PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SWALAYAN BUMDES PADANG GARUGUR JAE KABUPATEN PADANG LAWAS

Eka Pebriani Siregar Muhammad Isa Rini Hayati (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Jumlah pendapatan Swalayan BUMDes Padang Garugur Jae yang menurun diprediksi disebabkan ketidakpuasan pelanggan dalam pelayanan yang diberikan, ketidaklengkapan produk, dan juga lokasi yang jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan kelengkapan produk terhadap kepuasan pelanggan di Swalayan BUMDes Padang Garugur Jae Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan, lokasi, kelengkapan produk dan kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ialah kuantitatif analisis deskriptif.

Jumlah sampel 67 responden. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji autokolerasi, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.

Diperoleh nilai uji t lebih besar dari nilai signifikansi pada kualitas pelayanan yaitu 0,049<0,10 maka Ho ditolak dan Ha diterima,  yakni kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t pada variabel lokasi ialah 0,455>0,10 maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t pada kelengkapan produk ialah 0,063<0,10 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh kelengkapan produk terhadap kepuasan pelanggan.

Hasil uji F sebesar 4,295>4,10 artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan, lokasi dan kelengkapan produk secara keseluruhan terhadap kepuasan pelanggan di Swalayan BUMDes Padang Garugur Jae. R Square sebesar 0,035 atau 3.5%, menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 3,5% sedangkan sisanya sebesar 96,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

 

Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kelengkapan Produk, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho, Perilaku Konsumen (Jakarta: Studia Press, 2002), hlm.6.

Agus Sucipto, StudiKe;layakan Bisnis: Analisis Integratif dan Studi Kasus (Malang: Uin Maliki Press, 2010), hlm. 89.

Asep Hermawan, Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif (Jakarta: PT Grasindo, 2009), hlm. 147.

Dadang Supriyatna dan Andi Sylvana, Manajemen (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012), hlm. 150.

Duwi Priyatno, SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis (Yogyakarta: CV. ANDI, 2014), hlm. 79.

Duwi Priyatno, Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik Dengan SPSS (Yogyakarta: Gava Media, 2012), hlm. 58.

Emie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen (Jakarta: Kencana Ed1, 2005), hlm. 235.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Perilaku Konsumen: Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (Yogyakarta: Andi Offset, 2013), hlm. 181.

Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013), hlm. 179.

Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003), hlm. 148.

Kasmir, Manajemen Perbankan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004), hlm. 207.

Kasmir, Manajemen Perbankan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015), hlm. 310.

Malayu S.P. Hasibuan, Dasar-Dasar Perbankan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), hlm. 24.

Moh Nazir, Metode Penelitian (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), hlm. 276.

Muhammad Syarif Chaudhry, Sistem Ekonomi Islam (Kencana, 2012), hlm. 120.

Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan (Bandung: Pustaka Setia, 2013), hlm. 344.

Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010), hlm. 23.

Nur Asmawi & Masyhuri, Metode Riset Manajemen Pemasaran (Malang: Uin Maliki Press, 2011), hlm. 36

Philip Kotler dan Kevin Laner Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid (Jakarta: PT Wacanan Jaya Cemerlang, n.d, 2013),hlm. 2.

Philip Kotler dan Kevin Laner Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1, hlm. 10.

Riduwan, Dasar-dasar Statistik Edisi Revisi (Bandung: Alfabeta, 2014), hlm. 37.

Rosady Ruslan, Manajemen Public Rrations dan Media Komunikasi (Jakarta: PT RajaGrafindo, 2012), hlm. 3.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Bandung: Alfabeta, 2016), hlm. 88.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & H (Bandung: Alfabeta, 2016), hlm. 145.

Syofian Siregar, Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012), hlm. 149.

V. Wiratna Sujarweni, Metode Peneltian Bisnis & Ekonomi (Yogyakarta: PT. Pustaka Baru, 2015), hlm. 226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.