Analisis Hierarki Pengaruh Dalam Manajemen Komunikasi Media Medan Bisnis Daily Di Era Digital

Ikhwan Nasution (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Sholeh Fikri (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Mohd Rafiq (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hierarki pengaruh dalam manajemen komunikasi media Medan Bisnis Daily di tengah persaingan media di era digital. Dengan mengambil fokus masalah bagaimana manajemen komunikasi media Medan Bisnis Daily untuk menghadapi persaingan bisnis di era digital. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis teori hierarki Shoemaker dan Reese. Data yang dikumpulkan atau diperoleh dari observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi yang kemudian data tersebut telah diuji keabsahannya melalui teknik teriagulasi. Dari hasil penelitian menemukan bahwa media Medan Bisnis Daily lebih dominan dipengaruhi oleh level rutinitas dalam kerangka teori analisis pengaruh sebagaimana digagas oleh Shoemaker dan Reese, meskipun level individu, organisasi, ektramedia dan ideologi juga memberikan pengaruh yang positif. Manajemen komunikasi yang dilakukan Medan Bisnis Daily dalam mengelola media lebih efektif dengan mengunakan media sosial sebagai alat komunikasi termasuk rapat-rapat redaksi tanpa harus tatap muka. Kebijakan-kebijakan redaksi dilakukan secara daring melalui grup media sosial seperti grup WhatsApp. Strategi manajemen komunikasi Medan Bisnis Daily lebih kepada peningkatan level rutinitas dan individu, pelatihan dan juga pola kemitraan. Menjadikan iklan, kerjasama pemberitaan dan follower sebagai sumber pemasukan perusahaan tanpa mempengaruhi independensi media.

Full Text:

PDF

References


Adelia Masrifah Cahyani. “Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya Dalam Melayani Dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10, no. 1 (10 April 2020): 1–16.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Arrazak Parama Sumbada, “Hirarki Pengaruh Pada Pemberitaan Pilkada DKI Jakarta di Majalah Tempo” (B.S. thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017)

Dian Iskandar Jaelani, “Manajemen Public Relations (Humas) Pendidikan Islam: Kajian Tematik Al Quran Dan Hadits,” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (17 Januari 2019): 57–96.

Dianto, I. (2018). Problematika Pers Lokal Dalam Menghadapi Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Sumatera Barat. Islamic Communication Journal, 3(2), 193–206. https://doi.org/10.21580/icj.2018.3.2.2942

Dianto, I., Bakti, A. F., & Rosyidin, I. (2020). Ideological and Media Discourse Study of Nasrudin Joha’s Political Article. Da’wa, Communication, and Social Development, 1(1), 1–23.

Morissan, “Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi”, Ed. Revisi (Jakarta: Prenada Media, 2018).

Muhammad Pasya Nugraha, “Diversifikasi media massa di era revolusi industri 4.0” (diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019).

Nasrullah Ruli, “Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia)”, (Prenada Media, 2022)

Puspianto, Alim. “Peluang Dan Tantangan Media Massa Di Era Cyber (Perspektif Hypodermic Needle Theory Dan Uses and Gratification Theory).” An-Nida’: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 10, no. 2 (1 Maret 2022): 22–45.

Redaksi, https://www.medanbisnisdaily.com/aboutus

Rizki Ikhwal, “Hierarki Pengaruh Pemberitaan Vaksin COVID-19 di Detik.com” (bachelorThesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021).

Shoemaker, Pamela J dan Stepen D. Reese. “Mediating The Message, Theories of Influences on Mass Media Content.” New York: Longman Publisher, 1996.

Silvia,"Manajemen Media Massa", (Scopindo Media Pustaka, 2021).

Stephen D. Reese & Pamela J. Shoemaker, “A Media Sociology for the Networked Public Sphere: The Hierarchy of Influences Model”, (Published Online,02 May 2016).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Ummah, “Manajemen Industri Media Massa,” Syiah Kuala University Press, 2022).

Widayati dan Fedianty Augustinah, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang,” Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial 4, no. 2 (15 Oktober 2019): 1–20.

Zamroni Mohammad, “Relasi Kuasa Media Politik: Kontestasi Politik dalam Redaksi Berita Televisi”, (Prenada Media, 2022).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dikelola dan Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

PASCASARJANA PROGRAM MAGISTER

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Jln. T. Rizal Nurdin KM4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Email: ittishol@uinsyahada.ac.id