Pengaruh Media Massa Merdeka.com terhadap Persepsi Masyarakat Muslim Tentang Fesyen

Erwin Efendi (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Juni Wati Sri Rizki (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak Merdeka.com terhadap persepsi masyarakat Muslim mengenai fesyen, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode survei. Media massa seperti Merdeka.com memiliki peran signifikan dalam menyebarkan informasi fesyen yang merupakan bagian dari budaya populer global. Dalam masyarakat Muslim, fesyen sering kali dipengaruhi oleh norma-norma agama, namun tren yang disajikan media dapat membentuk persepsi dan sikap mereka. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei terhadap pembaca aktif Merdeka.com serta analisis konten fesyen yang diterbitkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merdeka.com memengaruhi keterbukaan masyarakat Muslim terhadap tren fesyen, meskipun terdapat usaha untuk menyesuaikannya dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini mengungkap interaksi antara fesyen dan nilai-nilai religius dalam kehidupan masyarakat Muslim yang terus berkembang seiring dengan eksposur media massa.


Keywords


Mass media, Merdeka.com, fashion

Full Text:

PDF

References


Abbas, Mardhiah, Nurliana Damanik, and Nurmi Nurmi. 2020. “Fenomena Fashion Syar’I Sebagai Trend Budaya Menurut Akidah Islam (Studi Analisa Di Unimed Pada Fakultas Seni Dan Budaya).” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 2(2). doi: 10.51900/alhikmah.v2i2.8812.

Agustina, Isye, and Panji Firman Rahadi. 2022. “Representasi Makna Dan Nilai Gaya Busana Preman Pada Tokoh Film Preman Pensiun.” Jurnal Seni Nasional Cikini 8(1):13–22. doi: 10.52969/jsnc.v8i1.134.

Amaliya, Rizki, Siti Nurbayani K, and Fajar Nugraha Asyahidda. 2023. “Kekerasan Berbasis Gender Online Dalam Fenomena Akhwat Hunter : Objektifikasi Perempuan Berpakaian Syar’I.” Jurnal Analisa Sosiologi 12(3). doi: 10.20961/jas.v12i3.70853.

Ardha, Berliani. 2014. “Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia.” Jurnal Visi Komunikasi 13(01):105–20.

Arief, Annisa Gusridina, Ike Junita Triwardani, and Oji Kurniadi. 2024. “Motif Dan Makna Endorsement Bagi Pelaku Bisnis Produk Fashion Wanita.” Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 7(3):345–57. doi: 10.37329/ganaya.v7i3.3129.

Bharata, Bonaventura Satya. 2022. “Bahasa Pada Pemberitaan Indonesia-Malaysia.” Universitas Atma Jaya Yogyakarta 9(3):269–82.

Devi Anandita. 2016. “Konsumsi Tanda Pada Fashion Hijab.” 1–23.

Dianto, Icol. 2022. “Konversi Agama Dalam Perdebatan Akademis.” Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(1):39–62. doi: 10.24952/bki.v4i1.5184.

Faizal, Mochammad, and Nurul Arifin Aristarini. 2020. “Perancangan Portal Berita Daring Magazinc! Sebagai Media Informasi Mahasiswa.” Jurnal Bahasa Rupa 4(1):28–41. doi: 10.31598/bahasarupa.v4i1.606.

Hasan, A., Handayani, N., Lubis, M. R., Harahap, A. P. H., Effendi, E., Husen, Y., Fajri, A., Pane, G. S., Saragih, S., Dalimunthe, A., Siregar, M. H., Hasibuan, H., & Dianto, I. (2023). Hukum dan etika penyiaran. Jakarta: Dialektika Institute.

Hatta, Juparno. 2023. “Konten Islam Di Media Televisi: Spiritualitas Atau Pemasaran?” JRF: Journal of Religion and Film 2(2):275–92.

Husna, Zida Zakiyatul. 2021. “Perkembangan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram.” Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 5(2):197. doi: 10.32332/ath_thariq.v5i2.3539.

Indrisetiawati, Dwi, Elis Puspitasari, and Mintarti. 2023. “Kontroversi Pemakaian Turban Sebagai Jilbab Di Kalangan Mahasiswa.” Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development 5(2):160–73.

Khoirunnisa, Khoirunnisa, and Udi Rusadi. 2023. “Pola Perdagangan Politik Dalam Media: Evaluasi Ekonomi Politik Terhadap MNC Media Group Dalam Komodifikasi Keberpihakan Politik.” PROMEDIA (Public Relation Dan Media Komunikasi) ISSN 2460-9633 9(2):281–306.

Kusuma, Yanti Yandri. 2021. “Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi Covid-19 Di SD Pahlawan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3(2):50–55. doi: 10.31004/jpdk.v3i2.1633.

Kusumaningsih, Rila. 2023. “Rila Kusumaningsih.” 2(1):9–22.

Marzuki, Imam. 2012. “Peran Politik Umat Islam Di Perancis.” Jurnal Agama Dan Hak Azazi Maznusia 1(2):153–92.

Merdeka.com. (2024, November 20). Tren Modest Fashion 2025: Motif bunga, warna pastel dan monokrom tampil mendominasi. https://www.merdeka.com/

Merdeka.com. (2024, November 8). Kiat memilih busana Muslim yang nyaman dan antibau badan. https://www.merdeka.com/

Merdeka.com. (2024, Agustus 20). Kolaborasi dengan selebritas jadi strategi bidik pasar premium busana Muslim. https://www.merdeka.com/

Merdeka.com. (2024, Agustus 11). Busana Muslim karya desainer AMANAH tampil di Muffest 2024. https://www.merdeka.com/

Nadin, Agus Muhammad, Gunawan Ikhtiono, Bogor Jl Sholeh Iskandar, Kedung Badak, Tanah Sereal, Kota Bogor, and Jawa Barat. 2019. “Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online.” Journal of Communication Science and Islamic Da’wah 3(1):76–87.

Purnomo, Ekawati, Budi Haryono, and Januar Heryanto. 2025. “Peningkatan Kualitas Instagram Sekolah Untuk Menambah Engagement Di Akun Instagram SMA Cita Hati School Surabaya.” 10(1):64–76.

Rafiq, Mohd., and Icol Dianto. 2025. “Da’i Fashion And Non-Verbal Communication: Public Perspectives in Southern Tapanuli.” Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies 9(1):1. doi: 10.30821/jcims.v9i1.21095.

Solihin, Mohammad, and Novi Kurnia. 2017. “Pemaknaan Konflik Pabrik Semen Kendeng Dalam Framing Media Berita Online Kompas.Com Dan Suara Merdeka.Com.” Jurnal Ilmu Komunikasi 15(1):16. doi: 10.31315/jik.v15i1.2151.

Sri Rizki, Juni Wati. 2023. “Social Media as Tools of Communication and Learning.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 15(1):391–404. doi: 10.37680/qalamuna.v15i1.2429.

Sri W R Situmorang, Elly Prihasti Wuriyani, and Malan Lubis. 2024. “Wacana Kecantikan Dalam Iklan Pantene: Kajian Kritis Norman Fairclough.” Simpati 2(3):67–75. doi: 10.59024/simpati.v2i3.809.

Sudrajat, T., and L. Rohida. 2022. “Efek Media Massa Dalam Pembentukan Opini Publik Di Masa Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (2):519–24.

Syamsul Bahri1, Arif Rahman2. 2022. “Komunikasi Politik Yang Adaptif Melalui E-Government Di Tengah Perubahan Metode Kampanye Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Tolitoli Di Bawah Ancaman Wabah Corona Virus Disease 19.” Jurnal Analisis Sosial Politik 1(2):148–71.

Zahra, Fatimah, Nurul Mustaqimmah, and Muhammad David Hendra. 2020. “Kekuatan Media Digital Pada Pembentukan Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Moarmy Pekanbaru).” Komunikasiana: Journal of Communication Studies 2(2):123. doi: 10.24014/kjcs.v2i2.11119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dikelola dan Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

PASCASARJANA PROGRAM MAGISTER

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Jln. T. Rizal Nurdin KM4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Email: ittishol@uinsyahada.ac.id