PENGARUH KEPEMILIKAN APLIKASI MOBILE BANKING DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA
Abstract
Perkembangan aplikasi mobile banking dan gaya hidup di Indonesia bisa menjadi faktor penting bagi perkembangan industri perbankan di Indonesia. Peningkatan gaya hidup mahasiswa mampu mendorong pertumbuhan pangsa pasar industri perbankan. Mahasiswa sering dianggap sebagai kelompok yang paling melek teknologi karena mereka tumbuh dan belajar di era digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup secara parsial dan secara simultan terhadap perilaku konsumtif di kalangann mahasiswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Kota Padangsidimpuan dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian pengolahan data menggunakan software SPSS versi 26.0. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan kepemilikan aplikasi mobile banking terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai sebesar 0,313 > 0,05 dan nilai thitung 1.014 < ttabel 1.984. Sedangkan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 9.560 > ttabel 1.984. Kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi 0,598 atau 59.8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian, kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa.
Kata kunci: Aplikasi Mobile Banking, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
References
Abdul Ghofur. (2020). Falsafah Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ade Minanda. (2019). Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari dalam Neo Societal. (Business Management and Entrepreneurship Journal, Vol.3, No.2.
Adiwarman A Karim. (2014). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Annia Fitri Ariani. (2019). Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. Jurnal Islamic Management and Bussines, Vol. 2, No.1.
Chairunnisa Conni. (2017). Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi Dalam Pendidikan Dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Dinda Junita, (2023). Hasil Wawancara. 15 Mei 2023. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Doni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Elna Sriwanna, Ikhwanuddin Harahap, Windari, Ali Hardana. (2020). The Effect Of Knowlwdge On Voting Interest Products PT. Mandiri Sharia Bank Padangsidimpuan (Case Study To Guru Al-Azhar Bi’ibadillah Ujung Gading District Angkola Stem). Journal Of Sharia Banking, Vol. 1, No. 1.
Https://www.banpt.or.id).
Jefri Putri Nugraha, Dian Alfiah, Gairah Sinulingga, Umi Rojiati, Gazi Saloom, Rosmawati, Fathihani, Renè Johannes, Kristia, Mail Hilian Batin, Widya Jati Lestari, Husnil Khatimah, Maria Fatima. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 5. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Kojin Mashudi. (2020). Telaah Tafsir Al-Muyassar Jilid 3. Malang: PT Citra Intrans Selaras.
Misbah, Budi Gautama Siregar,Muhammad Wandisyah R Hutagalung, samsuddin Muhammad. (2021). The Use Of Muamalat Facilities In Attracting Costumer Interest In PT. Bank MuamalatIndonesia TBK. KCP Payabungan. Journal Of Sharia Banking, Vol. 2, No.2.
Muhammad Akbar Adzani. (2022). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Dan Faktor Demografi Terhadap Perilaku Generasi Z Di Kota Jakarta Selatan, Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School Jakarta.
Nofinawati. (2020). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.
Nola Arum Indah Ashari dan Ida Ayu Kade R.K,. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money, Gaya Hidup, Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STIE Surakarta. Jurnal Tranformasi Mandalika, Vol. 4, No.5.
Nugroho Setiadi. (2015). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Philip Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakrta: Erlangga.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Rahma Sugiharti. (2018). Masyarakat Digital, Gaya Hidup, dan Subkultural. Yogyakarta: Suluh Media.
Riani Ade, Replita, Arti Damisa, Damri Batubara. (2022). IAIN Padangsidimpuan Students Perceptions Of Internet Banking Service Security In Islamic Banking Transactions. Journal Of Sharia Banking, Vol.3, No.1.
Rini Pertiwi Pohan, (2023). Hasil Wawancara. 17 Mei 2023. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan.
Riski Okta Fernando, (2023). Hasil Wawancara. 19 Mei 2023. Mahasiswa Universitas Graha Nusantara.
Sannita, Darwis Harahap, Sulaiman Efendi,Husni. (2022). Strategies For Handling Problematic ATM Complains In Increasing Costumer Satisfaction At PT. Muamalat Indonsia, TBK KC Padangsidimpuan. Journal Of Sharia Banking, Vol. 3, No. 2.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tatik Suryani. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global. Jakarta: Prenada Media Group.
Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen: Teori Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Graha Indonesia.
Ulfa Despita,. (2022). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa, Skripsi. Banda Aceh: Studi Ilmu Ekonomi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Usman Effendi. (2016). Psikologi Konsumen. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Vera. Ikhwanuddin Harahap, Windari, Arti Damisa. (2021). SWOT Analysis Of Saving Products IB Hijrah Haji PT. Bank Muamalat Indonesia Supporting Branch. Journal Of Sharia Banking, Vol. 2, No. 1.
Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pusaka Setia.
DOI: https://doi.org/10.24952/jiftech.v3i1.12302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 syarifah viola viola, azwar hamid hamid, sry lestari lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
: jiftech@uinsyahada.ac.id
Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia