PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM KAKI LIMA KOTA PADANGSIDIMPUAN

Dzikri Alfarozi (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Persaingan bisnis antar pelaku usaha saat ini semakin ketat, yaitu persaingan yang semakin cenderung pada perubahan teknologi. Pedagang kaki lima kota padangsidimpuan adalah pelaku usaha yang perlu menginovasi startegi pemasaran untuk meningkatkan omset penjualannya dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim. Bermunculannya konsumen yang berbelanja di kaki lima mengakibatkan sepinya pembeli di pusat perbelanjaan. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini antara lain harga, lokasi/tempat konsumen muslim pedagang kaki lima kota padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada kaki lima di Kota Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui ada pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada kaki lima di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang pernah/ yang sudah berbelanja di Pedagang kaki lima Kota Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden, yang diambil dengan teknik Non- Probability Sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2 ). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Harga (X1) tidak ada pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Lokasi (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan secara bersama – sama (simultan) variabel Harga(X1) dan Lokasi(X2) Berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y). Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial pada variabel harga dengan perbandinga nilai thitung dan ttabel. thitung > ttabel, begitu juga pada variabel lokasi thitung > ttabel. dan hasil uji simultan pada variabel harga dan lokasi dengan perbandinga nilai fhitung > ftabel.


Full Text:

PDF

References


Abdul Nasser Hasibuan. R. A. dan N. (2020). Audit Bank Syariah. Kencana

Abdul Nasser Hasibuan. Pengaruh karakteristik perusahaan dan ekonomi makro terhadap return saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Syariah, USU Medan, 2009.

Abdul Nasser Hasibuan. Pengembangan Konsep Akuntansi Islam. Prenada Media, 2023.

Abdul Nasser Hasibuan. "Strategi Pemasaran Produk Funding DI PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan." Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam 2.1 (2018).

Abdul Nasser Hasibuan. "Konsep Pemasaran Islam Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Kabupaten Tapanuli Selatan." Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman 6.2 (2018)

Alan, Fatma. “Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Online Shop.” IAIN

Ambon, 2019.

Annisa Kesy Garside, Manajemen Logistik, (Malang: UMM Press, 2017).

Choms Gary Ganda Tua Sibarani, Nelly Armayanti, Irwansyah,dkk, DasarDasar Kewirausahaan, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2019).

Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Faddila, Robby Fauji dan Syifa Pramudita. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Johar Futsal Karawang.” Jurnal Manajemen 5, no. 2 (2020)

Ferri Alfadri. Motives of Non-Muslim Customers Using Services at PT Bank Syariah Mandiri Sibolga Branch Office. (Jurnal, Vol 2, No 1 2021)

Ferri Alfadri. Pengaruh Adanya Transportasi Online terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Melalui Variabel Pengangguran di Kota Medan. (Medan : 2018).

Ferri Alfadri. Peran Quadruple Helix Dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi Industri Kreatif Berbasis Syariah. (Jurnal, 2023)

Fuad M. dkk, Pengantar Bisnis (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000).

Ibnu Syamsi, S.U. Pengambilan keputusan dan sistem informasi. Jakarta: Bumi Aksara, 1995. Ika Yunia Fauzia, Etika Bisnis Dalam Islam (Jakarta: Kencana, 2013).

Kasmir, Studi Kelayakan Bisnis (Jakarta: Kencana, 2012).

Kelvinia, M. Umar Maya Putra, Nasrul Efendi, Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 11, Nomor 02, Oktober 2021.

Keller Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Diterjemahkan (indonesia: PT Macana Jaya Cemerlang, 2008).

Kurniawan, Ryan, and Yuniar Aisah Krismonita. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi.” Jurnal Ilmiah Manajemen XI, no. 2 (2020). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/112.

Listyoningrum, Anggit. “Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya.” Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 2, no. 1 (2012).

Maulana Adi, Penganggaran (Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2009).

M. Syamsul Ma’arif dan Hendri Tanjung, Manajemen Operasi.

Mulyani, Wiwi, Ai Siti Khoeriah, and Saepul Bahri. “Pengaruh Faktor Sosial Dan Pribadi Terhadap Minat Beli Produk Peyek Aziz Tanpa Tanggal Kedaluwarsa Dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” EKSISBANK: Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan 5, no. 2 (2021).

Muthmainah, Dinda Audriene. “2030 Potensi Transaksi Makanan-Minuman Halal Capai

US$1 T.” www.cnnindonesia.id.

Ngatno, “Buku Ajar Metodologi Penelitian” (Semarang: Lembaga Pengembangan Dan

Penjamin Mutu Pendidikan, 2015).

Nurmadhani Fitri Suyuthi, Darwin Lie, Nana Triapnita Nainggolan, dkk, Dasar-Dasar Manajemen Teori, Tujuan dan Fungsi, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020).

RI, Departemen Agama. Al-Quran Dan Terjemah. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, n.d

Said M, Terjemahan Al-Qur’an Al Karim, (Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1987).

Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011).

Syofian Siregar. Statistik Deskriptif SPSS Versi 17. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.

Tjiptono Fandi, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: CV Andi, 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.