Optimalisasi Manajemen Dakwah Pada Era Digital Oleh Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdatul Ulama

Irfan Syuhudi (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Muhamad Zen (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Fatmawati - (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Pada era digital saat ini, menjadi faktor eksternal terbesar sebagai ‘angin segar’ dalam penyebaran dakwah Islam yang benar dan juga menjadi pembanding ilmiah dalam menepis segala pemikiran dakwah yang sesat. Kesempatan emas dimanfaatkan oleh lembaga dakwah Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) dalam mengoptimalisasi dakwah dengan memaksimalkan semua fungsi manajemen khususnya pada fungsi pelaksanaan. Terdapat 4 strategi dalam berdakwah di era digital hingga tercapainya tujuan, antara lain yang pertama dengan memproduksi konten-konten dakwah yang bermanfaat, kedua dengan konten yang menarik, ketiga dengan penyesuaian dakwah di situasi dan kondisi terkini, dan yang terakhir adalah sinergi antar komunitas atau ormas untuk membentuk para juru dakwah yang berstandar. Maka semua itu dibuktikan dengan memanfaatkan kanal online ataupun media sosial secara aktif. Pembahasan ini dibuat hasil dari penelitian kualitatif dari bahan bacaan ilmiah dan sumber informasi dari media online yang terpercaya. Jika upaya ini dilakukan lebih profesionalitas maka akan mudah diakses oleh masyarakat muslim seluruh dunia kapanpun dan dimanapun berada.


Keywords


Optimalisasi, Manajemen, Dakwah, Era digital, Nahdhatul Ulama.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. “Kamus besar bahasa Indonesia.” Jakarta: balai pustaka 457 (2007). AM, Munawwar. “Daftar Website Organisasi NU, Lembaga, Badan Otonom NU.” www.pcnucilacap.com, 18 Juli 2021. https://pcnucilacap.com/daftar-website-organisasi-nu-lembaga-badan-otonom-nu/. Amaliyah, Suci. “Cerita Tim IT Berjibaku Bangun Website NU Online yang Kini Berusia 20 Tahun.” www.nu.or.id, 11 Juli 2023. https://nu.or.id/nasional/cerita-tim-it-berjibaku-bangun-website-nu-online-yang-kini-berusia-20-tahun-GXRFJ. As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir. Taysiir Al-Kariim Ar-Rahmaan fii tafsiir kalaam Al-Manaaan. 1 ed. Arab Saudi: Muassasah Ar-Risaalah, 2000. Asy-Syahraani, Muhammad bin Sa’id. Ilmud Da’wah ilaa Allah Ta’ala Haqiiqatuhu wa Ahammiyyatuhu. 1 ed. Mekkah: Universitas Ummul Quro, 2012. Bambang, Saiful Ma’arif. “Komunikasi Dakwah Paradigma Untuk Aksi.” Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010, 34. Edgar, Thomas F., David M. (David Mautner) Himmelblau, dan Leon S. Lasdon. Optimization of chemical processes. McGraw-Hill, 2001. Faizin, Muhammad. “Empat Strategi Dakwah di Era Digital menurut Lembaga Dakwah PBNU.” www.nu.or.id, 12 April 2022. https://www.nu.or.id/nasional/empat-strategi-dakwah-di-era-digital-menurut-lembaga-dakwah-pbnu-tLTJ4. Firdausi. “Mengenal TVNU yang Kini Buka Jejaring hingga Daerah.” www.jatim.nu.or.id, 27 Juli 2022. https://jatim.nu.or.id/madura/mengenal-tvnu-yang-kini-buka-jejaring-hingga-daerah-O8lvK. Habibi, Muhammad. “Optimalisasi dakwah melalui media sosial di era milenial.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 12, no. 1 (2018): 101–16. Hasanah, Uswatun, dan M A Hum. Manajemen Dakwah, t.t. Hasibuan, Malayu S P. “Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah,” 2007. Indiraphasa, Nuriel Shiami. “NU Online Sabet 2 Penghargaan Sekaligus di KASAD Award 2023.” www.nu.or.id, 10 Juli 2023. https://nu.or.id/nasional/nu-online-sabet-2-penghargaan-sekaligus-di-kasad-award-2023-f57u3. Munir, Muhammad. Manajemen dakwah. Prenada Media, 2021. Nurdiansyah, Ruzdy. “NU Diajak Jalankan Strategi Dakwah Digital.” www.ruzka.republika.co.id, 11 Januari 2023. https://ruzka.republika.co.id/edukasi/1672925066/NU-Diajak-Jalankan-Strategi-Dakwah-Digital. Patoni. “NU Online Luncurkan Aplikasi Super Versi Terbaru, Fitur Lebih Lengkap.” www.nu.or.id, 22 Oktober 2021. https://nu.or.id/nasional/nu-online-luncurkan-aplikasi-super-versi-terbaru-fitur-lebih-lengkap-iRfuW. ———. “Tantangan Dakwah NU di Era Digital dan Disrupsi Teknologi.” www.nu.or.id, 31 Januari 2021. https://www.nu.or.id/opini/tantangan-dakwah-nu-di-era-digital-dan-disrupsi-teknologi-y7mOz. Sanjaya, Suslina. “Managemen Dakwah.” Bandar Lampung: Harakindo Publishing, 2014. Soekarno, K. “Dasar-Dasar Manajemen cetakan XIV.” Jakarta: Miswar, 1986. Soewadji, Jusuf. “Pengantar metodologi penelitian.” Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012. Zainun, Buchari. Administrasi dan manajemen sumber daya manusia pemerintah negara Indonesia. Ghalia Indonesia, 2004. Zuchri, Abdussamad. “Metode Penelitian Kualitatif.” Syakir Media Press, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats