PRINSIP KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: TELAAH TAFSIR QURAN SURAT AL-ISRA’

Ihdi Aini (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SYAHADA Padangsidimpuan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara, Indonesia)
Azhari Akmal Tarigan (UIN Sumatera Utara, Indonesia)
Desri Ari Enghariano (UIN SYAHADA Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Pola konsumsi manusia yang terindikasi bersikap mubazir telah menyebabkan banyak permasalahan secara nasional dan global. Sampah makanan yang ditimbulkan dari sikap mubazir tersebut telah mengakibatkan berbagai masalah seperti membebani sistem pengelolaan sampah, memperburuk kerawanan pangan, dan salah satu kontributor utama masalah lingkungan seperti perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan pencemaran. United Nations Environment Programme (UNEP) mengestimasi delapan hingga sepuluh persen emisi gas rumah kaca global disebabkan oleh makanan yang tidak dikonsumsi. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis tentang prinsip dan norma konsumsi dalam ekonomi Islam dengan menganalisa ayat-ayat yang terkait dengan konsumsi pada al-Qur’an surat al-Isra’. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tafsir tematik. Sumber utama dari penelitian ini adalah ayat-ayat yang berkaitan dengan prinsip konsumsi pada al-Qur’an surat al-Isra’. Adapun sumber pendukung yang digunakan ialah kitab-kitab tafsir dan sumber literatur lainnya yang berhubungan dengan pokok bahasan. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini ditemukan lima prinsip dasar konsumsi dalam ekonomi islam yang dapat diambil dari al-Qur’an surat al-Isra’.  Pertama, prinsip tauhid. Kedua, prinsip moralitas. Ketiga, larangan bersikap tabzir dan israf. Keempat, prinsip kesederhanaan dan larangan bermewah-mewahan. Kelima, prinsip keseimbangan. Apabila prinsip-prinsip konsumsi tersebut diimplementasikan secara keseluruhan oleh ummat manusia maka diyakini dapat berimplikasi dalam penyelesaian masalah ketahanan pangan baik dunia maupun nasional, menyelesaikan permasalahan sampah yang merusak bumi dan lingkungan serta dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara umum sebagaimana yang dicita-citakan secara global melalui program Sustainable Development Goals (SDGs).

Keywords


Konsumsi, Ekonomi Islam, Tafsir Qur’an

Full Text:

PDF

References


Al-Nasafi. Madarik Al-Tanzil Wa Haqaiq al-Ta’wil. Vol. 1. Maktabah Nizar Mushthafa al-Baz, n.d.

Az-Zuhaili, Wahbah. Al-Tafsir al-Munir. Vol. IV. Damaskus: Dar al-Fikri, 2009.

EpaperMI. “Indonesia Tiga Besar Penghasil Sampah Makanan Di Dunia | Media Indonesia,” August 3, 2023. https://epaper.mediaindonesia.com/detail/indonesia-tiga-besar-penghasil-sampah-makanan-di-dunia.

FORDEBI & ADESy. Ekonomi Dan Bisnis Islam: Seri Konsep Dan Aplikasi Ekonomi Dan Bisnis Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

“Global Report on Food Crises 2023 - World | ReliefWeb,” May 3, 2023. https://reliefweb.int/report/world/global-report-food-crises-2023.

Hamidi, M. Luthfi. Beyond Economics: Refleksi Ekonomi, Bisnis, Dan Keuangan Dalam Bingkai Al-Qur’an. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2023.

Ibnu Ishaq al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 5. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i, 2003.

Jauziy, Ibnu al-. Zad Al-Masir Fi ‘Ilmi al-Tafsir. Beirut: Dar Ibnu Hazam, 2002.

Lajnah min al-Ulama’. Al-Tafsir al-Wasith Li al-Qur’an al-Karim. Vol. 5. Mesir: Matbaah al-Mushaf al-Syarif, 1992.

Madah al-Tafsir, A’dha’ Hai’ah al-Tadris li. Ayat Mukhtarah Min Tafsir Al-Qur’an al-Karim. Kairo: Ma’ahid Azhariah, 2008.

Majmu’ah min al-Mukhtasshin. Mausu’ah Nadhrah El-Na’im Fi Makarim Akhlaq El-Rasul El-Karim SAW. Jilid 9. Jeddah: Dar el-Wasilah, 2006.

Mangunsuwito. Kamus Saku Ilmiah Polpuler; Edisi Terbaru. Jakarta: Widyatamma Pressindo, 2011.

Mishri, Rafiq Yunus al-. Al-Tafsir al-Iqtishadi Li al-Qur’an al-Karim. Damaskus: Dar al-Qalam, 2013.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualaitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Muhamad. Ekonomi Mikro Islam. Yokyakarta: BPFE-Yokyakarta, 2019.

Munawwir, A. Warson. Al-Munawwir; Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

NEWS, UNAIR. “Sampah Makanan Rumah Tangga di Indonesia.” Universitas Airlangga Official Website, February 12, 2024. https://unair.ac.id/sampah-makanan-rumah-tangga-di-indonesia/.

Qaradhawi, Yusuf al-. Norma Dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani, 2018.

Rozalinda. Ekonomi Islam: Teori Dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Jilid 7. Jakarta: Lentera Hati, 2005.

Tarigan, Azhari Akmal. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi: Telaah Atas Simpul-Simpul Ekonomi Dan Bisnis Dalam Al-Qur’an. Medan: FEBI UIN-SU Press, 2019.

“Tingkat Kelaparan Indonesia Tertinggi Kedua Di Asia Tenggara, Simak Cara Bank DBS Indonesia Dukung Ketahanan Pangan.” Accessed June 8, 2024. https://www.dbs.com/newsroom/Tingkat_Kelaparan_Indonesia_Tertinggi_Kedua_di_Asia_Tenggara_Simak_Cara_Bank_DBS_Indonesia_Dukung_Ketahanan_Pangan.

World Food Program USA. “Is There a Global Food Shortage? What’s Causing Hunger, Famine and Rising Food Costs Around the World.” Accessed June 8, 2024. https://www.wfpusa.org/articles/is-there-global-food-shortage-whats-causing-hunger-famine-rising-food-costs-around-world/.

“World Hunger Facts: What You Need to Know in 2023.” Accessed June 8, 2024. https://concernusa.org/news/world-hunger-facts/.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2015.

Zaid bin Muhammad al-Rummani. Al-Israf Wa al-Tabzir. Riyad: Dar al-Wathan, 2009.




DOI: https://doi.org/10.24952/yurisprudentia.v10i1.11359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi diterbitkan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum 

Jl. T. Rizal Nurdin KM 4,5 Sihitang Padangsidimpuan

e-mail : yprudentia@gmail.com

ISSN CETAK: 2442-6822

ISSN ONLINE: 2580-5134

 

 Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License