Supp. File(s): Research Results
Strategi Pemberdayaan Muzaki oleh Rumah Zakat Cabang Palmerah Jakarta Barat melalui Platform Digital Islamic Style
Di era Revolusi Industri 4.0 Indonesia telah banyak berubah. Teknologi yang sudah dapat di akses dengan mudah membuat masyarakat semakin nyaman. Tetapi dalam penggunaan internet juga mempunyai sisi positif dan negatif. Masyarakat diharapkan untuk menggunakan internet secara positif yakni memanfaatkan untuk kebaikan sesama manusia sebagaimana yang dilaksanakan oleh Lembaga Rumah Zakat yang telah membuat platform Digital Islamic Style. Platform digital ini untuk kenyamanan Muzakki dalam membayar zakat. Penelitian dilakukan pada platform Digital Islamic Style dalam memberdayakan muzakki untuk membayar zakat secara online, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus dan penjelas deksriptif. Hasil penelitian bahwa terdapat strategi yang digunakan oleh Rumah Zakat untuk memberdayakan muzakki dalam membayar zakat secara online dengan tujuan untuk mempermudah muzakki di antara ruang dan waktu.
Supplement Files
Abhishek Behl, P. D. (2022). Engaging donors on crowdfunding platform in Disaster Relief Operations (DRO) using gamification: A Civic Voluntary Model (CVM) approach. International Journal of Information Management 54(2):102140. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102140
Ahn, J. chang, Sura, S., & An, J. C. (2018). Intention to donate via social network sites (SNSs): A comparison study between Malaysian and South Korean users. Information Technology and People, 31(4), 910–926. https://doi.org/10.1108/ITP-12-2015-0307
Bahri, E. S., & Arif, Z. (2020). Analisis Efektivitas Penyaluran Zakat pada Rumah Zakat. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 13. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2642
eMarketer. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia.
Mahmudi. (2009). Penguatan Tata Kelola dan Reposisi Kelembagaan Organisasi Pengelola Zakat. Ekonomi dan Bisnis Islam. 4, 72.
Moon, Y., & Hwang, J. (2018). Crowdfunding as an alternative means for funding sustainable appropriate technology: Acceptance determinants of backers. Sustainability (Switzerland), 10(5). https://doi.org/10.3390/su10051456
Palmieri, R., Mercuri, C., & Mazzali-Lurati, S. (2022). Persuasive Reasons in Crowdfunding Campaigns: Comparing Argumentative Strategies in Successful and Unsuccessful Projects on Kickstarter. International Journal of Strategic Communication, 16(2), 332–355. https://doi.org/10.1080/1553118X.2021.2008942
Philip kotler. (1997). Marketing management.
Putri, F. H. (2013). Pemberian Motivasi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pustakawan Di UPT Perpustakaan IAIN Surakarta. Bandung: PT.Rosda Karya, 3, 34–45.
Rachmawati, D., & Solikhati, K. (2020). Digital altruism: strategi kepercayaan pendonasi Kitabisa.com dalam membangun solidaritas sosial. Jurnal Kajian Media, 4(1), 22–39. https://doi.org/10.25139/jkm.v4i1.2365
Suwandi, M. A., & Prihatin, S. D. (2020). Membangun Keberdayaan Nelayan: Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui “Kelompok Usaha Bersama Berkah Samudra” di Jepara, Indonesia. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 10(2), 231–255.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Wijaya, R. H., & Khotijah, S. A. (2020). Memasuki Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tinjauan Strategi Amil Zakat Di Indonesia. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.35906/je001.v9i2.569