Manajemen Pelatihan Dakwah Dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah Santri Di Pondok Pesantren Darul Arafah Raya

Jihad Al-qadri Ginting (UIN Sumatera Utara, Indonesia)
Soiman Soiman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Abstract


Aktivitas dakwah mengalami perluasan jangkauan yang tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu di era teknologi ini. Siapa pun kini dapat menyampaikan dakwah melalui berbagai media, baik secara langsung maupun daring. Namun, kondisi ini juga menimbulkan tantangan baru, khususnya dalam menjaga kualitas dan arah dakwah agar tetap sesuai dengan nilai-nilai Islam yang benar dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelatihan dakwah santri dalam menyiapkan pelaku dakwah di Pondok Pesantren Darul Arafah Raya, dengan fokus pada empat aspek utama, yaitu: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pengaktualisasian, dan (4) pengawasan serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren sebagai pusat pendidikan Islam juga memiliki peran penting dalam mendorong pola dakwah semacam ini. Dengan memperbarui kurikulum, mengintegrasikan metode narasi dan kisah, serta mengoptimalkan teknologi komunikasi, pesantren tidak hanya mencetak penghafal ilmu, tetapi juga melahirkan kader da’i yang kreatif, inovatif, dan siap bersaing di tengah masyarakat modern. Hal ini menjadikan pesantren bukan hanya tempat menimba ilmu agama, tetapi juga pusat lahirnya gagasan dakwah yang mampu menjawab tantangan zaman.

Keywords


Pelatihan Dakwah,Manajemen,Santri,Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Andika, R. R., Jurnal, K., Sosial, I., Andika, R. R., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Analisis Lingkungan Sosial Pesantren Terhadap Kemandirian Santri. 2(2), 399–404.

Asbi, M., Firdaus, S. F., & Hamidah, L. (2025). STRATEGI DAN PENDEKATAN DAKWAH DI ERA DIGITAL PADA PEMIKIRAN AL BAYANUNI. Jurnal An-Nida, 17(1), 15–26. https://www.wattpad.com/683564280-

Azani, A. J. S. M. Z. S. H. (2022). Peran Ustadzah dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an. ISEEDU, 6(2), 212–223.

Charnov, P. J. M. & B. H. (2000). Management (Third Edition). Bagian Dari Barron’s Business Review Series, 617.

Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). Management: Meaning & Definitions. Tidak Tercantum Nama Jurnal; Dokumen Ini Merupakan Artikel Ringkasan/Kompilasi Definisi Manajemen, 13 halaman (1–13).

Dr. Muchlis Muhammad Hanafi, Huzaemah T. Yanggo, Muhammad Chirzin, M. A., Rosihan Anwar, Ahsin Sakho Muhammad, Abdul Ghafur Maimun, Malik Madani, Amir Faishol, Abbas Mansur Tamam, Lilik Ummi Kaltsum, Amalia, Dora, Abdul Gaffar Ruskhan, Sriyanto, Amran Purba, & Syarfuan, J. P. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya: Edisi Penyempurnaan 2019. Al-Qur’an Dan Terjemahannya: Edisi Penyempurnaan, Tidak ada(Tidak ada), 950.

Garcia, A. R., Filipe, S. B., Fernandes, C., Estevão, C., & Ramos, G. (2021). Peran Mentor dalam Pengembangan Dakwah Santri. 9(2), 135–148.

Hayashi, C. (2014). Transformative Learning in Action. Realizing Autonomy, 74, 5–12. https://doi.org/10.1057/9780230358485.0015

Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474

Jasmi, K. A. (2021). Tafsir Ibnu Katsir tentang Ali Imran ayat 104. October, 104–112. Artikel/Jurnal tafsir dan studi Al-Qur’an yang memuat penjelasan ayat ini.

Kaehler, B., & Jens Grundei. (2019). EHR Governance. HR Governance: A Theoretical Introduction, 27. https://doi.org/10.4324/9781003008408

Kurt Schoch. (2020). Case Study Research (Chapter 16, in Selected Research Designs and Approaches). Education and Training in Solution-Focused Brief Therapy, 245–258. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226983592.003.0001

Manado, I. (2021). Revitalisasi Kurikulum Dakwah di Era Digital. Jurnal Komunikasi Islam, 9(3), 452–457.

Mely Sahtriani, & Mutiawati. (2025). Penerapan Prinsip Manajemen Dakwah dalam Meningkatkan Kualitas Muhadhoroh di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an dan Hadist Al Faiz. Al-Mutsla, 7(1), 399–421. https://doi.org/10.46870/jstain.v7i1.1724

Mišún, J., Novysedlák, M., & Hudáková, I. M. (2023). The Fundamentals of Management and Their Possible Changes Due to the Impact of the COVID-19 Pandemic (Issue September).

Moleng. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Vol. 11, Issue Maret). https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw

Mudlofir, A. (2022). Integrasi Materi Keislaman dan Wawasan Sosial dalam Kurikulum Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, Vol. 4, No, 89–104. https://doi.org/https://doi.org/j8xdv

Nadeem, M. (2024). Distributed leadership in educational contexts: A catalyst for school improvement. Social Sciences and Humanities Open, 9(February), 100835. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100835

Naufal, M. S. (2021). Studi Pemikiran Imam Al-Qurthubi Terhadap Ayat-ayat Al-ITSM. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 18–19.

Nurhalimah. (2021). Pengembangan Kurikulum Pelatihan Dakwah dengan Pendekatan Multidisiplin. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 44(1), 37–50.

Nurmela, S., Rifa’i, A. B., & Herman, H. (2016). Manajemen Pondok Pesantren Salafiyah dalam Meningkatkan Kualitas Santri. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(4), 390–406. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i4.147

Rismadewi, P. A., & Yuniarta, N. M. A. W. R. (2024). The Effect of Audit Tenure, Audit Fee, and Audit Committee on Audit Quality. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, 19(1 (January)), 1–17.

Rizki, J. W. S. E. Z. S. (2021). Manajemen Komunikasi Dakwah Pemberdayaan Masyarakat melalui Lazisnu Kota Padangsidimpuan. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 21(2), 132–149.

Robbins & Coulter. (2012). Management. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Sethi, N. K. (1962). Mary Parker Follett: Pioneer in Management Theory. Academy of Management Journal, 5(3), 214–221. https://doi.org/10.2307/254473

Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP Evaluation Model Checklist (Second Edition). Evaluation Checklists Project – Western Michigan University, Tidak ada(Tidak ada), 1–16.

Suci Ramadhani & Ruslan Padli (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, K. M. (2023). Dakwah Bil-Qashas : Analisis Metode Dakwah pada Buku The Untold Islamic History 2 Karya Edgar Hamas. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 23(November), 111–128.

Sugiarto. (2023). Narasi Reflektif dalam Pembentukan Karakter Da’i”. Jurnal Pendidikan Dakwah, 3, 100–113.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v7i2.17226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats