Strategi Pengumpulan Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Rokan Hulu
Siti Heri Mustika
(UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Agus Salim Lubis
(UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Yuli Eviyanti
(UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Abstract
Strategi merupakan kunci pokok pada sebuah lembaga atau organisasi dalam menarik pelanggan atau masyarakat. Keberhasilan Badan Amil Zakat Nasional dalam mengumpulkan zakat dapat dilihat dari langkah-langkah atau cara-cara yang dilakukan. Oleh sebab itu, peneliti ingin melihat strategi Badan Amil Zakat Nasional dalam pengumpulan zakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi BAZNAS dalam pengumpulan zakat?, Bagaimana hasil pengumpulan zakat di BAZNAS? dan Apa faktor penghambat dan pendukung BAZNAS dalam pengumpulan zakat?. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan klasifikasi data, reduksi data, koding dan editing data. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional dalam pengumpulan zakat ialah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, mendatangi dan menjemput zakat, dan mengenakan zakat kepada UMKM dan menyediakan rekening zakat. Hasil pengumpulan zakat yang didapatkan oleh Badan Amil Zakat Nasional mengalami peningkatan setiap tahunnya dikarenakan adanya peningkatan muzakki dari pemberian sosialisasi kepada masyarakat. Faktor penghambat Badan Amil Zakat Naisonal dalam mengumpulkan zakat ialah kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar zakat dan kebiasaan masyarakat yang membayarkan zakatnya setiap setahun sekali. Sementara faktor pendukungnya ialah adanya surat keputusan bupati dan surat Kementrian Agama.