ANALISIS EKSITENSI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI TENGAH MARAKNYA MINIMARKET DI PANYABUNGAN
Abstract
Perkembangan pasar di Indonesia semakin luas seiring dengan perkembangan ekonomi. Menurut klasifikasi, saat ini pasar dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pasar modern (minimarket) dan pasar tradisional. Akan tetapi, perkembangan minimarket meningkat lebih pesat dibandingkan perkembangan pasar tradisional. Pembangunan minimarket yang berkembang pesat dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap eksistensi pasar tradisional dan para pelaku usaha sejenis di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi pedagang pasar tradisional di tengah maraknya minimarket di Panyabungan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan Field Research (Penelitian Lapangan) dan bersifat Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis SWOT dengan uji IFAS dan EFAS. Wawancara dilakukan kepada 20 pedagang pasar tradisional, 25 konsumen dan 2 kasir minimarket. Sedangkan dokumentasi dilakukan di Pasar Baru Panyabungan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di pasar tradisional ini dapat disimpulkan bahwa dilihat dari kekuatan produk yang ditawarkan jenis-jenis produk beragam yang mereka jual.hal ini dilihat dari pembobotan IFAS dengan skor 0,56. Apabila dinilai dari segi kelemahan Tata kelola kebersihan dan keamanan pasar tradisional. Hal ini dikarenakan produk yang beragam akan memunculkan keterbatasan modal usaha. Dapat dilihat dari segi peluangnya Pasar Baru memiliki lokasi yang terjangkau. Meskipun terdapat peluang tetap terdapat pula ancaman semakin Tingginya daya saing antar pedagang pasar dan pasar modern. Oleh karena itu pedagang pasar tradisional menerepkan prinsip yaitu fokus pada pelanggan, pencapaian kualitas, integritas dan tanggung jawab, inovasi dan kreativitas dan biaya produksi rendah untuk terus maju dan tetap eksis di tengah maraknya minimarket.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Eksistensi, Pedagang Pasar Tradisional, Minimarket
References
, The Role of Company Characteristics in the Quality of Financial Reporting in Indonesian(Hasibuan, 2022)
Juli 2022, THE EFFECT OF MACRO ECONOMIC FACTOR ON STOCK RETURN OF STATE-OWNED ENTERPRISES (BUMN) LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE(RICO NUR ILHAM dkk., 2022)
, Determinant of Intention to Use the Quick Response Code Indonesian Standard at Indonesian Sharia Bank(Hasibuan dkk., 2024)
Adisasmito, Raharja. Analisis Kebijakan Publik (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019), h.8.
Akhmad. Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Akhmad Mujahidin. “Etika Bisnis Dalam Islam Analisis Terhadap Aspek Moral Pelaku Pasar” IV, no. 2 (Desember 2005): 21.
Ali M. N, Muhammad, dan Yunus. “Analisis Dampak Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Di Kecamatan Manggala Kota Makassar” 2, no. 1 (2022).
Ani Nur Fadhilah. Dampak Minimarket Terhadap Pasar Tradisional. Semarang: IAIN Walisongo, 2011.
Aris Baidowi. “Etika Bisnis Perspektif Islam” 9, no. 2 (2010).
, Determinants of Financial Performance of MSMEs in Indonesia in an Islamic Perspective through Payment Gateway(Budi Gautama Siregar & Aswadi Lubis Aswadi, 2024)
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
, THE ISLAMIC BANKING CUSTOMERS’ INTENTION TO USE DIGITAL BANKING SERVICES: AN INDONESIAN STUDY(D. Harahap, Afandi, dkk., 2023)
, Trade Agreement and Economic Growth: Evidence in D-8 Countries(Arisman dkk., 2021)
, Determinan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah di Indonesia: Model Vector Autoregresive(D. Harahap, 2017)
, INTENTION TO SAVE HAJJ AT INDONESIAN SHARIA BANK: A STUDY BASED ON THEORY OF PLANNED BEHAVIOR(Darwis Harahap dkk., 2023)
, Tracing the Dynamic Spectrum of Religious Moderation in the Local Custom of North Sumatera(S. M. Harahap, Siregar, dkk., 2023)
Darwis Harahap dan Ferri Alfadri. Pengantar Ekonomi Makro Kajian Integratif. Jakarta: Kencana, 2020.
Darwis Harahap, Ferry Alfadri, dan Ayu Damayanti. “Small and Medium EnterprisesBusiness Strategy in Pandemic COVID-19” 1, no. 1 (21 September 2021): 98.
Darsono Dkk, Perbankan Syariah Di Indonesia Kelembagaan Dan Kebijakan Serta Tantangan Kedepan (Depok: Raja Grafindo Persada, 2019), h.236-237.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1998.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Dessy Anwar. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia, 2003.
Dokumen Struktur Organisasi Dinas Perdagangan. Dikutip Pada 18 Januari 2024, Pukul 09.10 WIB, t.t.
Dwi Suwiknyo. Ayat-ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Eis Al Masito. “Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional: Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul” 10, no. 2 (2013).
Endi Sarwoko. “Dampak Keberadaan Pasar Modren Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional Di Wilayah Kabupaten Malang” 4, no. 8 (2008): 98.
Firdha Aprilia dan Adi Sutakwa. Dinamika Perubahan Sosial Masyarakat Di Masa Pandemi. Banyumas: Wawasan Ilmu, 2022.
Hendri Ma’ruf. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Hidayat, N. L. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Pasar Desa Di Kabupaten Sleman. Studi Kasus: Pasar Caturtunggal dan Pasar Tlagareja (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). 2017
https://ejournal.unsrat.ac.id.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Mandailing_Natal.
https://indomaret.co.id/home/index/sejarah-visi,. “(diakses tanggal 30 Desember 2023 pukul 20.00 WIB),”.
http://www.merdeka.com/sumut/sejarah-mandailing-natal-kota-pelabuhan-utama-masa-kolonialisme.html.
Husein Umar. Metode Penelitian Untuk Skripsi DanTesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.
Isna Fitria Agustina. “Analisis Dampak Sosial Dan Ekonomi Kebijakan Pengembangan Kawasan Mix Use Di Kecamatan Jabon” 4, no. 2 (2016).
Jhonny Ibrahim. Teori Dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Banyumedia Publishing, 2006.
Kartini Kartono. Pengantar Metodologi Riset Social. Bandung: Mandar Maju, 1996.
Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
———. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Kuncoro Mudrajat. Metode Penelitian Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2019.
Kotler Philip & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran (Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2020), h.63.
Lexy J. Moloeng. Metode Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Loen, SE., M.Si., Mishelei. “Analisis Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Industri Tas Dan Sepatu New Hunteria Dengan Pendekatan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAKEMKM).” Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana 6, no. 2 (1 Oktober 2019).
Lukman Adam. “Kebijakan Pembatasan Waralaba Restoran dan Toko Modern” 5, no. 4 (2013).
Lukman Hakim. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga, 2012.
Mahyu Danil. “Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen” IV, no. 7 (2010).
Miles M.B dan A.M Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press, 1992.
Muhammad Arfan Harahap. Manajemen Keuangan Konsep Dassar dan Prinsip-Prinsip. Medan: Media Kreasi Group, 2020.
Mujahidin Akhmad. Ekonomi Islam: Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara, dan Pasar. Jakarta: Pustaka Abadi, 2014.
Mulyadi. Dasar-dasar Ilmu Manajemen. Bengkalis: Dotplus Publisher, 2021.
Nana Herdiana Abdurrahman. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Nasyirah Nurdin. “Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Warung Kecil” 5, no. 1 (2018): 5.
Nurhadi. Metode Penelitian Ekonomi Islam. Jawa Barat: Media Sains Indonesia, 2021.
Pakpahan. “Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Di Kelurahah Pahandut” 4, no. 2 (2022).
“Peraturan Predisen RI Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.,”.
Pitriyani, Agustina, G Simon Devung, dan Nikolaus Anggal. “Implementasi Penilaian Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013” 4, no. 2 (2020): 12.
Q.S. An-nisa ayat 29..
Reza Susanto dan Muhammad Yusuf. “Identifikasi Karakteristik pasar tradisional di Wilayah jakarta selatan (Studi kasus: pasar cipular, pasar kebayoran lama, pasar bata putih, dan pasar santa),” 1, no. 1 (2010).
Rianto Al-Arif and Nur. Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Solo: Era Adicitra, 2011.
Riza, Ira Febriliana Dewi, dan Mila Diana. “Konsep Dan Implementasi Akad Ijarah Dan Akad Wadiah Pada Perbankan Syariah Di Indonesia”” 3, no. 2 (2021): 8.
Siti Fatimah Nurhayati. Pengelolaan Pasar Tradisional Berbasis Musyawarah. Jakarta: Grafindo, 2010.
SS rahardjo. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta, 2016.
Suwanto, Sunardi, Sarwiyanto, Yuliana, dan Murtini. Ayo Belajar di Sekolah. Yogyakarta: KANISIUS, 2010.
Syafi’i, M Antonio. “Bank Syariah: Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang Dan Ancaman,” Publikasi IAIN Batu Sangkar 4, no. 2 (2016): h.28, https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/7876.
Syaifuddin Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Usup, Djamila. “Hukum Jual Beli Dengan Barang-Barang Terlarang.” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah 11, no. 1 (14 Juni 2013).
Wawancara Bapak Ismail, Bapak Kocu, dan Bapak Rangkuti. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional (Panyabungan, 09 Januari 2024. Pukul 15.00WIB).
Wawancara Bapak Ardi. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional (Panyabungan, 09 Januari 2024. Pukul 15.15 WIB).
Wawancara Bapak Hanafi. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional, (Panyabungan, 08 Januari 2024. Pukul 15.20 WIB).
Wawancara Bapak Muin. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional (Panyabungan, 09 Januari 2024. Pukul 15.30 WIB).
Wawancara Bapak Tio. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 15.30 WIB).
Wawancara Bapak Zul. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional, (Panyabungan, 09 Januari 2024. Pukul 15.20WIB).
Wawancara Despi. Konsumen (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 17.00 WIB).
Wawancara Devi. Karyawan Minimarket, (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 16.00 WIB).
Wawancara Eka. Konsumen (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 17.05 WIB).
Wawancara Ibu Bes Nova dan Bapak Ardi Saputra. Pemilik Pedagang Pasar Tradisional (Panyabungan, 08 Januari 2024.Pukul 15.00 WIB).
Wawancara Ibu Linda. Konsumen (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 17.15 WIB).
Wawancara Ibu Nenni. Konsumen (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 17.20 WIB).
Wawancara Ibu Siti Aisyah, Ibu Siti Khodijah, dan Bapak Suaib. Pedagang.
Wawancara Ibu Yayak. Konsumen (Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 17.10 WIB).
Wawancara Mangatas Tua Nasution, ST. Sekretaris Dinas Perdagangan (Panyabungan, 18 Januari 2024. Pukul 09.15 WIB).
Wawancara Tika. Kasir Minimarket(Panyabungan, 10 Januari 2024. Pukul 16.15 WIB).
Yusuf Alam Romadhon. Doctors, Market, Yourselves atau Atau Praktik Anda Tidak Laku? Solo: Tiga Serangkai, 2006.
Zuchri Abdussamad. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Pers, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.