Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh Pada Kantor Kementrian Agama Kota Padangsidimpuan

arma yana hasibuan (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Mhd Bambang Yusuf (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Maria Ulfa Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Agus Salim Lubis (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Setiap muslim yang ingin menggapai kesempurnaan dalam beribadah dengan melaksanakan perintah Allah Swt. Serta hindarilah seluruh yang di larang-nya al Qur' an serta hadits ialah pedoman untuk umat Islam yang di dalamnya ada perintah serta larangan yang wajib dijalankan oleh umat Islam, salah satunya merupakan rukun Islam serta rukun iman yang wajib ditaati. Setiap amalan yang wajib dicoba. Terdapat 5 rukun Islam, serta menunaikan haji merupakan salah satu dari 5 rukun. Haji serta Umrah merupakan ibadah untuk setiap muslim yang sanggup. Tanpa pengelolaan, tujuan ibadah haji serta umroh tidak bisa terwujud secara maksimal, efisien serta efektif. Perihal ini berlaku buat ekspedisi haji serta umrah yang memerlukan manajemen yang efisien serta efektif. Dalam kerangka ini perkembang pemahaman hendak berartinya manajemen haji serta umrah, yang membagikan kewenangan penuh kepada pengelola ataupun pengelola haji dalam mengendalikan proses penyelenggaraan haji mulai dari pengajaran, perencanaan, pengorganisasian, pengawasan pertanggungjawaban, pengelolaan., serta mengetuai calon jamaah haji serta benda.- barang buat menolong proses penerapan ibadah haji serta umroh yang cocok dengan tujuan lembaga tutorial haji serta umroh. Untuk itu butuh dimengerti guna utama manajemen ialah perencanaan, pengorganisasian, penerapan, pemantauan serta penilaian.

Kata kunci: Haji, Umrah, Manajemen


Full Text:

PDF

References


Ernie Tisnawati Sulekurniawa dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2005), hlm. 8.

Imam Syaukani (Ed.), Kepuasan Jemaah Haji Terhadap Kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1430 H/2009 M, (Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2011), hlm. 1

https://kbbi.web.id/layan

Andi Intan Cahyani. "Pelaksanaan Haji Melalui Penerapan Formal Dalam Peraturan Haji Di Indonesia." El-Iqtishady, Vol. 1, No. 2 (2019): hlm 40.

Fikri, Faiz, And Al Fahmi. "Perspektif Hukum Islam Dan Sejarah Peradaban Islam (Studi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 Tentang Pembatalan Keberangkatan Ibadah Haji)" Vol. 19, No. 2 (2021): hlm 82-83.

Hidayat, Wahyu, And Agus Sarono. "Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Jasa Umroh Atau Haji Dalam Perbuatan Melawan Hukum." Jurnal Notarius 15, No. 1 (2022): 291.

Idawati, Ma. "Persoalan-Persoalan Kontemporer Yang Terjadi Dalam Pelaksanaan Ibadah Haji." Jurnal Warta, Vol. 51, No. 9 (2017)


Muhammad Noor. "Haji Dan Umrah." Jurnal Humaniora Dan Teknologi 4, No. 1 (2018): 38.

Nursilaturahmah. Hukum Badal Haji Dan Umrah. Karanganyar: Intera, Smart Media Prima, 2020.

Nuri, Muhammad. "Pragmatisme Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Indonesia." Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, Vol. 1, No. 1 (2014): hlm 145.

Puspita, Yulia Winda. "Perlindungan Hukum Bagi Jamaah Haji Dan Umrah Terhadap Pelayanan Agen Travel Di Indonesia." Jurnal Justice 3, No. 1 (2021): 47-48.

Retno Widyani, Mansyur Pribadi. Panduan Ibadah Haji Dan Umrah.

Sleman: Swagati Press, 2010.

Ruswandana, Nathasya Victoria, And Bambang Eko Turisno. "Penyelenggara Ibadah Haji Khusus." Diponegoro Law Journal, Vol. 5, No. 8 (2016): hlm 10.

Khalid Abu. - . Kamus Arab Al-Huda Arab-Indonesia Disertai Cara Membacanya. Surabaya:

Fajar Mulya.

Tim Dep.Agama & Fisip-Ut. 2004. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Supian. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Departemen Agama RI. 2010.

Bandung: Cv Penerbit Diponegoro.


Al-Albani Nashiruddin. 2003. Ringkasan Shahih Bukhari. Jakarta: Gema Insansi Press.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggara Haji. 2001. Fiqih

Haji. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesi.

Syarifuddin Amir. 2010. Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta: Prenada Media Grub.

Sarwati Ahmad. 2011. Haji & Umroh: Seri Fiqh Kehidupan(6).

Jakarta: DU Publishing.

Afifudidin. 2015. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sarinah, Mardalena. 2017. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Wijaya Candra, Muhammad Rifa`i. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan

Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. Medan: Perdana Publishing.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan.

Yogyakarta: Pustala Pelajar.

Syamsudin Amir. 04 Agustus 2017. Pelayanan Publik dan Birokrasi Pemerintahan, dikutip dalam artikel Bahan Ajar Mata Kuliah

Seksi penyelenggara Haji dan Umroh. 2013. Petunjuk Pelayanan, Pembinaan dan

Perlindungan Bagi Jemaah Calon Haji. Bandung: Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v7i2.16503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

https://venator.edu.pl/

http://ametconstruct.pl/

toto macau

https://dobraprzestrzen.edu.pl/

https://chars.edu.vn/

slot gacor

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor