Metode Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural di Asrama SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Rachman Assegaf, Filsapat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Abd. Rachman Assegaf, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi Kondisi, Kasus, dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2004.
Abd. Rachman Assegaf, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi Kondisi, Kasus danKonsep, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2004.
Abdul Mujib & Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Abdullah Aly, Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren: Telaah Terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Ade Makmur Kartawinata, Persatuan dan Kesatuan Bangsa: Suatu Renungan Pembentukan Indonesia Merdeka ke Arah Kebudayaan Kebangsaan, Bandung: PrimacoAkademika, 1999.
Ahmad Judjito, Filsafat Nilai dalam Islam , Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Ainul Yaqin, M. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan keadilan. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Ainun Hakiemah, Nilai-nilai dan Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam, Tesis. . Yogyakarta: PPs IAIN Sunan Kalijaga, 2007.
Ali Maksum, Pluralisme dan Multikulturalisme: Paradigma Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2011.
Ali Nurdin, Quranic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam Al-Qur`an, Jakarta: Erlangga, 2006.
Andersen dan Cusher, “Multicultural and Intercultural Studies” dalam C. Marsh (ed), Teaching Studies of Society and Environment. Sydney: Prentice-Hall, 1994.
Arifinur, Implementasi Pembelajaran Berwawasan Multikultural (Studi Kasus di SMA Selamat
Azyumardi Azra, Paradigma Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2002.
Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
E Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
EM.K.Kaswardi, Pendidikan Niali Memasuki Tahun 2000, Jakaarta : PT Gramedia, 1993.
Farid Essack, Qur,an, Liberation & Pluralism, An Islamic Perspective of InterreligiousSolidarity against Opression. Oxford: Oneworld, 1997.
Firdaus, dkk, Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pendidikan Untuk Menyiasati Masalah Multikultur Di Indonesia& Malaysia, Asean Comparative Education Research Network Conference 2015, 8 Oktober 2015.
Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996.
Furqon Hidayatullah, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo, 2004.
H.A.R. Tilaar, Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatifuntuk Indonesia,. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
James Banks, Teaching Strategies For Ethnic Studies, Newton: Allyn and Bacon, 1984.
Jiyanto dan Amirul Eko Efendi, “Implementasi Pendidikan Multikultural di Madrasah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Yogyakarta”, Jurnal Penelitian, 10, No. 1 (2016).
John M.Echols & HassanShadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia,2006.
John W. Santrock. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill, 2004.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Kasinyo Harto, “Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural”,Al-Tahrir, 14, No. 2 2014
Khairon Rosyadi, Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Kuswaya Wihardit, Pendidikan Multikultural: Suatu Konsep, Pendekatan Dan Solusi, Jurnal Pendidikan, Volume 11, Nomor 2, September 2010.
Lailatul Rahmah, Toleransi, Wujud Nilai Multikultural dalam Multikulturalisme dalamIslam, Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta, 2009.
M. Agus Nuryatno, Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan Politikdan Kekuasaan. Yogyakarta: Resist Book, 2011.
M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan: Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1998.
M. Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur`an: Tafsir Maudhu`i atas Perbagai PersoalanUmat, Bandung: Mizan, 1998.
M. Suyudi, Pendidikan dalam Perspektif al-Qur`an, Integrasi Epistimologi Bayani,Burhani, dan Irfani,. Yogyakarta: Mikraj, 2005.
M.Ainun Yaqip, Pendidikan Multikuktural :Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan,. Yogyakarta: Pilar Media, 2007.
Martinis Yamin & Maisah, Orintasi Baru Ilmu Pendidikan, Ciputat: Pustaka Referensi, 2012.
Maslikhah, Pendidikan Multikultural, Rekontruksi Sistem Pendidikan BerbasisKebangsaan. Surabaya: JP Books, 2007.
Mira Khoirunnisak, Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam berbagai kegiatansekolah di SMA N 2 Sleman, Tesis. Yogyakarta: PPs IAIN Sunan Kalijaga, 2015.
Moh. Dahlan, Epistemologi Hukum Islam: Studi Atas Pemikiran Abdullahi Ahmed AnNaim, Disertasi. Yogyakarta: PPs IAIN Sunan Kalijaga, 2006.
Moh. Dahlan, Paradigma Ushul Fiqh Multikultural Gus Dur, Yogyakarta: Kaukaba, 2013.
Mohammad Noor Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Mudjia Rahardjo, Hermeneutika Gadamerian: Kuasa Bahasa dalam Wacana Politik GusDur. Malang: UIN-Malang Press, 2007.
Muh. Khoirul Rifa’i, “Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural DalamMembentuk Insan Kamil”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4. No. 1 (2016).
Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan kepribadian Muslim, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Mukhibat, Rekonstruksi Spirit Harmoni Berbasis Masjid, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kemenag RI, 2014.
Multicultural country adalah suatu negeri atau wilayah yang terdiri dari banyak kebudayaan dan antara pendukung kebudayaan saling menghargai satu sama lain, Sumber: Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Press 1985.
Murad W. Hofmann, Menengok Kembali Islam Kita, Rahmani Astuti (terj), Bandung: Pustaka Hidayah, 2002
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi aksara, 2003.
P.Haryono, Pemahaman Kontekstual tentang IBD, Yogyakarta: Kanisius, 1996.
PagiIndonesia Kota Batu), Tesis. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2013.
Pamela Sue Anderson, A Feminist Philosophy of Religion. Blacwell: Blacwell Published, 1998.
Parsudi Suparlan, “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural,” Makalah. Disampaikan pada Simposium Internasional Bali ke-3, Jurnal Antropologi Indonesia, Denpasar Bali, 16-21 Juli 2002.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Riberu, Pendidikan Agama dan Tata Nilai, Jakarta: Kanisius, 1999.
Sartono Kartodirdjo, Multiimensi Pembagunan Bangsa : Etos Nasinalisme dan Negara Kesatuan, Yogyakarta : Kanisius, 1999.
Soedijarto, Menuju Pendidikan Nasional yang relevan dan Bermutu: Kumpulan Tulisantentang Pemikiran dan Usaha Meningkatkan Mutu dan Relevansi Pendidikan Nasional, Jakarta:Balai Pustaka, 1993.
Sudiatmaka K dan W. Lasmawan, “Pengembangan Model Pendidikan Multikultur Berbantuan Modul Berbasis Masalah yang Berorientasi pada Spiritualisme dalam Pembelajaran IPS – SD”, Jurnal Pendidikan Indonesia, 1, No. 1 (2012).
Sukron Kamil, Islam dan Demokrasi: Telaah Konseptual dan Historis, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.
Sulalah, Pendidikan Multikultural:Didaktika Nilai-Nilai Universalitas Kebangsaan. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
Syamsul Arifin & Ahmad Barizi, Paradigma Pendidikan Berbasis Pluralisme danDemokrasi, Rekonstruksi dan Aktualisasi Tradisi Ikhtlaf dalam Islam, Malang: UMM Press danPSIF, 2001.
Tatang Amirin, Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.
W.J.S Poerwadaminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta : Balai Pustaka, 2011.
Zakiyuddin Baidhawy, Membangun Harmoni dan Perdamaian Melalui Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Lokakarya Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Kurikulum, (Jakarta: Australian Indonesia Partnership dan Kemenag RI, 10-13 April 2008.
DOI: https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v7i2.2994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ano Suherlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan;
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634 22080 Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.