Kualitas Pelayanan Majelis Taklim Al-Mahabbah Kota Padangsidimpuan

Ahmad Fauzan Shidiq Nasution (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Kamaluddin Ritonga (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Ricka Handayani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang kurang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kualitas pelayanan yang diberikan kepada jamaah, mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah jamaah, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan di Majelis Taklim Al-Mahabbah Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan skala Likert, sementara analisis data dilakukan menggunakan metode statistik pada data kuantitatif dari jawaban kuesioner, yang diolah menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Majelis Taklim Al-Mahabbah dinilai baik. Kualitas pelayanan ini dilihat dari lima aspek: pertama, aspek Tangible, yaitu kerapian, kedisiplinan, serta kepemimpinan dan pengurus yang baik. Kedua, aspek Reliability, yaitu kesiapan pengurus dalam melayani jamaah. Ketiga, aspek Responsiveness, di mana ketua dan pengurus memberikan sapaan sehingga jamaah merasa dihargai. Keempat, aspek Assurance, di mana jamaah merasa dianggap sebagai keluarga. Kelima, aspek Empathy, di mana ketua menunjukkan sikap ramah dengan cara berbicara jujur, sopan, dan tidak membeda-bedakan jamaah. Uji simultan menunjukkan bahwa peningkatan jumlah jamaah mencapai 88%, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah jamaah. Faktor-faktor pendukung termasuk pelayanan yang baik, perlengkapan, dan fasilitas yang memadai, serta kredibilitas yang diperoleh melalui kontribusi Serikat Tolong-Menolong (STM). Ketua tidak membeda-bedakan jamaah, dan ceramah ustad berganti-ganti. Namun, faktor penghambat meliputi kebisingan dari mobil dan motor serta keterbatasan tempat parkir di halaman pertemuan yang sempit, yang mengganggu ceramah ustad.    


Keywords


Kualitas Pelayanan, Majelis Taklim, Al-Mahabbah

Full Text:

PDF

References


Alfajar Fachrul, dkk., “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelayanan Pada Makassar Jeans House Kota Palu”, Jurnal Literasi Publik Administrasi dan Manajemen, Volume 1, No. 1, 2021.

Erlianti Dila, “Kualitas Pelayanan Publik”, Jurnal Japabis, Volume 1, No. 1, Februari 2019.

Ekawati Santi, dkk., “Manajemen Pelayanan Islami Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen di Toko Alfa Barokah Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep”, Jurnal Al-Idarah, Volume 2, No. 2, Agustus 2021.

Fikri Sirhan, dkk., “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 3, No. 1, Januari 2016.

Fahriansyah, “Filosofi Dakwah Jama ’ah”, Jurnal Alhadrah, Volume 15, No. 29, Januari-Juni 2016.

Hasibuan Marisca Ririn, dkk., “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Café Vanilla Panyabungan”, Jurnal IPTS, Volume 4, No. 3, Agustus 2021.

Kurniawan Danang, “Service Excellent Berdasarkan Prespektif Islam di Bank Syariah”, Jurnal of Sharia Economic Law, Volume 3, No. 1, Maret 2020.

Khodijah Nyayu, “Majelis Taklim Asy-Syifa Potret Majelis Taklim Dalam Komunitas Muslim Muallaf di Bali” Jurnal RI’AYAH, Volume 03, No. 02, Juli-Desember 2018.

Muliati Trisya, “Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Moh. Anam Syafi’il, “Sistem Pembelajaran Majelis Taklim Padhang Mbulan dalam Mewujudkan Learning Society (Studi Majelis Ilmu Maiyah Padhang Mbulan Jombang)”, Jurnal Dirasah, Volume 2, No. 1, Februari 2019.

Muh. Rifa’i Khoirul, “Pengelolaan Majelis Taklim dan Pengajian Umum”, Jurnal ibriez, Volume 4, No. 1, Juni 2019.
Nurhadi, “Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah”, Jurnal EkBis, Volume 2, No. 2, 2018.

Rahmatullah Muhammad, Hilmi Mizani, dkk., “Manajemen Majelis Taklim (Kepuasan Jamaah Dalam Pelaksanaan Pelayanan Sarana di Majelis Taklim Bani Ismail, Majelis Taklim Babussalam, dan Majelis Taklim Muzakarati Ummah)”, Jurnal Antasari, Volume 1, No. 1, Desember 2018.

Syarah Siti, “Strategi Dakwah Majelis Taklim Mushola Al-Falah Haurgeulis Dalam Meningkatkan Jamaah”, Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial, Volume 3, No. 1, Maret 2023.

Setiawan Ajis, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen”, Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, Volume 9, No. 2, Desember 2019.

Zuhri, “Majelis Ta’lim Sebagai Model Pendidikan Non-Formal Islam”, Jurnal AL-USWAH, Volume 2, No. 1, Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v6i1.12434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats