DETERMINAN KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA TAMAN SYAAKIRAH AEK SABAON KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya jumlah pengunjung pada tahun 2020. Kurang terawatnya fasilitas wisata Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatann sehingga berpengaruh terhadap kepuasan dan kenyamanan pengunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: apakah pengaruh lokasi, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung wisata Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan secara parsial dan secara simultan.
Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori manajemen pemasaran. Teori kepuasan pengunjung membahas mengenai kepuasan pengunjung, prinsip dasar kepuasan, teori-teori lokasi, harga, dan fasiitas.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel 99 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokolerasi, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2) uji t (Parsial) dan uji f (Simultan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lokasi dan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan. Secara parsial variabel fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan. Hasil uji F lokasi, harga dan fasilitas mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung Wisata Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan. sebesar 18,8 %.
Keywords: Fasilitas, Harga, Kepuasan Pengunjung, Lokasi
Full Text:
PDFReferences
Abdul Manap, Revolusi Manajemen Pemasaran Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.
Adiwara Azwar Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Afridah Intan dan Nova Eviana, Pengaruh Produk Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, dalam Jurnal EDUTURISMA, Vol. III, No. 1, 2018.
Aplikasi Tafsir Al Qur’an, Surah Al Imran Ayat 159, Di Akses 6 Desember 2021, Pukul. 12.12 WIB.
Ayu Wandira, Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung di Bank Syari’ah (Studi Pada Bank Mandiri KCP Teluk Batung Bandar Lampung), Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.
D. Wahyu Ariani, Manajemen Operasi Jasa Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Danang Sunyoto, Metode dan Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis Jakarta: Center Academic Publishing, 2013.
Departemen Agama, Al- Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya Semarang: PT Karya Thaha Putra, 2002.
Didin Burhanuddin Rabbani, Analisis Pengaruh Etika Bisnis Islam, Lokasi Usaha, dan Pendidikan Terhadap Pendapatan (Studi Pada Pelaku Wirausaha Barang Bekas Di Pasar Cirebon Timur Kota Malang), Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.
Duwi Priyatno, SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis Yogyakarta: CV Andi Offset, 2014.
Eanggi Maisaroh, Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, dan Experiental Purchising Terhadap Kepuasan Konsumen Skripi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2016.
Fandy Djiptono, Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi, 2014.
Fitria Halim, dkk, Manajemen Pemasaran Jasa Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis, 202.
Fitria Salahika dan Ririn Tri Ratnasari, Pengaruh Kualitas Jasa Perspektif Islam terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas di Surabaya dalam Jurnal JESTT. Vol. 2, No. 4, 2015.
Florentina Anna Triant Pertiwi, “Pengaruh Harga, Fasilitas Wisata dan Atraksi Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Konversi” Skripsi Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2018.
Imam Ardiansyah, Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dengan Metode Structural Equation Modeling, dalam Jurnal ISSN, Vol. 14, No. 3, 2019.
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Kasmir, Kewirausahaan Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
M. Syamsul Ma’arif dan Hendri Tanjung, Manajemen Operasi Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Manullang. M, Pengantar Bisnis Yogyakarta: Indomedia Pustaka, 2016.
Meithiana Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan Surabaya: Untomo Press, 2018.
Mey Linda (Pengunjung), “Hasil Wawancara” Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan, April 2021.
Mudrajat Kuncoro, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Jakarta: Erlangga, 2013.
Muhammad Firdaus, Ekonometrika Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Nasution, Fitri Handayani (Pengunjung), Hasil Wawancara Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan, Juni 2021.
Nasution, M.N, Manajemen Jasa Terpadu Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
Nicklouse Cristian Lempo, dkk, Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusab Menggunkan Jasa Taman Wisata Toar Lumiuut (Taman Enam) Sonder, dalam Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 1, 2015.
Nur Asnawi dan Masyhuri, Metodologi Riset Manajemen Pemasaran Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Nur Safira (Pengunjung), Hasil Wawancara Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan, April 2021.
P. Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktis Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Peggy Rahma Alana dan Tanto Askriyandoko, Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulomo Kabupaten Trenggelek, dalam Jurnal Penelitian Manajenen Terapan, Vol. 5, No.2, 2020.
Philip Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta: Erlangga, 2008.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Jakarta : Erlangga, 2009.
Ritonga, Hasry Alawiyah (Pengunjung), Hasil Wawancara Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanuli Selatan, Juni 2021.
Rosita, dkk, Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, dalam Jurnal Manajemen Resolt Dan Leisure, Vol. 13, No. 1, 2016.
Rozalinda, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasi Pada Aktivitas Ekonomi Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Rukiyah (Pengunjung), Hasil Wawancara Taman Syaakirah Aek Sabaon Kabupaten Tapanali Selatan, April 2021.
Sari Palupi, Pengaruh Lokasi, Kenyamanan dan Sarna Prasarana Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Prestasi Surabaya, Jurnal , Vol. 4, No. 4, 2019.
Setiawan dan Dewi Ebdah Kusrini, Ekonometrika Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2010.
Siregar, Budi Gautama, dkk, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, dalam Jurnal Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman Vol. 6, No. 1, 2018.
Sofyan Assauri, Manajemen Produksi dan operasi Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008.
Sudaryono, Manajemen Pemasaran Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2016.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Sumayang Lalu, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi Jakarta: Salemba Empat, 2003.
Syarif Hidayatullah, dkk, Citra Destinasi : Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan Yang Berkunjung Ke Gunung Bromo, dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 8, No. 1, 2020.
Tanjung, Indar Sakti, Hasil Observasi Akhir dan Wawancara dengan Owner Wisata Taman Syaakirah Aek Sabaon, Kabupaten Tapanuli Selatan, 2021.
Vinna Sri Yuniarti, Perilaku Konsumen Teori dan Praktik Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.