Manajemen Strategis Travel Haji dan Umrah di Mataram (Studi Komparasi : Manajemen Oprasional, Pelayanan dan Pemasaran)

Muhammad Syaoki (Universitas Islam Negeri Mataram)

Abstract


Penilitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan dua travel penyelengara travel haji dan umrah yang memiliki peminat jamaah yang banyak di Mataram. Dua travel itu adalah PT.  Mahisa Mataram dan PT. Muhsinin Mataram. Mahisa yang berdiri pada tahun 2021 mampu memperoleh 380 jamaah pada tahun 2022 sedangkan Muhsinin berdiri pada tahun 2014 sebagai provider visa satu-satunya di NTB dan memperoleh jamaah pada tahun 2022 ini sebanyak 556. Keberhasilan kedua travel menarik jamaah tidak terlepas dari manajemen strategis yang baik terutama dalam manajemen operasional, pelayanan dan pemasaran. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Strategis (manajemen operasional, pelayanan dan pemasaran PT. Mahisa Mataram dan PT. Muhsinin Mataram) dan Komparasi manajemen operasional, pelayanan dan pemasaran PT. Mahisa Mataram dan PT. Muhsinin Mataram. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan jenis penelitian kulitatif yang bersifat komparatif dengan menggunakan data primer dan sekunder yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ternyata di kedua travel secara keseluruhn memiliki manajemen strategis yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen strategis mulai dari manajemen operasional, manajemen pelayanan dan manajemen pemasaran. Namun yang membedakan adalah cara pelayanan, fasilitas dan seberapa sering dari kedua travel memberangkatakan dalam sebulan.

Full Text:

PDF

References


Amir Syarifudin, Garis-Garis Besar Fiqih, Jakarta : Prenadamedia Group 2013.

Azalia Mutammimatul Khusna, ”Hakekat Ritual Ibadah Haji dan Maknanya Berdasarkan Pemikiran William R.Roff”, An-Nas : Jurnal Humaniora, Vol.2,Nomor 1, Maret 2018.

Devi. Dkk. Analisis Strategi Bisnis Pada PT. Gancia Citra Rasa, Jurnal eskutif, Vol.14.No. 2, 2017

Efva Octaviana Donata Gozali, “ Implementasi Penyajian Laporan Keungan Berbasis SAK ETAP”, Jurnal: Manajajemen dan Bisnis Sriwijawa, Vol. 15. No. 1, tahun 2017

Fadilah Ilham Mulkim “ Kajian Hukum IIslam Terhadap Kebijakan Pemerintah Atas Pemberian Kouta Lebih Terhadap Jamaah”, Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 1, no.7, 2021.

H. Murdifin dkk, Manajemen Produksi Medern Operasi Monufaktur dan Jasa, Jakarta: PT.

Hery Prasetya dan Lukiastuti, Manajemen Oprasi, Yogyakarta : Media Pressindo, 2009

Ida Nuraini, Pengantar Ekonomi Mikro, Malang: Universitas Muhamadiayah Malang, 2016

Indra Mahardika Putra, Panduan Mudah Menyusun SOP, Jakarta : PT. Anak Hebat Indonesia,2019

Iwan Giwangkara, Cara Mudah Berbisnis Travel Umrah dan haji khusus”, Jakarta: PT. Alex Media Kompotindo, 2018

Kris Banarto, Tranformasi HRD dalam Bisnis, Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama, 2021

Lailul Musyidah dan Ilmi Usrotin Choiriyah, Manajemen Pelayanan Publik, Jawa timur : UMSIDA Press, 2020

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendakatan Proposal , Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Marianti Rahaman, Ilmu Administrasi, Makassar: CV Sah Media, 2017

Muty Yusuf, Metodelogi Penelitian, Padang : UNP Press, 2005

Philip Kothler, Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, (Jakarata : PT. Indeks Kelompok Gremidia, 2005

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama 2008

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Gelora Aksara Pratama, 1996

Rahman Rahim dan Enny Radjab, Manajemen Bisnis, Makasar : Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan,2017

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistika, Bandung : Alfabeta, 2007

Robert Tampubolon, Sinergi 9 Kekuatan, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo, 2007

Said Agil, Fiqih Haji Mencapai Jamaah yang Mabrur, Jakarta: Cipatut Press, 2003

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alvabeta Cv 2014.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Syahrul dkk, Pengantar Bisnis, Bandung : Widina Bhakti Persada bandung, 2022

Taufiqurrahman, Manajemen Strategik, Jakarta Pusat : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 2016

Zuriani Ritonga, Manajamen Strategi (Teori dan Aplikasi),Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama, 2020




DOI: https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.7138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats