Adaptasi Media Cetak dalam Era Digital: Transformasi Koran terhadap Perubahan Sosial dan Pendidikan

Rosmayani Rambe(1*), Siti Arbiah Nasution(2), Sholeh Fikri(3)

(1) Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
(2) Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
(3) UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menganalisis peran koran baik versi cetak maupun digital dalam menghadapi perubahan sosial dan pendidikan di era digital. Transformasi teknologi telah menggeser pola konsumsi informasi masyarakat, namun koran tetap memiliki fungsi strategis sebagai media literasi, edukasi, dan pembentuk opini publik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 20 responden, penelitian ini mengungkap bahwa seluruh responden masih membaca koran, meskipun intensitasnya berbeda-beda, dan mayoritas mengakses Tribun News, Kompas, serta Tempo. Dari aspek sosial, responden memperoleh pemahaman lebih mendalam mengenai isu-isu seperti mafia tanah, ketidakadilan sosial, dan dinamika politik. Sementara itu, dalam aspek pendidikan, koran membantu meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan dunia pendidikan, tantangan guru, serta kesenjangan fasilitas belajar. Sebagian besar responden menilai bahwa bacaan koran memberikan perubahan signifikan terhadap pengetahuan, sikap, dan cara pandang mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital tidak hanya mengubah bentuk penyajian berita, tetapi juga memperluas fungsi koran sebagai media pembelajaran, penguatan literasi digital, serta agen pembentuk karakter dan kesadaran sosial. Oleh karena itu, koran yang beradaptasi dengan platform digital tetap relevan sebagai instrumen edukatif dan media perubahan sosial di era globalisasi informasi.

Keywords


Koran; Media Cetak; Pendidikan; Sosial; Transformasi Digital

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., & Muthim, A. (2021). Newspapers Effect On Students’ Writing Achievement Across English Proficiency Levels. Joall (Journal of Applied Linguistics and Literature), 6(1), 97–108. https://doi.org/10.33369/joall.v6i1.13305

Arsyadona, Mustapa Khamal Rokan, Nur Ahmadi Bi Rahmani. (2025). “Print Media Research Trends In The Digital Age: Publication And Survival Stratregies,.” Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 6(1), 3169-3182.

Astuti, D., Rahmawati, S., Aprima, S. G., & Faziz, M. (2024). Membangun Kepribadian Unggul Melalui Pendidikan Karakter Di Smp It Sahabat Qur’an. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 325–333. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.7011

Erwin Kartinawati, Muhammad Alfikri,Solihah Titin Sumanti. (2020). Newspaper’s Impact on Education Development in Pakistan: An Analysis. Pakistan Social Sciences Review, 4(III), 1107–1122. https://doi.org/10.35484/pssr.2020(4-III)80

Farohah, N. A., & Tirtoni, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Multikulturalisme Pada Mapel Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 165–173. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1460

Fuadiy, Moch. R., Rozi, M. A. F., Arafah, N. N., Kamal, L., & Sunoko, A. (2025). Mapping the Digital Transformation of Education in Indonesia from 2012 to early 2025: A Bibliometric Analysis of Scopus-Indexed Publications. Journal of Educational Research and Practice, 3(2), 276–306. https://doi.org/10.70376/jerp.v3i2.390

Gündüz, M. (2021). The Use Of Newspapers As A Tool In History Teaching And Students’ Approaches In This Subject. Kastamonu Eğitim Dergisi, 29(1), 103–116. https://doi.org/10.24106/kefdergi.730235

Hadi Waluyo, G. (2023). The Effect Of Online Newspaper On Students’ Reading Comprehension At One Senior High School In Padang. Langue (Journal of Language and Education), 1(2). https://doi.org/10.22437/langue.v1i2.24267

Iba, L., Larisu, Z., Irwanto, I., & Joko, J. (2024). The Role of Communication in Social Change: Promoting Societal Transformation. MSJ : Majority Science Journal, 2(4), 47–57. https://doi.org/10.61942/msj.v2i4.244

Kartinawati, E., Alfikri, M., & Sumanti, S. T. (2022). New Journalist Work Patterns and News Media Production in Pandemic. Jurnal ASPIKOM, 7(2), 80. https://doi.org/10.24329/aspikom.v7i2.1184

Khan, J. (2023). An examination of newspapers’ role in English language learning in Pakistan: Issues and recommendations. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 11(1). https://doi.org/10.22373/ej.v11i1.17587

Kunihiko Nakano, Jingyuan Yu, Rie Sakakibara,. Toshiyuki Kitahara, Masaru Ariga, Kaori Hayashi, Tanaka,. (2014). How Japanese Newspapers Contribute to Community Engagement. Journal of Socio-Informatics, 7(1), 13–24.

kunihiko Nakano, Jingyuan Yu, Rie Sakakibara,. Toshiyuki Kitahara, Masaru Ariga, Kaori Hayashi, Tanaka,. (2024). “How Japanese Newspapers Contribute to Community Engagement,.” Journal of Socio-Informatics, 7(1), 1.

Mukhlis, H., & Saefudin, A. (2024). Resistance Through the Pen: A Critical Analysis of the Role of Prijaji Field in the National Movement (1907-1914). Tarikhuna: Journal of History and History Education, 6(2), 239–248. https://doi.org/10.15548/thje.v6i2.10070

Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276

Mursida, N. (2025, November 13). Wawancara Kuesioner Adaptasi Media Cetak dalam Era Digital: Transformasi Koran terhadap Perubahan Sosial dan Pendidikan [Google Form].

Mustamin, M., & Menungsa, A. S. (2025). Transformasi Media Cetak Ke Media Digital (Studi Pada Harian Rakyat Sultra). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(2), 01–06. https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik

Nasem, Chabibah, N., Taryana, T., Novianti Yusuf, R., & Ismail Fahmi, A. (2022). Pemanfaatan Media Surat Kabar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Pkn. Jurnal Tahsinia, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.308

Ni Made Widiani, I Nyoman Yasa, Kadek Wirahyuni. (2023). Pemanfaatan Media Koran Digital “Kompas.Com” Dalam Pembelajaran Teks Berita Di Kelas Viii B Smp Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(01), 59–68. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.63325

Ningsih, R. N., & Syafitri, D. (2023). Reading Newspaper For Enhancing Vocabulary. Journal of English Education, Literature and Linguistics, 6(2), 91–99. https://doi.org/10.31540/jeell.v6i2.1674

Nurhasanah Simanjuntak,. (2025, November 13). Wawancara Kuesioner Adaptasi Media Cetak dalam Era Digital: Transformasi Koran terhadap Perubahan Sosial dan Pendidikan [Google Form].

Pangestu, R. (2025, November 13). [Google Form].

Patrick, C. F. (2022). Role of Newspaper in Political Mobilisation in Nigeria. Path of Science, 8(12), 1008–1013. https://doi.org/10.22178/pos.88-2

Rajagukguk, D. L. (2022). Journalism Transformation: Print Media Towards the Digitalization Era for Generation X. IJESS International Journal of Education and Social Science, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.56371/ijess.v3i2.101

Rasyid, A. (2020). Surat Kabar Kota Medan Era 4.0. Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 6(2), 126. https://doi.org/10.37064/jki.v6i2.7520

Rasyid, A. (2022). Newspaper digital transformation in Medan: Analysis of SWOT and existence. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(2), 547–559. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4896

Rubeno, I., & Shokheh, M. (2025). Surat Kabar sebagai Media Kritik Sosial di Indonesia 1966-1974. Journal of Indonesian History, 13(1). https://doi.org/10.15294/jih.v13i1.27644

Sitinjak, I. Y., Gultom, S., & Rhyka Jessya Nita. (2022). Pengaruh Media Massa (Televisi Dan Surat Kabar) Terhadap Perilaku Siswa Kelas Viii Mts Al-Hurriyah Panei Tongah. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 101–114. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i2.553

Utama, A. C. C., & Irwansyah, I. (2021). Indonesia dan Dunia: Komparasi Pendidikan Literasi Media untuk Masyarakat yang Beragam. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 93. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.35729

Verhoef, P. C., Broekhuizen, T., Bart, Y., Bhattacharya, A., Qi Dong, J., Fabian, N., & Haenlein, M. (2021). Digital transformation: A multidisciplinary reflection and research agenda. Journal of Business Research, 122, 889–901. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.022

Wahyudi, J. B. (1991). Komunikasi jurnalistik: Pengetahuan praktis bidang kewartawanan,surat kabar-majalah,radio dan televisi (Bandung). Bandung. //pustaka.uinsu.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D4670%26keywords%3D

Wardani, I. A. S. R., & Shofiyuddin, H. (2024). Peran Koran Digital dalam Transformasi Sastra Indonesia Kajian Sosiologi Sastra di Era Tekhnologi. Prosiding Konferensi Nasional Mahasiswa Sastra Indonesia, 1, 273–284.

Yonathan, J., & Oktavianti, R. (2021). Kepatuhan Masyarakat Pada Komunikasi Persuasif Social Distancing yang Dilakukan Pemerintah di Media Massa Saat Pandemi COVID-19. Koneksi, 5(2), 399–405. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10392


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dikelola dan Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

PASCASARJANA PROGRAM MAGISTER

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Jln. T. Rizal Nurdin KM4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Email: ittishol@uinsyahada.ac.id