Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Cooperative Tipe make a Match di Kelas IV SD N 015 Simangambat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF [INDONESIA]References
Asnawi, Fransyaigu, R., & Mulyahati, B. (2016). Konsep Pembelajaran Terpadu Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. 3(2).
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Julia Purnama Sari; Yunisrul; Desyandri. (2018). Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Scaintifik di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut, Kota Padang. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 11–24. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/3906/2485
Kencana Sari, F. F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Satya Widya, 34(1), 62–76. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p62-76
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Mansurdin, M. (2017). Pembelajaran Bernyanyi Lagu Wajib Nasional Dengan Model Pembelajaran Langsung Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 16–25. https://doi.org/10.24036/02017128595-0-00.
Mutiara, N. (2021). 2708 Niken Mutiara│ Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas IV Sekolah Dasar Peningkatan Hasil Belajar Siswa PadaPembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Mod. 4(1), 2708–2716.
Miaz et al., 2020)Miaz, Y., Zuardi, Z., & Putera, R. F. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 19. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10395
Nurhayati, A. (2016). Prinsip dan tujuan penilaian tindakan kelas. Jurnal Pembelajaran, 5(1), 1–15.
Nurhidayah, R. S., Kurnia, D., & Sudin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya, 2(1), 2051–2060. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12421
Purnomo, A., Ratnawati, N., Aristin, N. F., Morphology, T. C., Hutauruk, A., Sidabutar, R., Parihah, N. I., Hartini, S., Siregar, J., Asnaini, Hafidhoh, N., & Rifa’i, M. R. (2020). Karakteristik penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013 di MI. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 10–16. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Putri, A., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Tipe Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 644–648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.415
Rasidi, M. A., & Setiawati, F. A. (2015). Faktor-Faktor Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd Kota Mataram. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 155. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6504
Safitri, F., Padang, K., & Padang, K. (2020). Peningkatan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tematik Terpadu Kelas IV SD The implementation of discovery learning model to improve students learning outcomes on thematic integrated learning. 8, 196–206.
Sitompul, H. S., Maulina, I., & Efarina, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. 11–17.
Tri Anifa, R., Zainil, M., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Kelas IV SD Negeri 20 Indarung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3278–3283. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1384
Virliana, A. R., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2819–2825. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.778
DOI: https://doi.org/10.24952/tazkir.v8i1.5416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community Services; Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022
e-mail: lppm@uinsyahada.ac.id
View My Stats