K-Pop-Based Strategies to Increase Teens' Learning Motivation
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussalam, Aam, Udin Supriyadi, Muhammad Parhan, dan Nurti Budiyanti. “Pengembangan Model Ulul Ilmi dalam Pembelajaran PAI untuk Pembentukan Karakter Mahasiswa Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 15, no. 02 (2020). http://orcid.org/0000-0002-9722-4566.
Andadini, Thellyda Aureliya Sasanti, dan Ira Darmawanti. “Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Celebrity Worship Syndrome pada Komunitas NCTZEN Dewasa Awal.Character.” Character : Jurnal Penelitian Psikologi 10, no. 02 (2023). https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.53249.
Andea, Nurellah, dan Lichteria Panjaitan Regina. “Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditorial, dan Kinestetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah” 1, no. 1 (2016).
Anggraeni, Dini, dan Na’imah. “Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (Januari 2023).
Anggraini, Nur Indah, dan Matin Supadi. “Manajemen Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 115 Jakarta” 1 (2014).
Anggraini, Talita, Anisa Wulandari, Hanum Salsa Salsabella, dan Tiara Widya Anggraini. “Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perkembangan Psikologi Anak” 2, no. 4 (2023).
Arifin, Zainal, Dicky Artanto, dan Ainur Rahman. “Digital Marketing: Marketing Strategy for Madrasah Education Services During The Covid-19 Pandemic.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (Januari 2023): 1–10. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i1.3443.
Asrie, Nadine Denita, dan Dian Misrawati. “Celebrity Worship Dan Impulsive Buying Pada Penggemar KPOP Idol.” Journalof Psychological Perspective 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008.
Ayyubi, Ibnu Imam Al, Dindin Sofyan Abdullah, Dewi Syifa Nurfajriyah, Sabrina Yasmin, dan Ai Faridatul Hayati. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Islam Berdasarkan QS At-Tahrim Ayat 6.” Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 1 (2024): 71–83. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v4i1.90.
Ayyubi, Ibnu Imam Al, Ai Faridatul Hayati, Elsa Nurul Azizah, Risman Herdiansyah, dan Ucu Mirayanti. “Pendidikan Humanis Paulo Freire Dalam Pembelajaran Matematika MI.” Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2024): 1–15.
Aziz, Akbar, Azam Nur, Rahmatullah Syukur, Titi Anjasari, dan Sita Anna Janti. “Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling Dalam Penerapan Teori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme” 9 (2023). https://doi.org/10.37905.
Baumeister, Roy F, Erin. A, Tyller. F, dan Kathleen. D Vohs. “Free Will in Consumer Behavior: Self-Control, Ego Depletion, and Choice.” Society For Consumer Psychology 18, no. 1 (2007). https://doi.org/10.1016/j.jcps.2007.10.002 Get rights and content.
Bukhori, Hadi Ahmad, dan Ibnu Imam Al Ayyubi. “Hubungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Siswa Di SMPN 3 Cihampelas KBB.” Al-Mubin; Islamic Scientific Journal 6, no. 1 (2023): 17–30. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.425.
Dewi, Ni Luh Putu Kristina, Wahyudi Salasa Gama Agus, dan Putu Yeni Astiti. Ni. “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Unmas.” Jurnal Emas 2, no. 3 (2021).
Diana. “The Influence of K-Pop Culture On Students Lifestyle and Political Knowledge At Social Science Education Department (ICP) Of FITK Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University.” Maulana Malik Ibrahim State Islamic University, 2016.
Hamdah, Laras. “Problematika Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII dalam Pembelajaran Bahasa Arab SMP IT Yapidh.” Ta’limi| Journal of Arabic Education and Arabic Studies 1, no. 1 (2022): 1–19. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.8.
Harlianty, Rully Afrita, Hamid Mukhlis, dan Dara Citra Malasya Fitri. “Perilaku Imitasi pada Dewasa Awal Penggemar K-POP.” Journal Asiyah University, 2020.
Hasanah, Ummul, dan Kharismawati Mery. “Penggunaan Budaya Pop Korea dalam Proses Pembelajaran Bahasa Korea bagi Mahasiswa dengan Gaya Belajar Campuran.” JLA (Jurnal Lingua Applicata) 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.22146/jla.52060.
“Hasil Kuisioner Data Remaja Pecinta K-POP,” 2024.
“Hasil Wawancara Remaja Pecinta K-POP.” 2024.
Hikmah, Sofia Nurul, dan Very Hendra Saputra. “Studi pendahuluan hubungan korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 3, no. 1 (2022): 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1826.
Holisah, Nur, dan Ade Ana Kartikasari. “Aktivitas Belajar Siswa Penggemar K-Pop: Studi Pada SMPN 7 Jakarta.” Jipsindo(Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 9, no. 1 (2022). https://doi.org/0.21831/jipsindo.v9i1.47507.
Jaya, M, Adi Putra, Muhammad Jais, Artika Dwi, dan Permata Sari. “Pengaruh K-Pop Terhadap Motivasi Belajar Remaja” 3, no. 4 (2023). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4279.
Lutfirohmatika, Ikfina, dan Novika Pertiwi Faninda. “Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditoy, and Kinestetics) dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik MTS Kelas VII.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 1, no. 3 (2021). https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.202.
Ma’ruf, Hidayat, dan Muafatin Muafatin. “Efektivitas Pelatihan Pengelolaan Diri Berbasis Agama Untuk Mengurangi Kecanduan Internet Pada Siswa Madrasah Aliyah.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 10, no. 02 (Juni 2022). https://doi.org/0.29210/179100.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. 3 ed. America: Sage, 2014.
Muharam, Agus, Nursyahbani Andini, Dzulfa Nur Firdaus, Farhanaha Reina, dan Wina Mustikaati. “Jenis Model Dan Metode Pembelajaran Yang Digunakan Pada Tematik 4 Di Kelas 3 Sd Plus 3 Al-Muhajirin.” Jurnal Sinektik 5, no. 2 (2023): 178–90. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8211.
Murharyana, Murharyana, Ibnu Imam Al Ayyubi, Rifqi Rohmatulloh, dan Irfan Suryana. “Behavior Change of Darul Falah Senior High School Students After Attending Tabligh Akbar.” Dirasah International Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (2023): 68–77. https://doi.org/10.59373/drs.v1i2.17.
Mutaqin, Mumu Zainal, Dirga Ayu Lestari, Solihin Solihin, Ibnu Imam Al-Ayyubi, dan Siti Rahmawati. “Factors in Religious Culture to Increase Tolerant Attitude of Gen-Z Among Urban Muslims.” Akademika: Jurnal Pemikiran Islam 29, no. 1 (2024): 73–86. https://doi.org/10.32332/akademika.v29i1.9145.
Nurdianti, Ranti. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dalam Bandung Conference Series: Islamic Education, 3:311–18, 2023. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i2.7503.
Pandeinuwu, Regina Coeli, Jouke J Lasut, dan John D Zakarias. “Pengaruh Sikap, Perilaku Dan Motivasi Dalam Menonton Korean Pop Terhadap Gaya Hidup Remaja Di Media Sosial Kota Manado.” Jurnal Ilmiah Society 2, no. 3 (2022).
Prasetyo, Freddy, dan Dadan Dasari. “Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (2023): 240–53. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3649.
Pujianti, Feby Dita, dan Weningdrya Tazkiya. “Korean Dramas As Media To Increase Daily Speaking Skills In Higher Education.” Inovasi Kurikulum 20, no. 2 (2023). https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.47567.
Purba, Ririn, Nuzul Solekhah, Balai Besar, Penelitian Dan, Pengembangan Pelayanan, Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial, Ri Jl Kesejahteraan, dan Sosial No. “Kesetiakawanan Fans K-Pop Di Era Digital The Solidarity Of K-Pop Fans In The Digital Era.” Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial 43, no. 2 (2019).
Putri, Idola Perdini, Farah Dhiba Putri Liany, dan Reni Nuraeni. “-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia.” Pro Tvf 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940.
Ri’aeni, Ida, Musiam, Mega Pertiwi Suci, dan Sugiyarti Tyas. “Pengaruh Budaya Korea (KPOP) Terhadap Remaja Di Kota Cirebon.” Communication: Universitas Muhammadiyah Cirebon 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21009/communications.1.1.1.
Rifki, Muchamad S, Aam Abdussalam Sauri, Supriadi Udin, dan Miptah Parid. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274.
Rinca, Korbinianus Feribertus, Puspita Cahya Achmadi, Roselin Gultom, Maria Tarsisia Luju, Yohana Maria Febrizki Bollyn, dan Maria Apriliana Ade Karlina. “Penerapan Metode Best Practice Visual, Auditori, Dan Kinestetik Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Akan Struktur Anatomy-Physiology Sebagai Basic Laboratory Skills.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 7, no. 5 (September 2023): 4798. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17327.
Rochman, Egitayanti Aulia, dan Mohammad Faizal Amir. “Enhancing Primary School Students’ Analogical Reasoning in Solving Open-ended Word Problems.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 10, no. 2 (2023): 288. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i2.13769.
Rohaliya, Siti, dan Septi Kuntari. “Pengaruh Idol K-Pop Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xl Di SMA Negeri 1 Anyer” 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.52423/jns.v8i2.8.
Rosdiana, Muspratiwi Pertiwi, Muslimin Muslimin Muslimin, dan Firmansyah. “The Use of Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Learning to Increase Student Learning Outcomes.” Inornatus: Biology Education Journal 2, no. 2 (2022): 85–93.
Rostini, Rena, dan Ghaida Sri Afira Ruhyadi Siti. “Paradigma Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Tingkat MI/SD.” Genderang Asa: Journal of Primary Education 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.150.
Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, dan Rifqi Rohmatulloh. “Metode Project-Based Learning Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila.” AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 02 (2023): 15–22.
Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, Rifqi Rohmatulloh, dan Siti Indriyani. “The Effect of Contextual Teaching and Learning Models on Al-Quran and Hadith Subjects.” At-tadzkir: Islamic Education Journal 2, no. 2 (2023): 129–42. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.43.
Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, Rifqi Rohmatulloh, Irfan Suryana, dan Tommy Tanu Wijaya. “Exploring the Foundations of Islamic Education: Insights from Ibn Sina and Ibn Khaldun.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 35, no. 1 (2024): 127–42. https://doi.org/10.33367/tribakti.v35i1.4266.
Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, Irfan Suryana, Rifqi Rohmatulloh, dan Saepulloh Saepulloh. “The Effect of the SAVI Learning Model on Arabic Writing Skills: A Case Study at MTS Arrukhsatul ‘Ulum, West Bandung.” Khulasah: Islamic Studies Journal 5, no. 2 (2023): 102–11. https://doi.org/10.55656/kisj.v5i2.114.
Safiudin, Ilzamudin Ma’mur, dan Utami Syifa Masfu’ah Shobri. “Transformasi Pondok Pesantren Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Putus Sekolah.” Tadbir Muwahhid 7, no. 2 (2023).
Sakinah, Regina, Syofiyah Hasna Nurul, dan Yona Wahyuningsih. “Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda Di Indonesia.” Journal on Education 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653.
Sari, Milya, dan Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Sobur, Alex, Darmawan Ferry, Rizki Kusumalestari Ratri, Listiani Endri, dan Dadi Ahmadani. “he Meaning Of K-Pop And Self-Concept Transformation Of K-Pop Fans In Bandung.” IMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan 34, no. 2 (2018). https://doi.org/10.29313/mimbar.v34i2.3729.
Sri Yenti, Nofia, Syamsir, Nadia Mairiza, Nidya Anggraini, Elvina Febriani, dan Putri Fadilla. “Dampak Budaya Korea Pop (K-Pop) Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Padang.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4941.
Subiyantoro. “Faith and Social Character Education of Sociological Education Perspective: An Implementation of Classroom Management in Islamic School.” MANAGERIA Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Supit, Deisye, Elizabeth Meiske Maythy Lasut, Noldin Jerry Tumbel, Universitas Klabat, Jl Airmadidi Bawah, dan Sulawesi Utara. “Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal on Education 05, no. 03 (2023): 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487.
Supriyatin, Titin, Syafa’atun, Dwi Aprillia Setia Asih, dan Avini Nurazhimah Arfa. “Dampak Budaya K-Pop Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa.” Research and Development Journal of Education 9, no. 2 (2023). http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17145.
Syahrul Kahar, Muhammad, Muhamad Ruslan Layn, dan Suci Ristiya Nurjanah. “Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Strategi Visualisasi, Auditori, Kinestetik.” MUST: Journal of Mathematics Education. Vol. 3, 2018. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1406.
Utaminingtyas, Siwi, Subaryana Subaryana, dan Erina Nur Endah Puspitawati. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 8, no. 2 (2021). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4157.
Wafa, Moh Ali. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Bangkalan.” Journal Of Early Childhood And Islamic Education 1, no. 1 (2022): 39–51.
Wardah, Erika Yunia. “Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang.” JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 2, no. 2 (2019): 93. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108.
Wardah, Salsabilla R, Nurti Budiyanti, Salsabilla Sayyidina, dan Dan Zaenab Octaviany. “Strategi Guru Dalam Membangun Pemahaman Siswa Terkait Sikap Fanatisme Budaya K-Pop.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 20, no. 1 (2022). https://doi.org/10.17509/tk.v20i1.45594.
DOI: https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v11i2.12326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wildani Ridlo, Na’imah Na’imah, Reni Agustina, Miftahul Adawiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.