Peran Manajemen Dakwah dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren Mustafawiyyah Purba Baru

siti Aulia Aisyah (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis peran manajemen dakwah dalam pengelolaan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru. Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam lingkup agama Islam. Salah satu pondok pesantren yang menjadi fokus penelitian ini adalah Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru, yang terkenal dengan kegiatan dakwahnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen dakwah di Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru memiliki peran yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya manusia. Peran tersebut mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan dakwah yang bertujuan untuk membentuk karakter dan moral para santri. Manajemen dakwah juga terlibat dalam pengelolaan pembelajaran agama, pengembangan kurikulum, serta pemantauan dan evaluasi kinerja pendidikan agama Islam di pondok pesantren. Selain itu, manajemen dakwah memiliki tanggung jawab dalam menciptakan lingkungan pesantren yang kondusif untuk pertumbuhan spiritual dan intelektual santri. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana manajemen dakwah dapat berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pondok pesantren. Implikasi dari temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan model manajemen dakwah yang lebih efektif dalam konteks pendidikan agama Islam di lembaga serupa.


Full Text:

PDF

References


Ainiyah Nur, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum, Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013.

Asih Setiyowati,Cikal Jiwani Putri, Feni Miftakhul Jannah, Muhammad Rizaludin As‟Ad, Kepemimpinan Islam Periode Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar Bin Khattab, Utsman Bin Affan, Ali Bin Abi Thalib), Yasin : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya Volume 1, Nomor 2, Desember 2021.

Deana Dimas Alfianysah, Riski Dzuliliza Lathifani Nurul, Erianto, Kontribusi dan Upaya Mahasiswa Menyelesaikan permasalahan pendidikan dan Kemasyarakatan di Kampung Cikone pada Suasana Pandemi, Proceedings UIN Sunan Gudung Djati Bandung Vol: I, Nomor: LII, Desember 2021.

Hamriani, Organisasi Dalam Manajemen Dakwah, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 14, No. 2, Desember 2013.

Hayati Fitroh, Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Jurnal Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 1 (2018).

Ilmi Miftahul, Selle Amzah, Munawir, Implementasi Ipendidikan Ikarakter Iberbasis Ipendidikan Agama Di Sekolah, Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, Volume : 19 Nomor : 2 Tahun : 2021.

Johansyah, Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Volume Xi, No. 1, Agustus 2011.

Jumangin, Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Denganmetode Keteladanan Dan Metode Pembiasaan Di Mts Negeri 1 Lampung Timur, 2017, Program Pascasarjana (Pps) Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Makmun Syukron, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Di Madrasah Sebagai Bentuk Penanaman Karakter Pemimpin Yang Ideal, Jurnal Tarbawiyah, Vol. 13, No.2, Edisi Juli - Desember 2016.

Mardawani, Lusiana, Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Di Desa Telaga Ii, Jurnal Pekan Vol. 3 No. 1 Edisi April 2018.

Muhsinin, Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.

Nizar Yasyva Agfa, Tesis Analisis Resepsi Pengurus Sie Kerohanian Islam Sma Negeri Se-Sidoarjo Kota Tentang Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al Hadar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat, 2022, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ulfah Novi Maria, Strategi Dan Manajemen Dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (Ldii) Kecamatan Tugu Kota Semarang, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 35, No.2, Juli - Desember 2015.

Zainudin, E, Peradapan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin. Jurnal Intelegensia, Vol. 03No. (01), (2015, Januari-Juni).




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i2.10250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats