ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Hikmah Annisah (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi dan komunikasi, yang pada dasarnya bertujuan untuk mempermudah aktivitas manusia. Salah satu yang menandai adanya kemajuan teknologi yang sangat signifikan adalah adanya e-commerce. E-commerce merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan manusia untuk bisa melakukan transaksi jual beli secara online. Keunggulan utama e-commerce adalah memungkinkan pengguna untuk berbelanja tanpa harus pergi ke toko fisik, melainkan dapat melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja yang mereka inginkan. Sama halnya dengan penjual, yang bisa melakukan bisnisnya dari rumah secara online dan promosi secara online. Dengan kata lain, e-commerce menjadi layanan yang praktis dan efektif baik itu bagi penjual maupun pembeli. Namun, masih terdapat sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum memanfaatkan potensi e-commerce untuk jualannya. Pada tahun 2022 ditemukan masih banyak pelaku usaha yang belum menggunakan e-commerce. Alasannyapun beragam seperti tidak tertarik berjualan online, lebih nyaman berjualan langsung, kurang pengertahun dan keahlian pada penggunaan e-commerce, dan tidak begitu merasakan manfaat saat menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan e-commerce pada pelaku UMKM di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menerapkan teori Technology Acceptance Model (TAM). Teori ini menekankan bahwa pengguna akan menerima dan menggunakan teknologi baru jika mereka percaya bahwa teknologi tersebut mudah digunakan dan bermanfaat. Oleh karena itu, variabel utama dalam penelitian ini adalah kemudahan dan kegunaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 99 responden pelaku UMKM Kota Padangsidimpuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-commerce pada pelaku UMKM. Namun, kemudahan tidak terbukti memiliki dampak yang signifikan pada penggunaan e-commerce. Temuan ini dapat menjadi landasan bagi UMKM untuk lebih memahami dan mengadopsi e-commerce sebagai bagian dari strategi bisnis mereka di era digital ini.

References


Agama, Departemen. Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Tangerang: Kalim, 2012).

BPS. 2023. “Statistik ECommerce 2022/2023.” , 2023, https://www.bps.go.id, (diakses pada tanggal 25 September 2023).

Davis, Fred D. “A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory and Results.” Massachusetts Institute of Technology, 1985)", 1985.

Diskominfo. “21 Juta Pelaku UMKM Sudah Onboarding Digital Didorong Gernas BBI.”, 2023, https://www.kominfo.go.id, (diakses pada tanggal 05 Agustus 2023).

Ernawati, Nopy, dan Lina Noersanti. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO.” Jurnal Manajemen STEI, Vol.3, No.2, 2020.

Fishbein, Martin. “A Theory of Reasoned Action: Some Applications and Implications.”, 1979.

Harmayani, Harmayani, dkk. E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020).

Hasanah, Riyan Latifahul, dkk. “Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Purbalingga.”, Kinerja, Vol.17, No.2, 2020.

Hidayat, Danny, dan Harif Amali Rifai. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Adopsi Teknologi Informasi Pada Industri Kreatif Di Sumatera Barat.” AMAR (Andalas Management Review), Vol.4, No.1, 2020.

Jogiyanto, Hartono. “Sistem Informasi Keperilakuan.”, Yogyakarta: Andi Offset, Vol. 235, 2015.

Kemenkeu, BPPK. “E-Commerce Untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.” , 2019, https://bppk.kemenkeu.go.id (diakses pada tanggal 05 Agustus 2023).

Lavinda. “APJII: Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa Pada 2023, Naik 1,17%.”, Katadata.Co.Id, 2023, https://katadata.co.id, (diakses pada tanggal 18 Juni 2023)

Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2019).

Sujarweni, Wiratna. Metedologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.