Promotion Strategy of PT Muhsinin Tour & Travel dalam Meningkatkan Ekonomi Umat Melalui Produk Wisata Syariah

Nurul Fadilah (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Muhamad Zen (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Fatmawati Fatmawati (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh PT. Muhsinin dalam mengembangkan sektor wisata syariah dan dampaknya terhadap pertumbuhan jumlah konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik wawancara dengan sumber data yang relevan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas strategi promosi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya wisata syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan PT. Muhsinin Tour Travel menerapkan bauran promosi yang komprehensif melalui periklanan media massa, brosur, penjualan personal, hubungan masyarakat, promosi event dan diskon, pemasaran langsung via telepon dan WhatsApp, serta pemanfaatan media internet (website, Instagram, YouTube, TikTok). Strategi ini meningkatkan kesadaran dan penjualan paket perjalanan wisata syariah, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi umat, seperti peningkatan kesejahteraan konsumen, pemberdayaan ekonomi lokal, peningkatan pendapatan sektor pariwisata, penguatan ekonomi keluarga konsumen, serta pendidikan ekonomi dan perencanaan keuangan. Penggunaan media sosial juga memperkuat ekonomi digital.


Keywords


Strategi promosi, wisata syariah, bauran pemasaran, PT Muhsinin

Full Text:

PDF

References


Adveni, L. V., & Mansyur, M. R. (2024). Implementation of Marketing Mix at The Rinra Makassar Hotel. International Journal of Travel, Hospitality and Events, 3(2), 151. https://doi.org/10.56743/ijothe.v3i2.373

Adzhani, M. D., Herlangga, E., Banisusanya, S., & Amal, M. I. (2023). Pariwisata Halal: Konsep Daya Tarik Destinasi Wisata Syariah. Jurnal Pariwisata Prima, 1(2), 15.

Akmal, A. R., & Haryati, Z. (2023). Strategi Manajemen Adveni, L. V., & Mansyur, M. R. (2024). Implementation of Marketing Mix at The Rinra Makassar Hotel. International Journal of Travel, Hospitality and Events, 3(2), 151. https://doi.org/10.56743/ijothe.v3i2.373

Adzhani, M. D., Herlangga, E., Banisusanya, S., & Amal, M. I. (2023). Pariwisata Halal: Konsep Daya Tarik Destinasi Wisata Syariah. Jurnal Pariwisata Prima, 1(2), 15.

Akmal, A. R., & Haryati, Z. (2023). Strategi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Organisasi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 4139. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/13574

Alfath, T., Mutiara, D., & Ridho, M. R. (2022). Tourism in the Sharia Frame: A Study on the Relationship of Tourism and Religion in Yogyakarta. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 18(2). https://doi.org/10.18196/afkaruna.v18i2.15001

Aminullah, M. (2023). PT. Muhsinin Tour dan Trevel (PT. Biro Perjalanan Wisata Muhsinin). PT. Muhsisnin. https://muhsinin.co.id/

Anggraeni, D., & Kartika, C. (2022). Pengaruh Service Marketing, Relationship Marketing, Communication Marketing Terhadap Customer Satisfaction. Journal of Islamic Management, 2(1), 56. https://doi.org/10.15642/jim.v2i1.675

Anita, Aj., Zakia, R., & Fitrah, A. (2019). Strategi Promosi PT. Arminareka Perdana Cabang Padang dalam Penyelenggaraan Umrah. Al Iman: Jurnal Dakwah Dan Manajemen, 2(1), 148.

Candrawati, H., Sapari, D., Seto, T. A., Wahyudi, E., & Rahmida. (2020). Pemasaran Tanaman Hias perspektif Ekologi Media Digital: Studi terhadap Kelompok Tani Bojongsari Baru Kota Depok. Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 35–50.

Chai Lee Goi. (2019). A Review of Marketing Mix: 4Ps or More? International Journal of Marketing Studies, 1(1), 2–16. https://pdfs.semanticscholar.org/006a/f4780f1cff9f7075ab5b7073f4cebb32c3d5.pdf

Dellamita, M. F., Fauzi DH, A., & Edy, Y. (2014). Penerapan Personal Selling (Penjualan Pribadi) Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Pt Adira Quantum Multifinance Point Of Sales (Pos) Dieng Computer Square Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 9(2), 81.

Delli, M. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Pt. Puspandari Karya Sejahtera. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjung Pinang.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11.

Fadilah, N. (2022). Peran Lembaga Dakwah Dalam Mengembangkan Potensi Mahasiswa Di Jurusan Manajemen Dakwah. Mudabbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(2), 390–399. https://doi.org/10.20414/mudabbir.v3i2.6608

Fadilah, N., Ardiansyah, M. Y., & Firdaus, M. (2025). Integrasi Prinsip Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Kepercayaan Publik Pada Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia Nurul. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 07(01), 134–149.

Fadilah, N., Kahfi, A., Trizuwani, S., & Alhaqa, L. D. (2024). Building The Image Of A Quality Islamic Boarding School: Innovative Marketing Strategies That Change Public Perception. Jurnal Manajemen Dakwah, 5(2), 17.

Fadilah, N., & Zen, M. (2024). Urgensi Zakat Dan Waqaf Dalam Pembangunan Ekonomi Syariah Kontemporer The Urgency of Zakat and Waqaf in Contemporary Sharia Economic Development. 1(2), 191–217. https://doi.org/10.70742/arlash.v1i2.104

Fatmawati, F., Minangsih, K., & Noorhayati, S. M. (2020). Observing HTI’s Da’wah Movement Following Perppu Number 2 of 2017 Concerning Community Organizations. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 20(1), 119–129. https://doi.org/10.14421/esensia.v20i1.1839

Hariningsih, E. (2019). Internet Adversiting sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif. JBMA, I(2), 12. http://www.amaypk.ac.id/download/jurnal/Internet_Advertising_Sebagai_Media_Komunikasi_Pemasaran_Interaktif.pdf

Hasibuan, I. A., Dianto, I., & Siregar, N. M. (2025). Efektivitas TikTok dalam Meningkatkan Personal Branding: Studi pada Mahasiswa KPI UIN Syahada Padangsidimpuan. KJOURDIA: Kediri Journal of Journalism and Digital Media, 3(1), 68.

Ikajayanti. (2023). Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Haji Dan Umrah Sebelum & Sesudah Covid - 19 (Studi Kasus Di Pt. Muhsinin Tour & Travel Kota Mataram). UIN Mataram.

Imran, A. (2024). PT Muhsinin Tours & Travel Gelar Manasik Umrah Bagi 65 Jemaah. Radar Lombok.Co.Id. https://radarlombok.co.id/pt-muhsinin-tours-travel-gelar-manasik-umrah-bagi-65-jemaah.html

Joseph, S. (2017). A Study on Sales Promotion Techniques on Personal Care Goods -A Consumer Oriented Approach. International Journal of Management Research and Social Science (IJMRSS), 4(2), 13–16.

Julitawaty, W., Willy, F., & Goh, T. S. (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri. Bisnis Kolega, 6(1), 43. https://www.ejournal.pmci.ac.id/index.php/jbk/article/view/47

Khaerunnisa, R. (2024). Menparekraf: Perputaran uang wisata halal berpotensi naik 25 persen. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/4013469/menparekraf-perputaran-uang-wisata-halal-berpotensi-naik-25-persen

Khusairi, A., & Dianto, I. (2024). Ruang Percakapan Digital Sebagai Limbah Informasi : Analisis terhadap Pengalaman di Media WhatsApp Group. ITTISHOL: Jurnal Komunikasi Dan Dakwah, 2(2), 174–201.

Kriyantono, & McKenna. (2019). Crisis response vs crisis cluster: A test of situational crisis communication theory on two crisis clusters in Indonesian public relations. Malaysian Journal of Communication, 35(1), 222–236.

Kriyantono, R., & Brawijaya, U. (2019). Research Strategies and Media Relations in Public Relations Practices. Jurnal Komunikatif, 8(2), 178.

Kurniati, N. Y. (2024). Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Umkm Dalam Menghadapi Covid-19. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 14(2), 1171. https://doi.org/10.59188/covalue.v14i8.4033

Lutfi, M. (2023). Dukung Digitalisasi Ekonomi Syariah, MES DIY dan BI Perkuat Kolaborasi. MES: Masyarakat Ekonomi Syariah. https://www.ekonomisyariah.org/blog/2025/02/kolaborasi/

Maulana, M. A., Sanusi, I., & Rustandi, R. (2022). Strategi Promosi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al-Kamiliyyah dalam Meningkatkan Jumlah Calon Jamaah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 7(1), 21–30. https://doi.org/10.15575/tadbir.v7i1.33840

Namanta, S. D. (2022). Strategi pemasaran PT. Muhsinin Tour dan Travel Kota Mataram dalam meningkatkan daya tarik jamaah. UIN Mataram.

Niam, A. A., & Eviana, N. (2022). Strategi Promosi Agresif Melalui Pengayaan Media Sosial di Al Qadri Haji dan Umrah Jakarta. Widya Manajemen, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1.1968

Ningsih, M. K., & Fatmawati. (2020). Strategi Komunikasi Gerakan Mukena Bersih (GMB) dalam Rekrutmen Relawan. Jurnal Al-Tsiqoh, 5(2), 2.

Nurahman, I. (2021). The Effect Of Customer Value And Customer Experience On Repurchase Decisions Through Customer Satisfaction On Grab Online Transportation (Survey of Grab Customers in Sleman Regency). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 8(2), 88. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/JMBI.V8I2.35039

Pramuji, S. (2022). BPJPH: Halal Tourism Potensial Perkuat Industri Wisata Indonesia. Kemenag. https://kemenag.go.id/nasional/bpjph-halal-tourism-potensial-perkuat-industri-wisata-indonesia-l2zefh

Putri, T. S., & Wakhid, M. (2023). The Influence of Halal Tourism on Indonesia’s Economic Growth Pengaruh Halal Tourism Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. JUWITA : Jurnal Pariwisata Nusantara, 2(1), 32–41. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/juwita

Rinawati, I., Chotib, R., & Sari, U. M. (2024). Strategi Promosi Perspektif Eknomi Islam Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung di isata Edukasi “Kampung Nanas” Desa Plaan Kabupaten Malang. Jurnal Al-Tsaman, 5(2), 89–99.

Rivai, M., Fauzi, A., Karina, B., & Sembiring, F. (2021). Promotion Mix Strategy on Customer Saving Decision at PT Bank Mandiri Medan Imam Bonjol Branch. International Journal of Bank Marketing, 8(2), 389.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Septika, B. H., Supratman, & Erry, Y. (2024). Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Oleh-Oleh Khas Lombok. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(1), 323.

Shafitri, W., Kamase, J., Suriyanti, & Dewi, R. (2023). Analisis Perbandingan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Melalui Online Shop dan Offline Store. Center of Economic Students Journal, 6(2), 127. https://doi.org/10.56750/csej.v6i2.578

Siregar, R. A., Replita, R., Dianto, I., & Hasibuan, N. (2024). Dampak Keberadaan Rumah Kost Mahasiswa terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Kelurahan Sihitang). Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 6(2), 239–252. https://doi.org/10.24952/taghyir.v6i2.10843

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syaoki, M. (2023). Manajemen Strategis Travel Haji dan Umrah di Mataram (Studi Komparasi : Manajemen Oprasional, Pelayanan dan Pemasaran). Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 5(1), 129. https://doi.org/10.24952/tadbir.v5i1.7138

Tamirano, R., & Zen, M. (2023). Strategi Pemasaran Travel Haji Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 343–348. https://adshr.org/index.php/vo/article/view/40

Taufik, M. R., & Sukawati, R. (2024). Pengaruh Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Strbucks Coffee di Bali. E-Jurnal Manajemen, 13(4), 582.

Trishananto, Y., Mas’ud, F., Setiawan, & Fauziah, U. N. (2024). Formulating policies for halal tourism in Indonesia based on Islamic law. Ijtihad: Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 24(1), 47–70. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v24i1.47-70

Wisudawati, T., & Rahmat Rizalmi, S. (2020). Analisis Metode Marketing Mix 7P Sebagai Strategi Pemasaran Produk Daur Ulang. Journal Science Innovation and Technology (SINTECH), 1(01), 26–29. https://doi.org/10.47701/sintech.v1i01.874


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dikelola dan Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

PASCASARJANA PROGRAM MAGISTER

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Jln. T. Rizal Nurdin KM4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Email: ittishol@uinsyahada.ac.id