MEDIATISASI HADIS DI INSTAGRAM: PEMAKNAAN HADIS DALAM AKUN @KPRSYARIAH.CO.ID DAN @KREDITRUMAHSYARIAH.INFO

Yeni Amalia Lubis (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Sawaluddin Siregar (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


 Abstract

Penyampaian hadis yang seharusnya bersifat netral, moderat dan menenangkan ternyata dalam akun @kprsyariah.co.id dan @Kreditrumahsyariah.info dijadikan sebagai bahan promosi untuk kepentingan sistem marketing. Tulisan ini bertujuan untuk menelaah teks hadis dalam akun @Kprsyariah.co.id dan @Kreditrumahsyariah.info di Instagram yang termuat dalam bentuk meme hadis dan video yang mengakibatkan dangkalnya pemahaman masyarakat dalam memaknai hadis. Selain itu, akan ditelusuri bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan hadis dalam dua akun ini serta kualitas hadis yang digunakan. Kesimpulan yang diperoleh bahwa akun @Kprsyari’ah.co.id dan @Kreditrumahsyariah.info menggunakan hadis dan narasi keagamaan untuk menaikkan sistem marketing kredit penjualan rumah (KPR) kepada masyarakat. Mediatisasi meme hadis melalui dua akun ini dapat memberikan dampak positif dan negatif dikarenakan kecepatan informasi melalui kemasan gambar dan video yang menarik akan lebih memudahkan masyarakat mempelajari agama. Di sisi lain, cepatnya laju teknologi dan keterbatasan caption dalam meme akan mempersempit makna hadis. Sehingga unggahan meme hadis dalam kedua akun ini membuktikan bahwa penggunaan hadis hanya untuk meningkatkan branding kredit penjualan rumah dengan lebel syariah.

 

            Kata Kunci: Mediatisasi, Hadis, @Kprsyariah.co.id, @Kreditrumahsyariah.info, Akun Instagram

 

Abstrak

            The presentation of hadith which should be neutral, moderate and calming turns out to be used in the kprsyariah.co.id and @Kreditrumahsyariah.info accounts as promotional material for the benefit of the marketing system. This article aims to examine the hadith texts in the Kprsyariah.co.id and @Kreditrumahsyariah.info accounts on Instagram which are published in the form of hadith memes and videos which result in shallow public understanding of the meaning of hadith. Apart from that, we will explore the positive and negative impacts of using hadith in these two accounts as well as the quality of the hadith used. The conclusion obtained is that the @Kprsyari'ah.co.id and @Kreditrumahsyariah.info accounts use hadith and religious narratives to improve the home sales credit (KPR) marketing system to the public. Mediatization through hadith memes here can have positive and negative impacts, the speed of information through attractive image and video packaging will make it easier for people to learn about religion. On the other hand, the fast pace of technology and limited captions in memes will narrow the meaning of hadith. So the uploading of hadith memes in these two accounts proves that the use of hadith is only to increase the branding of house sales credit with sharia labels.

 

             Keywords: Mediatization, Hadith, @Kprsyariah.co.id, @Kreditrumahsyariah.info, Instagram Account

 

 

 

 


Keywords


Kata Kunci: Mediatisasi, Hadis, @Kprsyariah.co.id, @Kreditrumahsyariah.info, Akun Instagram

Full Text:

PDF

References


“2023 Edelman Trust Barometer,” n.d.

Alu mubarak, Syarah: Syaikh Faishal, and Takhrij: Syaikh Nashiruddin Al-Bani. Imam An-Nawawi Riyadhus Shalihinn Dan Penjelasannya. Jakarta: Ummul Qura, 2014.

“Analisis Tingkat Pemahaman KPR Syariah Pada Bank Syariah Di Indonesia: Studi Pendahuluan | Binus Business Review.” Accessed November 24, 2023. https://journal.binus.ac.id/index.php/BBR/article/view/1010.

Andariati, Leni. “Hadis dan Sejarah Perkembangannya.” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 2 (April 13, 2020). https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680.

Elis Mila Rosa, NIM : 20205032036. “Representasi Pemaknaan Hadis Di Media Sosial (penggunaan Hadis Untuk Marketing Di Instagram).” Masters, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2023. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56865/.

Firmansyah, Siddik, and Marisa Rizki. “Hadis Dan Media Sosial Sebagai Alat Da’wah Di Instagram: Study Ilmu Hadis.” Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya 5, no. 2 (October 27, 2023): 86–97. https://doi.org/10.31958/istinarah.v5i2.8279.

Hjarvad, Stig. “(PDF) The Mediatization of Society A Theory of the Media as Agents of Social and Cultural Change.” Nordicom Reveuw 2, 2008. https://www.researchgate.net/publication/242319277_The_Mediatization_of_Society_A_Theory_of_the_Media_as_Agents_of_Social_and_Cultural_Change.

HR. Bukhari No. 2393, Muslim No. 3003. “إن خياركم أحسنكم اء.” Maktabah Syamilah, n.d. Accessed November 21, 2023.

Kholidah, Nur. “Sejarah Perkembangan Hadis.” Dhiya Al-Afkar Vol. 01, No. 01 (n.d.).

Kprsyariah.co.id. “اللهم إني أعوذبك من الهم والحزنو والعجز والكسل والبخل والجبن وضلع الدين وغلبة الرجال. HR. Al-Bukhari 7/158.” Meme. Accessed November 21, 2023. https://instagram.com/kprsyariah.co.id?igshid=MzMyNGUyNmU2YQ==.

“Kredit Rumah Tanpa Riba (Kprsyariah.Co.Id).” Foto dan meme Instagram. Accessed November 19, 2023. https://instagram.com/kprsyariah.co.id?igshid=MzMyNGUyNmU2YQ==.

Mundzir, Muhammad. “Gender Construction in Manhaj Salaf’s Account: A Study of Hadith Content on the Existence of Women in Public Sphere | DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies.” Accessed November 5, 2023. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/dinika/article/view/4073.

“Muhammad Mundzir Doli Witro Moh. Nailul Muna Asa’ari Muhamad Yusuf.” Journal for the Study of Religions and Ideologies 22, no. 64 (2023).

Pangestu, Perdana Putra. “Efektivitas Dakwah Hadis dalam Media Sosial: Analisis atas Teori Framing Robert N. Entman.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6, no. 1 (June 24, 2021): 67–82. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2958.

“(PDF) The Mediatization of Society A Theory of the Media as Agents of Social and Cultural Change.” Accessed December 2, 2023. https://www.researchgate.net/publication/242319277_The_Mediatization_of_Society_A_Theory_of_the_Media_as_Agents_of_Social_and_Cultural_Change.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3, no. 1 (August 7, 2019): 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.

Qudsy, Saifuddin Zuhri, Irwan Abdullah, and Mustaqim Pabbajah. “The Superficial Religious Understanding in Hadith Memes: Mediatization of Hadith in the Industrial Revolution 4.0.” Journal for the Study of Religions and Ideologies, November 28, 2021, 92–114.

Sadly, Effendi. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Perkembangan Metode Dakwah Islamiyah Di Indonesia,” n.d.

Saefudin, Maulana Wahyu. “Konten Hadis Di Media Sosial : Studi Content Analysis Dalam Jejaring Sosial Pada Akun Lughoty.Com, @RisalahMuslimID, Dan @thesunnah_path.” Jurnal Publikasi Ilmu Ushuluddin 1, no. 3 (August 15, 2021). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpiu/article/view/13580.

Shari, Mira Fitri. “Bentuk Mediatisasi Hadis Berupa Video: Respon Netizen Terhadap Video Pendek Mengenai Hadis Di Aplikasi Tiktok.” Jurnal Moderasi 1, no. 2 (December 27, 2021): 169–84.

“The Superficial Religious Understanding in Hadith Memes: Mediatization of Hadith in the Industrial Revolution 4.0 | Journal for the Study of Religions and Ideologies.” Accessed May 11, 2024. https://thenewjsri.ro/index.php/njsri/article/view/104ا




DOI: https://doi.org/10.24952/alfawatih.v5i1.11125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Flag Counter


Diterbitkan Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km, 4,5 Sihitang Padangsidimpuan

image host

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

StatCounter - Free Web Tracker and Counter