PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI KLINIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI CATAK GAYAM 02 MOJOWARNO JOMBANG

Rofiatul Hosna (Dosen Universitas Hasyim Asy’ari Jombang/Direktur Pascasarjana, Indonesia)

Abstract


Pendidikan berfungsi menyiapkan peserta didik bagi peranannya dimasa depan baik sebagai individu maupun sebagai warga tenaga kerja, sebagai pencapaian tujuan pendidikan nasional, maka sekolah merupakan lembaga pendidikan dalam penyelenggaraannya harus menjabarkan pendidikan nasional itu dalam kegiatannya. Kepala sekolah mempunyai  tanggung jawab yang cukup besar dalam menerima dan memelihara serta melaksanakan sebagai peraturan dan program pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisa kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi klinis, (2) dalam memberi dorongan guru untuk meningkatkan kinerjanya, (3) membantu guru mengatasi masalah, dan (4) kendala-kendala melaksanakan supervisi klinis. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan supervisi klinis denga cara memberikan dorongan, membantu memecahkan masalah, dan mengatasi kendala-kendala pelaksanaan supervisi klinis dengan mengikut sertakan guru pada pelatihan, mengutamakan komunikasi secara kekeluargaan, hati-hati dalam mengambil langkah, menggunakan jam istirahat, memberikan penjelasan kepada guru dan siswa secara persuasif

Keywords


the headmaster role, clinical supervision, elementary school

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Cipta Karya.

Bogdan, R.C. & Biklen, S. Knoop.1982. Qualitative Research For Education: an Introduction to Theory and Metho. Unitet States Of America.

Bakri, Masykuri. 2013. Metode Penlitian Kualitatif Pendekatan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Nirmana Press.

Effendi H. A.R. 2001. Supervisi Klinis. Malang: Makalah di sajikan dalam Pelatihan Kepala Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Malang.

Faesal, Sanafiah. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asih Asuh.

Lucio, William H. & McNeil, John D. 1979. Supervision in Throught and action. 3 id. Ed. New York: McGrow-hill Book CO.

Milles, M.B. & Humerman, A.M., 1992. Analisis Data Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Quinn, Pathon Michael. 2000. Qualitatif Evaluation Methods. Sage Publication. Baverly Hills.

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Surabaya: UNESA University Press.

Sahartian Piet A, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.

Siagian, H. 1995. Manajemen Suatu Pengantar. Bandung: Alumni

Suprayogo, Imam. 2001. Metodologi Penelitian Agama. Bandung Rosdakarya.

Thoha, Mifta. 1995. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Press

Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id

 

Free counters!

View My Stats