Peningkatan Kompetensi Mahasiswa PMI: Pengalaman dari Praktik Lapangan di Dua Lembaga Mitra, Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi pengalaman praktik lapangan mahasiswa Program studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (PMI FDIK UIN Syahada) Padangsidimpuan. Pertanyaan mayor yang akan dijawab adalah bagaimana praktik lapangan berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa? Metode yang digunakan adalah kualitatif eksploratif dan data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan instrumen google form kepada 12 orang mahasiswa. Selain itu, wawancara dilakukan terhadap kepala laboratorium, dosen supervisor, dan ketua program studi. Hasil penelitian menemukan bahwa praktik lapangan mahasiswa PMI FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan memiliki kontribusi yang sangat terbatas terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Partisipasi mahasiswa mengikuti praktik lapangan optimal namun mereka meragukan kemampuan mereka, baik pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk praktik. Pada sisi lain, pengelolaan praktikum dan peran dosen supervisor perlu dirumuskan dengan baik. Rekomendasi diterbitkan untuk penyelenggara praktik lapangan, supervisor, lembaga mitra, dan mahasiswa.
Keyword: Kompetensi, Praktik Lapangan, Supervisor, Laboratorium, Dakwah
This study aims to elaborate on the field practice experience of students of the Islamic Community Development study program, Faculty of Da'wah and Communication Sciences, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (PMI FDIK UIN Syahada) Padangsidimpuan. The primary question that will be answered is how field practices contribute to improving student competence. The method used was exploratory qualitative, and primary data were collected through structured interviews using Google Form instruments with 12 students. In addition, interviews were conducted with laboratory heads, supervisory lecturers, and heads of study programs. The study's results found that the field practice of PMI FDIK UIN Syahada Padangsidimpuan students needed more contributions to improving student competence. Student participation follows optimal field practice, but they need to be more confident in their abilities, knowledge, and skills relevant to practice. On the other hand, practicum management and the role of supervisory lecturers need to be well formulated. Recommendations are issued for field practice organizers, supervisors, partner institutions, and students.
Keywords: Competence, Field Practice, Supervisor, Laboratory, Da'wah