mengapa mereka belum mengintegrasikan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai-nilai keislaman karena mereka takut dan khawatir murid-murid tidak dapat menjawab soal-soal UAN yang mana pada soal-soal UAN tidak terdapat materi yang berbau Islami walaupun soal-soal UAN tersebut diperuntukkan kepada murid-murid MTs.

Keywords


Islamic values, English lessons, Learning sources

Full Text:

PDF

References


A.R., Syamsuddin. 1986. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Anderson, Paul S. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Arifin, M. 1993. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Azra, Azamardi. 2012. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.

Azwar, Saifuddin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, H. Douglas. 1980. Principles of Language Learning and Teaching. New Jersey: Prentice Hall.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

D., Wilkins. 1976. Notional Syllabuses. Oxford: Oxford University Press.

Darajat, Zakiah. 1984. Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

___________. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisal, Mohammad. 2000. MetodePenelitan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Finochiaro, Mary & Michael Bonomo. 1973. The Foreign Language Learner: A Guide for Teacher. New York: Regents Publishing Company, Inc

Haryadi dan Zamzani. 2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kamus Besar Indonesia Edisi Kedua. 1991. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka.

Khlal, Abdul Wahab. 1978. Ilmu Ushul al-Fiqh. Al-Qabbah Ath-Thab’ah wa an.

Mishbah, M. Taqi. 1984. Monoteisme Sebagai Sistem Nilai dan Aqidah Islam. Jakarta: Lentera.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mujib, Muhaimin Abd. 1991. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Bumi Aksara.

Noor, Juliansah. 2013. Metodologi Penelitian:Skripsi, Tesis, Disertasi dan Kara Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Ogden & Richards 1987. Longman Dictionary of Applied Linguistics. London: Longman.

R.C., Bogdan, & Biklen. SK.1982. Qualitative Research for Education. Boston: Allysand Beacon.

Riyanto, Slamet. 2015. The Practice of Teaching English Panduan Praktis Terampil Mengajar Bahasa Inggris dengan Kreatif di Sekolah, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Saebani, Beni Ahmad & Hendra Akhdiyat. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sauri, Sofyan. 2011. Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa untuk Menghadapi Tantangan Global. Makalah dalam file. upi.edu.

Slamet, St. Y. dan Amir. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: AlFabeta.

Suyanto, Kasihani K.E. 2008. English for Young Learners, Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

___________ 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

____________ 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

____________ 1990. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa,. Bandung: Angkasa.

Zaid, Mustafa . 1964. Al-mashlahah fi al-Islami wa Najmudin al-Thufi wa an-Nasyar. Mishr: Dar al-Fikrr

Zaidan, Jarji. Tarikh Al-Tamaddun al-Islam. Dar Al-Maktabah Al-Hayat, tt.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasina dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats