Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas Tinggi yang Berbahasa Ibu Bahasa Batak

Eva Juliana (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Afrilliani Nasution (, Indonesia)
Rima Apleni (, Indonesia)
Rica Syahriani (, Indonesia)

Abstract


Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan jenis kesalahan sintaksis yang terjadi pada kalimat tunggal dalam karangan deskripsi yang ditulis oleh siswa yang memenuhi standar akademik tinggi, dan (2) menjelaskan jenis kesalahan sintaksis yang terjadi pada kalimat majemuk yang ditulis oleh siswa yang memenuhi standar akademik tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas tinggi yang berbahasa ibu Batak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat tunggal dan majemuk bahasa Indonesia yang melanggar bahasa pada tataran sintaksis dalam karangan bebas mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa 13 dari 18 siswa, atau 72 persen dari siswa, melakukan kesalahan dalam karangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas tinggi yang berbahasa ibu Batak melakukan kesalahan sintaksis pada satu kalimat tunggal. Kesalahan sintaksis tersebut adalah (1) kalimat yang tidak gramatikal, (2) kalimat yang tidak padu, (3) kalimat yang tidak efektif, dan (4) kalimat yang dipengaruhi oleh bahasa Batak. Kesalahan sintaksis pada kalimat majemuk setara adalah (1) kalimat majemuk setara yang tidak gramatikal, (2) kalimat majemuk setara yang tidak padu, dan (3) kalimat majemuk setara yang tidak efektif, dan (4) kalimat majemuk setara.

 

Kata kunci: kesalahan sintaksis, karangan bahasa Indonesia, bahasa ibu bahasa Batak


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. et all. 2003. Tata Bahasa Baku Indonesia. Jakarat: Balai Pustaka.

Aminuddin. 2005. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: HISKI Komisariat Malang & YA3.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu, J.S. 2008. Membina Bahasa Indonesia Baku. Bandung: CV Pustaka Prima.

Basuki, Imam Agus.2007. Rancangan Perkuliahan: Analisis Kesalahan Berbahasa. Malang: FPBS IKIP Malang. Bloomfield, Leonard. 2003. Language. New York: Henry and Company.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Enre. 2008. Pengantar Linguistik untuk Guru. Jakarta:PPLPTK, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Hastuti, Sri. 2009. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Mitra Gama Widy

Ibrahim, Syukur. 2003. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia untuk Sekolah Lanjutan Atas. EndeFlores:Nusa Indah.

Mackey, William F.2008. “The Description of Billingualism”, dalam Joshua A. Fishman (ed) Reading in Sociology of Language. Mounton:The Hague.

Mardan. 2000. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Naskah Asli Artikel Mahasiswa yang Terbit di Surat Berkala Komunikasi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Moeliono dan Soejono. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.

Nababan P.W.J. 2004. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia. Platt, John T. And Heidi K.

Platt. 2005. The Significance of Speech: An Introduction to and Workbook in Sosiolinguistics. Amsterdam:North-Holland Publishing Company.

Ramlan, M. 2006. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono. Rusyana, Yus. 2009. Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme). Jakarta: PPLPTK, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Samsuri. 2002. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Sastra Hudaya.

Samsuri. 2007. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga. Soedjito. 2004. Kalimat Efektif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Subyakto, Sri Utarai. 2008. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta:PPLPTK, Dirjen Dikti, Depdikbud. Suyitno, Imam. 2002. Teori Belajar Bahasa. Malang:JPBSI. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung:Angkasa.

Tarihan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung:Angkasa.

Weinreich, Uriel. 2008. Language in Contact. Mouton:The Hague.

Yulianti, Niken. 2005. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Artikel Siswa Kelas VII SMPN 3 Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Finoza, Lamuddin. (2007). Komposisi bahasa Indonesia: Untuk mahasiswa nonjurusan bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia

Kemendikbud. 2022. Salinan SK Kepala Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 0424/I/BS.00.01/2022 tentang

Ejaan Bahasa yang DisempurnakanSetyawati, Nanik. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Surakarta:Yuma Pustaka

Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: DutaWacana University Press

Sugiarto, Eko. (2012). Master EYD. Yogyakarta: Khitah Publishing

Syahputra, E., & Alvindi, A. (2022). Berlakunya Perubahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 160–166

Alwi, Hasan, dkk (2003): Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Jakarta: PT BalaiPustaka




DOI: https://doi.org/10.24952/hatapoda.v2i2.10534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Hata Poda

Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuaan

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary  Padangsidimpuan 22733 e-mail: hatapoda@uinsyahada.ac.id

Link Jurnal: https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/hatapoda

E-ISSN : 2964-6928