STRATEGI PEMASARAN PADA JAMAN RASULLULLAH
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan prinsip-prinsip pemasaran yang diikuti oleh Nabi
Muhammad SAW dalam perniagaannya, menekankan pentingnya kejujuran, dan relevansinya
dengan konsep syariah marketing dalam konteks bisnis modern. Penelitian ini menggunakan
metode studi pustaka, mengumpulkan teori dan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal
ilmiah, statistik, dan referensi lain yang berkaitan dengan prinsip-prinsip muamalah dalam
Islam. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan mengutip pendapat ulama dan ahli ekonomi
Islam serta dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadis. Artikel ini membahas berbagai strategi
pemasaran yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW, termasuk strategi produk, harga,
tempat, dan promosi. Juga, dibahas prinsip-prinsip dasar pemasaran syariah yang mencakup
tauhid, keadilan, dan ma'ad. Pemasaran syariah menekankan pada aspek spiritualitas, etika, dan
tanggung jawab sosial. Penerapan strategi bisnis Rasulullah seperti niat yang baik, amanah,
komunikatif, cerdas, dan jujur juga diuraikan untuk menunjukkan relevansi dan efektivitas
prinsip-prinsip tersebut dalam mencapai keberhasilan bisnis. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa prinsip-prinsip pemasaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tidak hanya
relevan dalam konteks historis tetapi juga sangat aplikatif dalam praktik bisnis modern,
khususnya dalam upaya mengatasi berbagai masalah etika dan kepercayaan dalam
pemasaran konvensional.
Muhammad SAW dalam perniagaannya, menekankan pentingnya kejujuran, dan relevansinya
dengan konsep syariah marketing dalam konteks bisnis modern. Penelitian ini menggunakan
metode studi pustaka, mengumpulkan teori dan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal
ilmiah, statistik, dan referensi lain yang berkaitan dengan prinsip-prinsip muamalah dalam
Islam. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan mengutip pendapat ulama dan ahli ekonomi
Islam serta dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadis. Artikel ini membahas berbagai strategi
pemasaran yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW, termasuk strategi produk, harga,
tempat, dan promosi. Juga, dibahas prinsip-prinsip dasar pemasaran syariah yang mencakup
tauhid, keadilan, dan ma'ad. Pemasaran syariah menekankan pada aspek spiritualitas, etika, dan
tanggung jawab sosial. Penerapan strategi bisnis Rasulullah seperti niat yang baik, amanah,
komunikatif, cerdas, dan jujur juga diuraikan untuk menunjukkan relevansi dan efektivitas
prinsip-prinsip tersebut dalam mencapai keberhasilan bisnis. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa prinsip-prinsip pemasaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tidak hanya
relevan dalam konteks historis tetapi juga sangat aplikatif dalam praktik bisnis modern,
khususnya dalam upaya mengatasi berbagai masalah etika dan kepercayaan dalam
pemasaran konvensional.
DOI: https://doi.org/10.24952/jsb.v6i1.11396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEKS JURNAL
TIM REDAKSI
Editor In Chief
- Dr. Abdul Nasser Hasibuan, SE., M.Si, ID SCOPUS 57196074084 , Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Managing Editor
- Ali Hardana S.Pd., M.SI., Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Editorial Board
- Rukiah, M.Si , Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
- Nofinawati, MA ., Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
- Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM ., Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
- Dr. Awaluddin, MA, UIN Bukit Tinggi, Sumatera Barat, Indonesia
- Dr. Aliamin,M.Si, Universitas Syiah Kuala, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
- Dr. Ilham Hidayah Napitupulu, M.Si, Politeknik Negeri Medan
- Dr. Murniati Mukhlisin, M.Si, ID SCOPUS 57008083900, Institut Agama Islam Tazkia, Indonesia
- Dr. Idhar Yahya, M.Si, ID SCOPUS 57195229014, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
Reviewer
- Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, M.Si, ID SCOPUS 57797575100, Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
- Dr Mohamed Eskandar Shah Mohd Rasid, Ph.D., ID SCOPUS 57782928700, Associate Professor of Islamic Finance at CIS, HBKU, Qatar
- Hamed Ragab Abbas Rasyid, ID SCOPUS 7102564969, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Politik, Universitas Kairo
- Dr. Darwis Harahap, S.HI., M.Si., Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
- Dr. Abdul Nasser Hasibuan, SE., M.Si., ID SCOPUS 57196074084, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
- Dr. Muhammad Kristiawan, M.Si., ID SCOPUS 57205367909, Universitas Bengkulu, Indonesia
- Prof. Dr. Iskandar Muda, SE., M.Si., Ak., CA., ID SCOPUS 57219085312, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
- Prof. Dr. Isfenti Sadalia, MM., ID SCOPUS 57192412199, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
- Rifki Ismal, Ph.d, ID SCOPUS 47061320200, STIE Tazkia dan Bank Indonesia
- Hendri Tanjung, Ph.d, ID SCOPUS 57224368001, Universitas Ibn Kaldun, Bogor, Indonesia
- Dr. Saparuddin Siregar, M.Si, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
- Prof. Dr. Sirojuzilam, M.Si, ID SCOPUS 56880411600, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
- Abdul Muis Hasibuan, Ph.D., ID SCOPUS 57201644913, Researcher at National Research and Innovation Agency, Indonesia
It Support Team
- Nofinawati, MA, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN Print: 2809-8781
ISSN Online: 2827-9344
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN
Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
Email: journalofsharia@uinsyahada.ac.id