Perbedaan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gender pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 di MTs Al – Ishlah Bobos
Perbedaan gender siswa menjadi suatu hal yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Ada anggapan di masyarakat bahwa anak perempuan lebih unggul dalam hal minat dan hasil belajar di dalam pembelajaran dibandingkan dengan anak laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar IPA siswa berdasarkan gender, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa berdasarkan gender, dan untuk mengetahui jenis gender yang mana yang minat dan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA nya yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji analisis Independent Sample T-test. Dalam penelitian ini digunakan 2 jenis instrumen yaitu soal dan angket. Berdasarkan hasil analisis statistik uji Independent Sample T-test didapatkan yaitu tidak terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA antara siswa laki-laki dan perempuan. Adapun hasil analisis statistik deskriptif didapatkan bahwa minat belajar IPA siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki, dan hasil belajar IPA siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan.
Keywords : Gender; Minat Belajar; Hasil Belajar