Implementasi Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Tahfidz di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Baqi Babussalam Basilam Kabupaten Tapanuli Selatan

Kholimatunnisa Hasibuan (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Darwin Harahap (UIN Syahada Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Manajemen merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi perkembangan suatu kegiatan ataupun organisasi. Efektivitas keberhasilan suatu kegiatan diperlukan adanya implementasi manajemen ideal dalam setiap kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kegiatan tahfidz al-Qur’an adalah kegiatan menghafal ayat-ayat al-Qur’an. Dalam kegiatan tahfidz perlu dilakukan penerapan fungsi manajemen dalam pelaksanaannya agar mampu mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen dalam kegiatan tahfidz yang dilaksanakan di pondok pesantren Syekh Muhammad Baqi Babussalam Basilam Baru Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi fungsi manajemen dalam kegiatan tahfidz di pondok pesantren Syekh Muhammad Baqi Babubssalam Basilam Baru dapat dinyatakan berhasil dengan baik. Keberhasilan tersebut dilihat dari jumlah santriwati yang mampu mencapai target hafalan, kelancaran hafalan ketika muraja’ah, dan jumlah santriwati yang mengikuti wisuda tahfidz tiap tahunnya.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman, Dasar-Dasar Manajemen, Malang: Empatdua, 2018

Abdul Rohman, Dasar-Dasar Manajemen, Malang: Empatdua, 2018.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surabaya: Halim, 2014

Koentjoro Ningrat, Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1981.

Muhammad Roihan, Studi Pendekatan Al-Qur’an, Jurnal Thariqah Ilmiah Vol. 01, no. 01 Januari 2014.

Muhammad Yasir, Ade Jamaruddin, Studi Al-Qur’an, Riau; Asa Riau, 2016.

Mustofa Kamal, Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajarn Siswa, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, No. 2, 2017

Mustofa Kamal, Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajarn Siswa, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, No. 2, 2017

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Saefrudin, Pengorganisasian dalam Manajemen, Jurnal Al-Hikmah Vol. 5 No. 2, Oktober 2017

Saefrudin, Pengorganisasian dalam Manajemen, Jurnal Al-Hikmah Vol. 5 No. 2, Oktober 2017

Siswanto, Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Sofyan Rofi, Analisis Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mengikuti Program Tahfidz Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No. 1, Maret 2019




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v6i1.12320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats