Stand Up Comedy sebagai Komunikasi Publik dalam Menyampaikan Dakwah: Analisis Konten Kuliah Antum Dzawin

Nur Rovida femila (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Abiidah Nafisa Fiqriyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Luluk Ilma Inun (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Abdullah Sattar (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)

Abstract


Keterkaitan komunikasi publik dan retorika dakwah penting dalam menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Jika, pesan dakwah tidak ada maka tidak akan terjadi proses komunikasi publik. Perkembangan media akan memberikan perubahan terkait konsep dakwah pada masa ini. Penerapan komunikasi pubik dalam proses dakwah di masa konvensional telah dimodifikasi dengan memaksimalkan pemanfaatan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Dzawin, membangun komunikasi publik melalui retorika dakwah dalam konten Kuliah antum di kanal Youtube miliknya yang diambil dari tiga video yang diunggah pada Maret 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisi isi, serta memanfaatkan teori retorika Aristoteles yang mencakup tiga aspek utama: ethos (kredibilitas), pathos (emosi), dan logos (logika). Hasil penelitian menunjukkan Dzawin berhasil mengemas pesan dakwah dengan pendekatan retoris yang kuat dengan menampilkan kredibilitas personal sebagai lulusan pesantren, membangun kedekatan emosional lewat humor dan cerita kehidupan, serta menyampaikan pesan keislaman yang mudah dimengerti audiens memlaui ayat Al-Qur’an dan pepatah Arab. Konten Dzawin berhasil mengemas pesan dakwah dalam bentuk komnikasi publik yang modern, ringan, dan mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan perpaduan stand up comedy dan dakwah melalui platforn digital menjadi strategi efektif untuk menjangkau audiens lebih luas di era dakwah masa kini.


Full Text:

PDF

References


Aini, Noviana. “Pemanfaatan Media Dakwah Platform Digital Di Era Generasi Z.” Jurnal Studi Islam Lintas Negara 5, no. 2 (2023): 109–16.

Aisyah, Meidy. “Ethos, Pathos, Logos, Dan Komunikasi Publik: A Systematic Literature Review.” Jurnal Darma Agung 30, no. 3 (2022).

Alfianti, Dinda Tiara. “Retorika Dakwah Dzawin Nur Ikram Dalam Stand Up Comedy,” 2016.

Alviyanti, Risma, and Nur Hidayat Muh Said. “Respon Publik Terhadap Strategi Dakwah Melalui Stand Up Comedy Pada Platform YouTube.” Concept: Journal of Social Humanities and Education 4, no. 1 (2025): 21–31.

Asri, Rahman. “Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).’” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1, no. 2 (2020): 74.

Creswell, J. W. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dam Campuran. 4 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Elhany, Hemlan, and Wawan Trans Pujianto. “Relevansi Retorika Dan Komunikasi Dalam Aktivitas Dakwah.” Ath-Thariq 05, no. 02 (2021): 209–21.

Mamis, Subria. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Baru Dalam Komponen Pembelajaran.” Al-MUNZIR 13, no. 2 (2020): 253.

Meiranti, Mike. “Modifikasi Penerapan Konsep - Konsep Dasar Komunikasi Publik Dalam Kegiatan Dakwah Kontemporer.” INTERCODE – Jurnal Ilmu Komunikasi 02, no. 01 (2022): 1–7.

Mucharam, Achmad. “Membangun Komunikasi Publik Yang Efektif.” Jurnal Ilmu Komunikasi 27, no. 1 (2022): 71–82.

Prasongko, Wahyu Agung, Siti Aisyah, Arif Muhammad Roziqin, and Riska Furi Andriani. “Evaluasi Komunikasi Publik Dalam Dakwah (Analisis Konten Dakwah Gus Idam Di Media Sosial Youtube Short Dan Tik Tok Edisi April 2024).” J-Kis; Journal Komunikasi Islam 5, no. 1 (2024): 69–88.

Rakhmat, Jalaluddin. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1998.

Saleh, Muhammad, and Risma Listia. “Urgensi Retorika Dalam Perspektif Komunikasi Islami.” Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam 12, no. 1 (2022): 1–16.

Stabita, Agusti Bela. “Retorika Dakwah Komika Dzawin Nur Ikram Dalam Konten Penjara Suci,” 2023.

Tasmana, Toto. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000.

Udin, MS. Retorika Dan Narasi Dakwah Bagi Pemula. Sanabil. Vol. 1, 2019.

Wulan, E P S, P J Pattiasina, B A Putra, and T Arianto. Retorika Dan Dialektika Komunikasi Publik, 2024. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=pGUdEQAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA1%5C&dq=dialektika+komunikasi%5C&ots=sOzNfMSFG_%5C&sig=J_WgWeSwDY4V6tpDajEo90Jk8jY.




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v7i2.17687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

https://venator.edu.pl/

http://ametconstruct.pl/

toto macau

https://dobraprzestrzen.edu.pl/

https://chars.edu.vn/

slot gacor

situs toto

slot gacor

slot gacor

slot gacor

slot gacor