STRATEGI PEMASARAN PADA JAMAN RASULLULLAH

Sismaul Panira (institut agama islam negeri lhokseumawe, Indonesia)
Malahayatie Malahayatie (institut agama islam negeri lhoksumawe, Indonesia)

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan prinsip-prinsip pemasaran yang diikuti oleh Nabi
Muhammad SAW dalam perniagaannya, menekankan pentingnya kejujuran, dan relevansinya
dengan konsep syariah marketing dalam konteks bisnis modern. Penelitian ini menggunakan
metode studi pustaka, mengumpulkan teori dan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal
ilmiah, statistik, dan referensi lain yang berkaitan dengan prinsip-prinsip muamalah dalam
Islam. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan mengutip pendapat ulama dan ahli ekonomi
Islam serta dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadis. Artikel ini membahas berbagai strategi
pemasaran yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW, termasuk strategi produk, harga,
tempat, dan promosi. Juga, dibahas prinsip-prinsip dasar pemasaran syariah yang mencakup
tauhid, keadilan, dan ma'ad. Pemasaran syariah menekankan pada aspek spiritualitas, etika, dan
tanggung jawab sosial. Penerapan strategi bisnis Rasulullah seperti niat yang baik, amanah,
komunikatif, cerdas, dan jujur juga diuraikan untuk menunjukkan relevansi dan efektivitas
prinsip-prinsip tersebut dalam mencapai keberhasilan bisnis. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa prinsip-prinsip pemasaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tidak hanya
relevan dalam konteks historis tetapi juga sangat aplikatif dalam praktik bisnis modern,
khususnya dalam upaya mengatasi berbagai masalah etika dan kepercayaan dalam
pemasaran konvensional.



DOI: https://doi.org/10.24952/jsb.v6i1.11396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEKS JURNAL


TIM REDAKSI

Editor In Chief

 Managing Editor

 Editorial Board

Reviewer

It Support Team

  • Nofinawati, MA, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia

 

 

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

ISSN Print:  2809-8781

ISSN Online:  2827-9344

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN
Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan, Sumatera Utara,  Indonesia

Email: journalofsharia@uinsyahada.ac.id